Studi Menunjukkan Bahwa Kucing Mengenali Namanya Namun Berpura-pura Tidak Tahu

Studi yang dilakukan oleh tim peneliti dari University of Tokyo dengan jumlah sampel 78 Felis Catus (Kucing Lokal) dan diketuai oleh Atsuko Saitou telah memberikan konklusi bahwa ternyata kucing mengetahui namanya sendiri tapi pura-pura tidak mengenal namanya ketika dipanggil.

kucing

Penelitian itu dilakukan dengan cara stimulus habituasi (kebiasaan), jadi tim penelitinya bakal ngetest hipotesis nih apakah kucing itu kenal namanya akibat kebiasaan ketika dipanggil mau dikasih makan atau dielus-elus manja.

Penelitinya menggunakan kata-kata lain selain namanya dan apakah felis catus memberikan respon terhadap stimulus kata tersebut.

Ternyata benar, bahwa ketika dipanggil, si kucing menanggapinya dengan pergerakan dari telinga, kepala dan ekornya dalam penempatan.

Namun sangat disayangkan, ternyata kucing lebih memilih berpura-pura tidak mengetahui namanya, padahal kucing sadar kalau dirinya sedang dipanggil dengan menunjukkan respon terhadap stimulus tersebut.

Kucing lucu bet dah, tapi sayang banget kata Atsuko Saitou, "kucing tidak berevolusi untuk tanggap terhadap pembicaraan manusia."

"karena kucing lebih memilih berkomunikasi manusia jika perlu saja" misalnya ya kaya minta makan, minta dimanjain. Berarti benar ya bahwa kucing itu dianggap sebagai bosnya :'

Tapi kucing itu paham lho ya kalau dipanggil namanya dan kucing bisa membedakan kata-kata apa yang biasa digunakan majikannya untuk memanggilnya.

jurnalnya:
https://www.nature.com/articles/s41598-019-40616-4
https://www.newscientist.com/article/2198703-pet-cats-know-their-names-they-just-sometimes-prefer-to-ignore-you/

-Stellarix

Komentar