Kaitan Antara Indra Penciuman dengan Kematian

Orang yang mempunyai indra penciuman buruk punya kenaikan risiko kematian hingga 46% dibandingkan dengan mereka yang indra penciumannya normal.

bau

Kenapa sih? Alasan utamanya dari penelitian ini adalah faktor neurodegeneratif dan penelitian masih harus dilanjut, masih belum banyak bukti yang kuat, tapi kemungkinan indra penciuman berkaitan erat dengan demensia, penyakit neurodegeneratif.

Dengan melacak progres dari 2200 partisipan dari AS dengan umur 71 hingga 82 tahun dengan 12 'aroma yang umum' lalu didapatkan konklusi bahwa di antara mereka yang indra penciumannya buruk risiko kematiannya 50% lebih daripada yang indra penciumannya normal.

Perlu diketahui bahwa pelacakan progres tersebut sudah termasuk dengan variabel lain seperti gaya hidup, jenis kelamin, dll. Tetapi yang memainkan peran fatal adalah indra penciuman.

Menurut Chen dari Michigan State University, mengatakan pada dasarnya bahwa kita masih belum tahu betul dengan pasti soal bukti dari keterkaitannya indra penciuman dengan kematian. Studi masih dilanjutkan.

press release:
https://www.sciencealert.com/a-weird-link-between-sense-of-smell-and-risk-of-death-defies-explanation
journal:
https://annals.org/aim/article-abstract/2732078/relationship-between-poor-olfaction-mortality-among-community-dwelling-older-adults

-Stellarix

Komentar