Apakah Orang Akan Mengembalikan Dompet Hilang?


Pada tahun 2015, mahasiswa lulusan dari Swiss berangkat dari Bandara Internasional Zurich dengan koper yang berisi 17.000 dompet. Lalu petugas memberhentikannya dan menanyakan alasannya membawa dompet sebanyak itu dan mahasiswa tersebut menjawab untuk penelitian.
jaim


Tentu saja mahasiswa ini adalah bagian dari tim yang melakukan penelitian apakah orang-orang akan jujur apabila ada yang kehilangan uang atau dompet?

Member dari tim ilmuwan ini pergi ke 355 kota di 40 negara dengan koper yang isinya banyak sekali dompet.

Tapi, dimanapun negaranya penelitian membuktikan bahwa orang lebih milih mengembalikan dompet dengan isi uang yang banyak. Nah dari studi ini diketahui bahwa orang-orang merasa dirinya itu baik dan harus jaga image walaupun ada cobaan dari tangan-tangan yang ingin berbuat nakal menurut Psikolog Nina Mazar dari Boston University.

Isi uang dompet tersebut ada yang berisi $100 USD ada yang hanya $15 USD bahkan ada yang kosong isinya tidak ada uang sama sekali. Nah, banyak dari dompet yang kosong isinya ini justru tidak dikembalikan.

Hal ini benar-benar mengejutkan 300 akademisi ekonomi yang memprediksi bahwa dalam riset ini hanya sedikit yang dikembalikan dompetnya, mereka terkejut ketika melihat bahwa dompet yang banyak isinya justru yang dikembalikan.


Komentar