Cara Daftar Kuliah Sarjana di Singapura 2020

Mendaftarkan diri sebagai mahasiswa untuk kuliah S1 (Sarjana) di Singapore merupakan impian banyak orang karena kualitasnya dalam hal pendidikan mampu bersaing secara ketat dengan dunia global.

kuliah di singapur

Berdasarkan info dari QS World University Ranking, National University Singapore dan Nanyang Technological University di Singapura menempati urutan ke-10 dunia dan merupakan Universitas no. 1 di Asia.

Banyak sekali siswa dari Indonesia khususnya international school dan SMA Negeri menginginkan untuk dapat berkuliah di Singapura karena alasan kedekatan dan ranking yang tinggi.

Contoh beberapa alumni yang berkuliah di top university singapore adalah Adamas Devara seorang pendiri Ruangguru beserta dengan alumnus lain yang terkenal.

Atas alasan melahirkan banyak alumni-alumni yang berkualitas, sistem pendidikan yang baik, dan prospek kerja yang lebih luas, Singapura menempati urutan ranking yang tinggi di dunia ini dan menjadi kota ternyaman mahasiswa untuk belajar.

Tapi, tidak sedikit juga orang yang ingin mendaftarkan diri untuk berkuliah di Singapura karena keterbatasan biaya dan ekonomi. Jadi, karena tidak mempunyai uang biasanya pupus sudah harapan untuk dapat berkuliah di NUS, NTU, dan SMU.

Lalu, banyak juga orang-orang yang tidak mengetahui serangkaian peristiwa atau proses untuk daftar ke Universitas di Singapura karena keterbatasan informasi yang tersedia.

Oleh karena itulah, Sainsologi akan menjelaskan secara terperinci tahapan dan cara untuk dapat mendaftar di Universitas Singapura atau bahkan bisa keterima kuliah di sana.

Dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk berkuliah di Singapura

Berikut ini adalah beberapa dokumen yang harus dipersiapkan sebelum mendafar dan mengikuti seleksi masuknya.

Persyaratan daftar bagi siswa Indonesia

Harus sudah menyelesaikan 12 tahun wajib belajar atau sedang dan akan melaksanakan Ujian Akhir Nasional di Indonesia

  • Mempunyai skor IELTS minimal band 6 dengan writing score 6 minimalnya.
  • Skor SAT minimal 1250 atau ACT 30 dan/atau A level pada subjek yang diinginkan bagi yang bersekolah di kurikulum internasional.
  • Untuk yang kurikulum bukan internasional, harus melampirkan nilai Ujian Nasional, karena pendaftaran bagi siswa Indonesia hanya dibuka Oktober-Desember di tahun yang sama kamu lulus.

Biaya hidup di Singapura

Untuk biaya hidup di Singapura sebenarnya relatif lebih murah dibandingkan Australia, UK, dan Amerika Serikat, tapi memang sangat mahal bagi siswa Indonesia.

Oleh karena itu, jika kamu sudah dapat letter of acceptance dari institusi yang kamu daftarkan, usahakan cari akomodasi sharing room dan cari makanan yang murah alias masak sendiri.

Semoga bermanfaat dan dapat diterima di universitas yang kamu inginkan di Singapore.

Komentar