Cara Daftar S1 Beasiswa Monbukagakusho 2020 dan Persyaratannya

Monbukagakusho (MEXT) menyediakan beasiswa untuk siswa Indonesia ke Jepang dalam rangka melanjutkan puncak pendidikan sarjana di negara sakura. Beasiswa ini benar-benar gratis dan tidak ada timbal balik yang harus kamu bayar ketika menyelesaikannya, kecuali harus pulang ke negara asal, karena Monbukagakusho merupakan Kementrian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dari Jepang itu sendiri.

Sebagai siswa Indonesia, mendapatkan beasiswa merupakan suatu impian yang sangat didambakan, karena selain tidak dipungut biaya alias gratis selama masa studi, kamu juga akan mendapatkan tunjangan hidup hingga asuransi jiwa. Kemudian mendapatkan beasiswa juga memudahkan meniti karier di masa depan karena bisa menabung lebih banyak dan belajar tepat waktu serta disiplin.

Seperti kebanyakan siswa lainnya, murid-murid yang ada di Indonesia sangat ingin sekali untuk dapat berkuliah di luar negeri namun karena keterbatasan biaya akibat tidak dapat melanjutkan ke International School atau kurangnya dukungan dan lain sebagainya. Orang-orang yang kurang dalam segi ekonomi akan menemukan beasiswa apalagi monbukagakusho sebagai tempat untuk memperbaiki kualitas hidup keluarga dengan belajar dan mendalami Jepang.

beasiswa ke jepang 2020

Beasiswa Monbukagakusho (Monbukagakusho Scholarship) selalu disediakan oleh pemerintah Jepang setiap tahunnya, jadi jangan khawatir, ya memang ada sedikit kalibrasi perubahan terhadap persyaratan dan prosesnya. Tapi, kalau kamu memang serius dan berminat, aku yakin kamu bisa meraih dan menggapai mimpi serta merasa bangga terhadap proses yang sudah dijalani.

Jepang menurut data dari QS World University Ranking, banyak universitas negeri dan swastanya yang memasuki top dunia alias sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Seperti contohnya saja University of Tokyo berada di peringkat 22, Kyoto University di peringkat 38, Osaka University, Keio University, Tokyo Institute of Technology, Waseda University, Ritsumeikan University, dan masih banyak lagi. Peluang kerja ketika lulus dari sini juga sangat luar biasa, pengalaman dari cerita teman admin adalah bahwa dia diterima beberapa minggu setelah kelulusan sarjana. So, jangan sampai ketinggalan ya.

Sebelumnya Sainsologi telah memberikan artikel mengenai Cara Daftar Beasiswa Jepang Mitsui Bussan 2020, namun sayangnya banyak yang mengeluh karena beasiswa Mitsui Bussan hanya tersedia bagi anak-anak SMA IPA saja, SMK dan SMA IPS serta SMA Bahasa tidak bisa mengikuti program beasiswa tersebut. Jangan khawatir karena monbukagakusho melalui naungan resmi pemerintah Jepang menyediakan jalur pendaftaran bagi SMA jurusan IPA dan IPS dan SMK (akhirnya), sekali lagi maaf karena SMA Bahasa tidak dapat ikut serta.

Hal yang harus digarisbawahi sebelum daftar beasiswa monbukagakusho

Keuntungan yang ditawarkan dari beasiswa monbukagakusho sangat banyak sekali, terpaut di antaranya adalah banyaknya jumlah nominasi, jadi nanti yang diberangkatkan dari Indonesia juga akan banyak walaupun harus bersaing dulu di kancah Internasional. Ya, jadi yang keterima beasiswa monbukagakusho relatif banyak, namun tergantung dengan kualitas siswa Indonesia dibandingkan dengan siswa di negara-negara lain. Kalau siswa Indonesia angkatan tahun 2020 tidak berkualitas, kemungkinan negara lain yang berkualitas bakal lebih banyak dapet kuota beasiswa ini.

  • Kuota penerimaan terbatas
  • Pendaftaran dimulai April 2020
  • Pendaftaran menggunakan nilai UN dengan rata-rata untuk subjek Matematika, Subjek Pilihan (Fisika, Biologi, Kimia), dan Bahasa Inggris adalah 84. Jadi kalau nilai rata-rata di bawah 84 masih bisa daftar asal melampirkan sertifikat JLPT (Japanese Language Proficiency Test) yang biasa diadakan bulan Juli dan Desember (ngulang tahun depan beasiswanya kalau kamu belum sempat)
  • SMK bisa mendaftar tergantung jurusan, misal yang menjurus ke ranah ipa harus memilih program studi IPA, sedangkan yang menjurus ke ilmu sosial harus memilih ranah IPS
  • Pelamar dapat memilih minimal 1 program studi dan maksimal 3 program studi.

Persyaratan pendaftaran beasiswa monbukagakusho (MEXT scholarship)

Karena beasiswa ini berada di bawah naungan pemerintah Jepang, tentunya penyedia yang ada di Indonesia pasti melalui konsulat atau kedutaan besar Jepang untuk Indonesia. Berikut ini syarat untuk dapat mendaftar beasiswa monbukagakusho 2020:

  • Lulusan SMA dan/atau sederajat (SMK termasuk)
  • Usia minimal 17 tahun dan maksimal 24 tahun per April keberangkatan
  • Nilai rata-rata ujian nasional murni 84. Kalau IPS nilai UN rata-ratanya kurang dari 84 dapat mendaftar dengan sertifikat JLPT seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sementara pendaftar IPA yang UN-nya kurang dari itu tetap ga bisa ya daftarnya, sesuai peraturan dari Monbukagakusho
  • Disiplin, rajin, dan terampil dalam hal belajar, jangan sampai sudah sekolah bahasa eh tidak lulus-lulus juga EJU (SBMPTN Jepang), terus kamu bisa dideportasi alias beasiswa hangus dan dipulangkan ke Indonesia.

Cara Daftar Beasiswa Monbukagakusho (Monbukagakusho/MEXT Scholarship)

  • Melakukan registrasi online melalui laman resmi kedutaan besar jepang untuk indonesia
  • Lembar printout registrasi online yang berisikan kartu ujian pelamar
  • Form pendaftaran dalam bahasa inggris ataupun jepang
  • Pasfoto berwarna ukuran 3,5x4,5 cm, formal dan latar bebas
  • Fotokopi Ijazah dan SKHUN yang dicap basah sekolah, kalau kelas 12 baru selesai UN minta yang sementara ke pihak sekolah
  • Surat rekomendasi dari kepala sekolah atau guru, format bebas
  • Kalau dokumen sudah lengkap kirim atau serahkan langsung ke kantor kedutaan besar Jepang dalam amplop minimal ukuran A4 di Jalan M.H Thamrin No. 24 Jakarta 10350.

Oke kalau sudah tinggal ditunggu saja panggilan untuk melaksanakan ujian dalam tahap primary screening, nanti ada seleksi dokumen, ujian tulis, dan wawancara. Kalau kamu lolos ketiganya, kamu akan disaring di tingkat internasional, kalau semua poinmu cukup bagus, bisa jadi kamu adalah penerima beasiswa monbukagakusho selanjutnya! Semangat:).

Komentar