Indonesia Rentan Terkena HOAX Menurut Studi

Jujur, literacy rate of Indonesia itu sangat tinggi, nilainya 95 dari 100 untuk anak-anak dan orang dewasa, serta 70,1 untuk usia lanjut (65+).

Tapi... kenapa masih banyak banget masyarakat Indonesia sangat mudah termakan hoax? Jawabannya sederhana, yaitu masyarakat Indonesia malas membaca. Faktor lain yang mempengaruhi juga karena IPM, Indeks Perkembangan Manusia di Negara Indonesia masih di tingkat medium. Penunjang tentang bagaimana masyarakat masih rentan menerima disinformasi lebih ke kurangnya membaca.

Dilansir dari The Jakarta Post, Indonesia itu peringkat kedua dari bawah soal minat baca. Jadi ya ga heran sih, paling kalo misalnya ada di grup WA, langsung diterima gitu aja tanpa riset.

Makanya miris banget, apalagi sekarang zamannya politik, disinformasi beredar di mana-mana, entah karena alasan apa mereka memberikan disinformasi, tapi hal ini justru sangat memalukan nama negara kita di mata internasional, karena terkesan sangat tidak etis.

"KPU Dihack" "Bumi datar" "Vaksin bisa jadi autis" "Semua vaksin mengandung babi dan saripati pelacur” "KPU diserang oleh antek-antek cina, amerika, negara-negara kafir"

Dalam studi The World Most Literate Nation, Indonesia itu peringkat 59 dari 61. Kecil ya?

Oh iya menyinggung soal KPU Diretas, itu cuma disinformasi, masa iya kpu diretas terus dilawan balik pake kata-kata “aku hacker” tapi bukanya CMD, terus ngetik-ngetik di notepad, terus ngetest latency dibilang hacker. I don’t know what’s wrong with this country dan ngetik pakai tagar ga ngaruh apa-apa, lagipula tagar kamu itu salah, kode ISO Indonesia dari PBB untuk hubungan diplomatik itu IDN bukan INA, INA cuma untuk laga/kompetisi olahraga.

Server KPU itu tidak diretas, servernya down karena banyaknya akses permintaan, hal ini juga serupa dengan kasus server snmptn yang sering down. Tapi ya, kpu berusaha untuk terus meningkatkan reliabilitas servernya.

Poin post ini "masyarakat di negara +62 sangat sangat malas membaca, dominannya."

-Stellarix
#antihoax #disinformasi #informasi #fyi #indonesia #indonesiahoax #indonesianpeople #negarahoax #negarasejutahoax #literasi #minatbaca #kpu #serverkpu #kpuhack #hacker #indeksmanusia #perkembanganindo #pemilu2019

Komentar