Catatan Materi Hukum Newton I Terlengkap 2020

Hukum Newton I menyatakan bahwa benda diam akan tetap diam selama tidak ada gaya yang mengenainya atau benda yang bergerak akan melambat apabila tidak ada gaya untuk mempertahankan kecepatannya.

hukum gravitasi newton
Suatu objek akan tetap diam atau konstan kecepatannya kecuali ada gaya luar yang mengenainya

Hukum pertama newton lebih menyatakan bahwa pasti ada suatu sebab (gaya eksternal) untuk ada perubahan pada suatu kecepatan.

Ide mengenai gaya dan efeknya itu sangat krusial untuk menjelaskan beberapa situasi. Misalnya, ketika bola digerakkan pada bidang horizontal dibandingkan dengan bola yang digerakkan melalui bidang miring, pasti bola bergerak lebih jauh pada bidang miring.

Nah, itulah, pasti ada gaya yang mengenainya yang menyebabkannya untuk dapat bergerak lebih jauh. Di sinilah newton merumuskan bahwa ada friksi (percepatan).

Hukum Newton: Massa

Properti dari suatu objek yang diam atau bergerak dengan kecepatan konstan disebut inersia, oleh karena itu hukum newton pertama kadang disebut hukum inersia.

Tentu saja dari pengalaman manusia, kita pasti mengenal bahwa inersia tiap objek di bumi ini berbeda-beda, ambil contoh batu besar dengan bola basket, pasti mempunyai properti inersia yang berbeda. Nah, hal itu kemudian diukur dengan satuan massa.

Secara kasarnya, massa adalah jumlah 'materi' yang dimiliki dari suatu objek. Tentunya kuantitas tersebut diukur melalui jumlah atom dan molekul dari beberapa variasi tipe.

Tiap-tiap massa dari suatu objek dihitung menggunakan satuan Kilogram atau terkadang kamu harus bisa mengubah dari lbs ke Kg.

Latihan Soal

Mana yang mempunyai massa lebih? Satu kilogram kapas atau satu kilogram batu?

Atau pertanyaan yang lebih konseptual, apa yang menjadi perbedaan dari berat dan massa. Variabel apa yang tidak berubah dimanapun dan kapanpun?

Silakan jawab ya di kolom komentar sainsologi ini

Merumuskan Gaya

Pada dasarnya newton menyatakan bahwa benda yang terlempar akan selalu jatuh ke bawah, dia tidak tahu penyebabnya tapi dia mengatakan bahwa itu lah gaya, yaitu gaya gravitasi.

F = m x g atau F = m x a

Demikianlah artikel mengenai hukum newton satu, semoga bermanfaat.

Komentar