Ikan Buntal Memiliki Racun 1.200x Lebih Banyak Dibanding Sianida

Ikan Buntal ini dikenal karena racunnya yaitu Tetrodotoxin. Diproduksi dalam bakteria yang hidup di dalam ikan ini. Di mana bisa ditemukan racun ini? Racun ini ada di kulitnya, hatinya, dan organ reproduktifnya dari ikan buntal.
ikan buntal

Tapi kenapa sih banyak orang makan ikan buntal ini? Bahkan di Jepang sudah banyak orang yang makan puffer fish tapi sehat-sehat aja mereka.

Welp sebenernya ini quick fact, 1 ekor ikan buntal dengan racun tetrodotoxinnya bisa membunuh 30 orang sekaligus. Cara kerja racun ini adalah dengan mengirim sinyal ke saraf manusia dan menyerang sistem saraf kita.

Menurut studi penelitian CDC, berapa lama orang bisa hidup setelah terpapar racun dari ikan buntal bervariasi, ada yang maksimal 24 jam setelah terkena eksposur dan ada juga yang seminimalnya 20 menit sudah dipastikan akan meninggal.

Terus kenapa orang makan ini? Di Jepang hidangan ini bahkan dibuat pada menu restoran mahal. Nama hidangannya Fugu.

Orang yang menghidangkan ikan buntal harus berlatih selama 2 tahun hingga sampai ke titik "bisa" memasak dengan aman. Karena dari datanya, 5 orang per tahunnya meninggal akibat memakan ikan buntal.

Kata orang Jepang sana, ikan buntal ini enak banget rasanya dan juga chef di sana memastikan kalo dosis Tetrodotoxin tidak sebanyak yang seharusnya sehingga menyebabkan "feeling euforia" atau sensasi kesenangan semata.

https://io9.gizmodo.com/how-the-puffer-fish-gets-you-high-zombifies-you-and-k-5879406
https://www.cdc.gov/niosh/ershdb/emergencyresponsecard_29750019.html
https://phys.org/news/2019-01-deadly-pufferfish-delectable.html

-Stellarix

Komentar