Kenapa Sih Nilai Mata Uang Bisa Turun ?

Akhir-akhir ini, turunnya nilai tukar rupiah terhadap dollar sedang hangat diperbincangkan. Penurunan nilai tukar periode ini disebut-sebut meyamai nilai tukar saat krisis moneter 1998. 

        Nilai tukar hari ini (25 Maret 2020) 

Sebenarnya, kenapa sih nilai tukar bisa turun ?
Disini bakal kita kupas satu-satu!

1) Dollar AS menguat
Satu hal penting yang harus diketahui nih.
Sebenernya, bukan Rupiah yang melemah. Tapi USD yang menguat. 
Kenapa ?

Karena US Dollar dijadikan patokan dunia Internasional untuk mengukur nilai tukar mata uang masing-masing negara. Biasanya yang terjadi, jika dollar menguat maka nilai tukar mata uang negara lain akan melemah, terutama Rupiah. Rupiah itu bersifat soft currency, jadi bisa dibilang Rupiah tuh terdampak banget kalau Dollar menguat.

2) Kebijakan The Fed (Bank Sentral USA) 
Nyambung dengan poin no. 1, The Fed inilah yang mengatur perekonomian di USA. Jika bank ini mengeluarkan kebijakan, maka dampaknya bisa dirasakan bukan cuma di USA, tapi di seluruh dunia. 

Sebagai contoh, ketika 2018 lalu, The Fed mengeluarkan kebijakan untuk menaikkan suku bunga jadi 2%. 
Apa yang terjadi ?
Investor dan pengusaha berbondong-bondong menukar aset kekayaan mereka ke bentuk USD. Karena mereka tau, kalau mereka menukar ke bentuk USD, mereka bakal dapet untung lebih besar. Dampaknya bisa diliat, waktu itu mata uang rupiah anjlok ke angka Rp 15.000

3) Komoditas Ekspor di Indonesia menurun
Barang ekspor yang menurun juga menjadi faktornya. Singkatnya, jika ekspor menurun, maka perekonomian Indonesia akan keganggu dan berdampak ke turunnya nilai tukar rupiah. 

Contohnya nih, saat ini di tengah wabah corona, BPS mencatat ekspor Indonesia turun 12%. Dampaknya bisa kita liat sendiri, rupiah anjlok ke angka Rp 16.000.

4) Faktor Internal
Selain faktor-faktor eksternal, nilai tukar mata uang suatu negara bisa turun karena faktor internal seperti wabah penyakit, konflik, perang saudara, dll. 

Kenapa ? 
Karena faktor-faktor internal ini bisa mengganggu investasi, terganggunya produksi barang dan perputaran uang yang dampaknya bisa mengganggu perekonomian suatu negara.

Sebenernya masih banyak faktor lainnya yang menyebabkan turunnya nilai tukar mata uang. Tapi secara garis besar, penyebabnya adalah 4 poin diatas.


Cheers!
Diogenes

Referensi data :

Komentar