Ketika Yugoslavia Bergabung dengan Blok Poros

Pada hari ini, tanggal 25 Maret 1941. Yugoslavia menandatangani Pakta Tripartit yang menandakan akhir dari netralitas Yugoslavia di Perang Dunia 2. Yugoslavia akan bergabung dalam blok poros bersama Italia, Nazi Jerman, Kekaisaran Jepang dan negara lainnya.

Kenapa Yugoslavia bergabung dengan blok poros ?

          Pergerakan pasukan blok poros 

Setelah invasi Italia atas Yunani, blok poros terus melangkah menuju daerah Balkan. Hitler merasa mereka butuh “teman tambahan” dari negara Balkan untuk menekan pergerakan pasukan sekutu dari arah selatan. Alhasil, negara-negara Balkan berbondong-bondong masuk ke blok poros. Namun, Yugoslavia masih netral.

Akhir kenetralan Yugoslavia berakhir ketika Bulgaria bergabung dengan blok poros. Pangeran Yugoslavia, Pangeran Paul panik dan berusaha membujuk Perdana Menteri, Dragusa Cvetkovic untuk segera bergabung dengan blok poros. 
Setelah proses panjang, akhirnya Yugoslavia dengan perwakilan Cvetkovic menandatangani Pakta Tripartit dan segera bergabung dengan blok poros.




Eitss belum selesai..
Bagaimana kelanjutan dari Yugoslavia ?

Dua hari setelahnya, terjadi kudeta di negara Yugoslavia. Persatuan gereja, militer, dan buruh menggulingkan rezim Dragusa Cvetkovic sebagai bentuk kekecewaan karena bergabung dengan blok poros. Pemerintahan yang baru pun terbentuk, pemerintahan ini sangat anti dengan blok poros dan berusaha membatalkan Pakta Tripartit.
Alhasil, Nazi Jerman berusaha “menjinakkan” mereka dengan paksa. Yugoslavia dikuasai Jerman dan rezim baru Yugoslavia ini berakhir. 

    Pasukan Jerman memasuki Yugoslavia


Referensi :

Komentar