Apa Itu Diabetes

Apa Itu Diabetes : Pengertian, Jenis Dan Gejala Diabetes

Apa Itu Diabetes? Diabetes adalah penyakit yang diakibatkan dari menumpuknya glukosa di dalam darah, jika tidak segera di tangani, kemungkinan terjadi komplikasi penyakit yang lebih membahayakan akan besar sekali.
Apa Itu Diabetes? Diabetes adalah penyakit yang diakibatkan dari menumpuknya glukosa di dalam darah, jika tidak segera di tangani, kemungkinan terjadi komplikasi penyakit yang lebih membahayakan akan besar sekali.

Apa Itu Diabetes? Diabetes merupakan penyakit yang sangat mematikan. Hal ini saya katakan karena merujuk pada data kematian tahun 2016 karena diabetes, dimana presentasenya mencapai 6.7% dan yang mengerikannya lagi indonesia masuk kedalam daftar penderita diabetes terbesar kedua setelah srilanka.

Kenapa kemudian hal ini dapat terjadi? Karena kebanyakan dari masyarakat indonesia baru menghubungi rumah sakit dan layanan kesehatan setelah mengalami komplikasi, yang membuat diabetes akhirnya sulit untuk disembuhkan. Untuk itu, pada artikel kali ini kita akan fokus membahas tetang Apa Itudiabetes : Pengertian, Jenis Dan Gejala Diabetes jadi simak baik-baik yah!

Apa Itu Diabetes : Pengertian, Jenis Dan Gejala Diabetes

Apa Itu Diabetes? Pengertian, Jenis Dan Gejala Diabetes

Sebelumnya, kita telah membahas tentang beberapa makanan yang dapat menyebabkan kita terjangkit penyakit diabetes, kamu bisa membaca artikelnya disini atau jika kamu merupakan penderita diabetes dan sedang mencari artikel yag membahas tentang pola hidup sehat untuk penderita diabetes, kamu bisa membaca artikelnya disini.

Pengertian Diabetes

Apa Itu Diabetes? Diabetes adalah penyakit yang diakibatkan dari menumpuknya glukosa di dalam darah, jika tidak segera di tangani, kemungkinan terjadi komplikasi penyakit yang lebih membahayakan akan besar sekali.

Pada penderita diabetes, pankreas yang biasanya dapat memproduksi insulin dengan baik menjadi tidak berfungsi, akibatnya sel-sel tubuh kita tidak dapat menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi.

Jenis-Jenis Diabetes

Jenis diabaetes, umumnya dibagi menjadi tiga tipe, yaitu :

  • Diabetes tipe 1

Apa Itu Diabetes tipe 1 atau diabetes autoimun, Diabetes tipe 1 terjadi karena malfungsi dari sistem kekebalan tubuh kita yang menyerang sel pankreas, dimana hal ini dapat membuat lonjakan kadar glukosa dalam darah.  Akibat yang terjadi kemudian adalah rusaknya organ-organ tubuh.

Penelitian yang membahas tentang kenapa kekebalan tubuh menyerang pankreas mashi berjalan dan belum menemukan titik terang. Namun yang dugaan yang paling kuat adalah karena faktor genetik.

  • Diabetes tipe 2

Apa Itu Diabetes tipe 2, Diabetes tipe 2 adalah kasus yang paling terjadi. Kenapa saya mengatakan hal ini? Karena hampir sekitar 90-95% adalah pasien diabetes tipe ini.  

Penyebab dari diabetes tipe 2 ini adalah jaringan sel tubuh kita yang kurang sensitif terhadap ransangan insulin. Hal ini menyebabkan insulin yang di produksi tidak dapat di pergunakan dengan baik.

  • Diabetes Gestasional

Apa itu Diabetes Gestasional, Diabetes Gestasional tipe ini dialami oleh ibu hamil yang mengalami perubahan hormon dan biasanya akan kembali normal setelah menjalani persalinan.

Ciri-Ciri Dan Gejala Diabetes Yang Harus Diwaspadai

Saya pernah membaca tentang laporan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) milik Kemenkes RI yang menyatakan bahwa diabetes paling banyak dialami oleh penduduk yang berusia 15 tahun ketas. Dan yang mengerikanya adalah hanya 30% saja yang menunjukan gelaja diabetes dan terdiagnosis.

Hal ini terjadi karena memang pada penderita diabetes, khusus pada diabetes tipe 2, seringkali tidak merasakan gejala awal dan mereka baru mengetahui ketika tidak sengaja mengikuti pemeriksaan gula darah.

Untuk itu, kita harus lebih cepat menyadari agar jika positif diabetes pun bisa langsung mendapatkan penanganan yang tepat! Sehingga kamu bisa terhindar dari komplikasi penyakit yang serius. Untuk memudahkan kamu dalam mengenali ciri-cirinya, berikut sudah saya rangkum dibawah ini :

  • Sering Buang Air Kecil

Sel-sel ditubuh penderita diabetes, akan mengalami  kesulitan untuk menyetap glukosa, hal ini membuat ginjal akhirnya mengeluarkan glukosa sebanyak mungkin, yang berakibat pada penderita menjadi sering kencing daripada orang normal.

  • Gampang Haus

Hal ini masih terikat dengan point pertama, yaitu sering buang air kecil. Pada penderita diabetes rasa haus terjadi karena tubuh kita sedang mengelola gula darah yang tinggi.

  • Luka Yang Susah Sembuh

hal ini terjadi karena, kadar gula darah yang tinggi membuat pembuluh dara arteri megalami penyempitan dan pengerasan, yang berkibat pada aliran darah dari jantung ke seluruh tubu menjadi terhambat.

  • Berat Badan Turun Drastis

Hal ini terjadi di akibatkan karena tubuh kita memececah otot dan lemak untuk mendapatkan eneregi, karena tubuh tidak mendapatkan glukosa dan energi dari makanan. Sehingga membuat penderita diabetes seringkali mengalami penuruna berat badan yang drastis.

Ada banyak sekali gejalaawal dan ciri-ciri dari peyakit diabetes ini, yang mesti kita waspadai, seperti :

  • Infeksi jamur atau bakteri
  • Sindrom ovarium polikistik (PCOS)
  • Gusi merah dan bengkak
  • Kulit Kering
  • Gangguan Penglihatan
  • Kesemutan
  • Lemas Dan Sakit Kepala

Mungkin kita akan membahas gejala dari penyakit diabetes ini lebih detail pada artikel selanjutnya.  Dan mungkin beberapa cara penyembuhan dan pencegahan penyakit diabetes dengan menggunakan obat alami.

Karena keterbatasan waktu, oke sekian artikel dari saya tentang Apa Itu Diabetes : Pengertian, Jenis Dan Gejala Diabetes semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam mencari informasi yah!