Cara Membuat Review: Pengertian, Ciri, Tujuan, Jenis, Struktur, dan Contoh

Review adalah – Pengertian, Ciri, Tujuan, Jenis, Struktur, Cara Membuat dan ContohBuat ulasan kali ini kami hendak membahas mengenai Review yang dimana dalam perihal ini meliputi pengertian, ciri-ciri, tujuan, struktur, jenis-jenis membuat serta contoh, nah supaya lebih bisa menguasai serta paham ikuti pembahasan sepenuhnya dibawah ini.

A. Pengertian Review

Review merupakan suatu ringkasan, tinjauan dari sebagian sumber entah dari film, novel, kabar serta yang lain. Pastinya kamu telah kerap mendengar kata review. Semacam review novel, review film, review produk serta yang lain. Dengan terdapatnya review kita dapat ketahui kelebihan, kekurangan serta mutu dari sesuatu karya ataupun produk. Tujuannya digunakan buat berikan data ke pembaca tentang sesuatu perihal serta mengajaknya ataupun membuat pembaca terus menjadi penasaran, review ini sangat berarti buat pemasaran sesuatu produk tertentu.

B. Ciri-Ciri Review

  1. Tinjauan yang focus pada kata sifat
  2. Memakai kata ataupun klausa yang lumayan panjang dan komplex
  3. Memakai perumpamaan

C. Tujuan Review

Tujuan utamanya buat membagikan data, cerminan ataupun gagasan di suatu produk ataupun karya yang terbuat. Saat ini review jangkauannya lebih luas, tidak cuma pada review novel saja, namun tercantum review film, review produk serta masih banyak yang lain, perihal ini dapat dilihat dari banyaknya forum- forum yang menerangkan tentang review sesuatu produk ataupun karya.

D. Jenis-Jenis Review

  • Review Text

Review text merupakan bacaan buat mengklasifikasi sesuatu karya, baik film, novel serta lain ya, supaya kita mengenali mutu, keunggulan serta kelemahan yang terdapat pada karya tersebut.

RajaBackLink.com
  • Review Jurnal

Review jurnal adalah sebuah strategi untuk mempermudahkan dalam memahami inti dari penelitian yang telah dilakukan.

  • Review Gadget

Gadget dikala ini ialah benda yang dipunyai nyaris seluruh orang. Era teknologi saat ini mewajibkan buat mempunyai gadget selaku perlengkapan komunikasi di media sosial. Terus menjadi hari, industri gadget terus menjadi bersaing menghasilkan serta menjual gadget yang berguna serta mutakhir. Struktur Tulisan Review Produk sesuai digunakan pada review terkini suatu gadget.

  • Review Buku

Buku ialah jendela dunia. Meski era teknologi saat ini, sebagian manusia masih membaca novel menaikkan pengetahuan. Novel dari dahulu sampai saat ini masih senantiasa terbit. Tiap hari novel yang berbagai topik dicetak serta didistribusikan. Pembaca membutuhkan review terkini pada novel buat mempermudah pembaca mencari teks yang pas.

  • Review Elektronik

Sama dengan gadget serta novel, elektronik menolong kerja manusia. Elektronik yang dibutuhkan manusia wajib diseleksi cocok dengan khasiat. Calon pengguna masih membutuhkan review terkini serta terlengkap tentang elektronik selaku rujukan saat sebelum membeli.

  • Review Makanan

Kuliner saat ini terus menjadi menjamur dengan inovasi yang menggiur. Review santapan tidak sempat habis, chef yang bereksplorasi tiap hari menghasilkan santapan baru yang menggoda. Calon pemakan mau mengenali isi, bau, rasa, serta harga dari santapan. Review santapan ini ialah Metode gampang menulis review untuk pendatang baru dengan memandang tampilan serta mencicipi.

  • Review Aplikasi

Terus menjadi maraknya tipe gadget yang modern serta mutakhir, terus menjadi gempar pula tipe aplikasi yang dapat didownload buat penunjang gadget. Pengguna gadget hendak mencari aplikasi pendukung aktivitas tiap hari sehingga calon pengguna aplikasi membutuhkan review.

  • Review Film

Untuk penyuka film, calon pemirsa hendak mencari tau film yang hendak tayang. Mencari tau pemain, garis besar cerita, serta tempat film tersebut terbuat menjadikan pemirsa mau menyaksikan film tersebut.

E. Struktur Review

  • Pengenalan

Pada bagian itu ada pengenalan penggalan secara universal menimpa perihal yang hendak di bahan ataupun di tinjau. Cerminan universal menimpa suatu mulai dari nama, asal, latar belakang, serta sebagainya hendak dibahas pada bagian ini.

  • Evaluasi

Menimpa sesuatu perihal ataupun produk. Setelah itu dilanjutkan dengan interpretasi ataupun pemikiran penulis terhadap suatu yang dibahas. Karya ataupun barang yang di review hendak dibandingkan serta dibedah secara dalam di bagian ini. Sehabis ditemui kurang lebihnya, bagian yang terakhir merupakan kesimpulan.

F. Cara Membuat Review Buku

  • Tahap Persiapan

– Tulis hal-hal yang kamu sukai dari buku tersebut.

Tulis hal-hal yang tidak kamu gemari dari buku tersebut.

Tulis secara ringkas pemikiran kamu terhadap isi novel tersebut, kamu pula dapat menulis saran ke pembaca, mengapa wajib membaca ataupun tidak membaca buku tersebut.

Tambahkan rating buat buku yang telah kamu baca.

  • Mempelajari Metode 

Tahapan metode mereview postingan ilmiah yang sangat berarti ialah dengan menelisik tata cara yang digunakan Si penulis. Bayangkan alternatif metode yang bisa jadi buat mempersiapkan eksperimen ataupun menyusun riset, serta catat revisi yang bisa dicoba oleh penulis.

  • Membaca Ulang dan Buat Catatan

Metode mereview postingan selanjutnya, dengan membuat catatan berarti. Baca secara lengkap, kemudian ikuti artikelnya bagian demi bagian. Jangan kurang ingat mencetak kopian serta bagikan pendapat pada margin, apabila Kamu bekerja dengan dokumen Word.

  • Menentukan Kualitas dengan Memetakan Artikel

Buat dapat memetakan bagian postingan, perhatikan abstrak serta pendahuluan secara rinci, setelah itu analisis dengan menanggapi persoalan berikut:

  1. Berapa tingkatan ketercapaian abstrak merangkum postingan, permasalahan yang dibahas, metode, hasil, serta keefektifannya?
  2. Apakah pendahuluan telah memetakan struktur artikel?
  3. Apakah narasi dengan jelas meletakkan dasar-dasarnya?
  • Perhatikan Gaya/Style Penulisan

Metode mereview postingan online pada harian berikutnya dengan mengevaluasi style bahasa yang digunakan. Walaupun dimaksudkan buat khalayak spesial, style penyusunan wajib senantiasa meletakkan faktor jelas, ringkas, serta cocok kenyataan.

  • Evaluasi Referensi dan Tinjauan Pustaka

Dalam mempraktikkan metode mereview postingan jangan lengah buat mengevaluasi rujukan. Sebagian besar postingan harian biasanya mencakup tinjauan literatur yang terdapat semenjak dini serta, di segala isi, dengan mengutip karya ilmiah.

  • Nilai Penyajian Data dan Hasil (DISINI)

Amati pada setiap tabel, diagram, legenda, dan alat bantu visual lainnya, apakah mengatur informasi secara efektif. Kemudian analisis bagian hasil dan diskusi apakah sudah meringkas dan menafsirkan data dengan jelas, serta setiap data memiliki tujuan atau berlebihan.

  • Evaluasi Bukti dan Analisis Non-Ilmiah

Tentukan tingkat artikel tersebut menyajikan bukti yang mampu mendukung argumennya. Apakah bukti relevan, dan bagaimana tingkat penulis mampu menganalisis dan menafsirkan bukti secara meyakinkan.

  • Buat Garis Besar Review

Cara mereview artikel dalam tahap penulisan lihat kembali catatan, lalu buat tesis, dan uraikan bagaimana Anda ingin mendukung tesis dalam badan review. Sertakan contoh spesifik yang merujuk pada kekuatan serta kelemahan yang dicatat dalam evaluasi.

  • Tulis Draf Pertama Review

Secara umum pedoman membuat draft review sebagai berikut:

  1. Pendahuluan : merangkum artikel dan menyatakan hipotesis.
  2. Isi : memberikan contoh spesifik berdasar teks yang mendukung hipotesis.
  3. Kesimpulan : merangkum ulasan, menyatakan kembali hipotesis, dan menawarkan saran untuk penelitian masa yang akan datang.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menulis review, kalian harus tahu produk tersebut dengan pasti. Jika review film berarti kalian harus menonton film tersebut, sehingga pembaca bisa menerima review tersebut dengan baik, bangun kreditibilitas tulisan dengan baik. Pastikan kalian menggunakan teknik penulis yang baik, sehingga pembaca semakin tertarik untuk membaca review kalian, jika alur penulisannya kuran menarik, akan membuat pembaca tidak tertarik dengan review yang kalian buat.

Pengertian review berarti menulis ulasan secara detail. Inilah alasan kenapa kalian harus mempunyai pengalaman mengenai produk tersebut. Untuk review film atau buku, kalian tidak bisa menulis secara detail karena mungkin ada spoiler, tetapi untuk review produk kalian harus menulis secara detail. Kalian bisa menulis dengan teknik piramida, tulisan suatu hal yang paling umum terlebih dahulu, kemudian mengerucut ke hal yang lebih detail.

G. Kelebihan dan Kekurangan

  1. Kelebihan berarti keunggulan keadaan melebihi yang biasa. Kelebihan dalam teks ulasan maksudnya adalah kelebihan yang terdapat dalam karya yang diulas.
  2. Kelemahan/kekurangan berarti keadaan tidak atau belum cukup, lengkap,tepat, dan sebagainya. Kekurangan dalam teks ulasan maksudnya adalah kekurangan yang terdapat dalam karya yang diulas.
  3. Kelebihan yaitu kelebihan yang ada didalam isi buku, baik segi bahan kertasnnya, bahasanya, dan lain-lain.
  4. Kekurangan yaitu kekurangan yang dimiliki suatu buku, baik dalam bahan kertasnya, konflik cerita dan lain lain.

Kelebihan/Kekurangan suatu karya yang akan direview dalam teks ulasan dapat dilihat sesuai dengan sudut pandang penulis.

#Contoh Review

Berikut ini terdapat beberapa contoh review, terdiri atas:

1. Contoh Review Buku

  1. Judul : Cara Membuat Review
    Penulis : Faranisa Dyah
    Penerbit : CaraMembuat.Review
    Genre / Kategori : Novel
    ISBN : 28768373785675
    Tahun Terbit & Cetakan : 2017/3
  2. Garis besar isi dari buku tersebut.
    Biografi penulis.
    Buku yang sejenis.
    Perbandingan dengan buku sejenis tersebut (jika ada)
  3. Sinopsis.
  4. Isi review buku.
  5. Kesimpulan dan penutup.

2. Contoh Review Jurnal

Review Jurnal Intervensi Person-Centered Therapy

Judul

A Person-centered Approach to Studying the Linkages among Parent–Child Differences in Cultural Orientation, Supportive Parenting, and Adolescent Depressive Symptoms in Chinese American Families.
Jurnal Journal Youth Adolescence
Volume & Halaman Vol. 37, Hal. 36-49
Tahun 2008
Penulis Scott R. Weaver & Su Yeong Kim
Reviewer SRI UTAMI HALMAN (1171040009)
Tanggal 24 Desember 2013
Tujuan Penelitian Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik bagaimana orientasi budaya Tionghoa, orang tua imigran dan anak-anak mereka dapat berinteraksi untuk menghasilkan peningkatan gejala depresi di kalangan remaja melalui lingkungan pengasuhan yang kurang mendukung.
Subjek Penelitian Subjek penelitian ini adalah 451 keluarga Amerika Cina yang berada di California Utara berpartisipasi di penelitian masa sekarang. Remaja (53,8% perempuan) berusia rata-rata 13 tahun (SD = 0,73) pada gelombang pertama dan 17,05 tahun (SD = 0.80) pada gelombang kedua. Anak-anak remaja yang terutama (75%) kelahiran US. Kebanyakan orang tua (87% dari ayah, 90% dari ibu) yang kelahiran asing. Rata-rata usia pada saat imigrasi adalah 30,45 tahun (SD = 10.03) untuk ayah dan 28,30 tahun (SD = 8.80) untuk ibu. Lama waktu di AS rata-rata 17,46 tahun (SD = 9.73) untuk ayah dan 15,74 tahun (SD = 8.36) untuk para ibu. Mayoritas dari kedua ayah (63,1%) dan ibu (68,4%) melaporkan mencapai sekolah tinggi atau tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Kisaran pendapatan tahunan keluarga rata-rata adalah $30,001-$45,000, meskipun distribusi pendapatan ditunjukkan variabilitas yang cukup besar, dengan 13% melaporkan kurang dari $15.000 dan 6,2% melaporkan lebih dari $105.000. Sebagian besar remaja (85%) tinggal dengan kedua orang tua, dengan 10,7% hidup dengan hanya ibu mereka, 1,2% hidup dengan hanya ayah mereka, dan remaja yang tersisa tinggal di konfigurasi struktur keluarga lainnya.
Metode Penelitian Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuesioner. Kuesioner ini diberikan pada remaja dan orang tua keturunan China Amerika.
Definisi Operasional Variabel Dependen Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Adolescents’ cultural orientation (orientasi budaya remaja).

·         Tsai dan Chentsova (Weaver & Kim, 2008) menyatakan bahwa mode diferensial dan tingkat akulturasi dapat mengakibatkan perbedaan orangtua dan anak dalam budaya orientasi, yang didiartikan sebagai sejauh mana individu dipengaruhi dan secara aktif terlibat dalam tradisi, norma, dan praktik budaya tertentu.

·         Portes (Weaver & Kim, 2008) menjelaskan bahwa orang tua imigran dan anak-anak mereka baik pengalaman kekuatan asimilasi, anak-anak sering berasimilasi di tingkat yang lebih cepat dari orang tua mereka, hak ini disebut dengan disonan akulturasi.

Cara & Alat Mengukur Variabel Dependen Cara dan alat yang digunakan untuk mengukur variabel dependen yaitu:

·         Cara yang digunakan untuk mengukur variabel dependen yaitu melakukan perekrutan untuk indikator remaja keturunan Cina-Amerika. Penelitian dibagi dua gelombang, gelombang pertama pada tahun 2002 dan gelombang kedua 2006.

·         Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Kuesioner yang digunakan terdiri atas dua versi, yaitu versi bahasa Inggris dan versi bahasa China.

Definisi Operasional Variabel Independen Variabel independen dalam penelitian ini adalah person centered approach.

·         Pendekatan berpusat pada orang telah dianggap mampu keuntungan untuk meneliti tentang remaja dan keluarga (Bergman 2001; Mandara 2003). Aspek utama dari pendekatan berpusat pada orang adalah penekanan pada pemahaman terhadap individu secara keseluruhan, bukan pada karakteristik individu atau variabel itu sendiri. Kekuatan dari pendekatan berpusat pada orang adalah kemampuannya untuk mengakomodasi non-linearities dan interaksi yang tidak dapat dengan mudah terwakili dalam berpusat variabel model (Bergman, 2001).

Langkah-langkah Terapi Langkah-langkah yang digunakan dalam proses penelitian ini adalah:

1.      Tahun 2002 dilakukan perekrutan di tujuh sekolah menengah di daerah metropolitan utama California utara dengan bantuan dari administrator sekolah (dipilih berdasarkan kriteria).

2.      Meminta persetujuan dari keluarga mengenai penelitian tersebut.

3.      Peserta diberi paket kuesioner yang akan dikumpulkan dua sampai tiga minggu setelah surat oleh staf penelitian diterima peserta.

4.      Melakukan studi tingkat lanjut pada tahun 2006.

5.      Membagikan dua versi kuesioner kepada peserta, yaitu kuesioner dalam bahasa China dan bahasa Inggris.

Hasil Penelitian Secara keseluruhan, hasil penelitian ini memberikan beberapa dukungan untuk gagasan bahwa disonansi generasi berhubungan dengan dukungan orangtua dan tingkat kebersamaan simtomatologi depresi. Secara umum, memiliki orangtua dengan profil bicultural tampaknya paling menguntungkan jika remaja sama memiliki profil bicultural. Hal yang perlu diperhatikan dalam penelitian ini bukan ibu atau ayah bicultural, melainkan kombinasi dari sebuah biculturally orangtua dan remaja. Konfigurasi ini mungkin optimal, karena melibatkan jarak minimal antara orangtua dan anak di kedua budaya China dan Amerika saat masih berada pada lingkungan keluarga yang memiliki aspek nilai-nilai budaya dan tradisi Cina serta sama dihargainya oleh orang tua dan anak.
Kekuatan Penelitian Kekuatan penelitian ini adalah alat yang digunakan dalam penelitian berupa kuesioner cukup mudah digunakan oleh subjek penelitian sehingga dalam pengambilan datanya tidak dibutuhkan waktu yang lama seperti pada metode kualitatif.
Kelemahan Penelitian

Kelemahan penelitian ini adalah rentan waktu penelitian yang digunakan pada wave 1 ke wave 2 cukup jauh, yaitu 4 tahun sehingga subjek yang dapat ikut pada wave 2 hanya 80%.

Demikianlah pembahasan mengenai Review adalah – Pengertian, Ciri, Tujuan, Jenis, Struktur, Kelebihan & Kekurangan, Cara Membuat dan Contoh semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 

Sumber Gambar : Pexels Free Image