Cara Mengunduh Foto dan Video dari Instagram

Saat ini media sosial berkembang dengan pesat dan menjadi kebutuhan yang vital bagi setiap orang. Salah satunya adalah Instagram merupakan platform yang paling sering digunakan oleh seluruh pengguna media sosial baik dari kalangan anak anak maupun orang dewasa. Namun disisi lain masih banyak yang tidak tahu caranya menyimpan atau mengunduh unggahan foto atau video dari akun milik seseorang.

Banyaknya unggahan foto atau video yang menarik membuat kita ingin menyimpan unggahan tersebut.
Seiring dengan teknologi yang masih terus berkembang, kini sudah banyak sekali situs web atau website yang dapat digunakan untuk mengunduh konten dari aplikasi IG mulai dari foto, video ataupun IGTV.

1. IGRAM.IO

Untuk mengunduh video atau foto instagram dengan mudah. Kamu dapat menggunakan igram.io, lakukan langkah dibawah ini :

Pertama, buka aplikasi Instagram kamu.
Lalu pilih foto/video yang ingin kamu unduh dan salin tautan (link-nya);
Selanjutnya buka situs https://igram.io/
Lalu tempel (paste) tautan yang telah kamu salin di kolom yang sudah tersedia;
Akan muncul hasil postingan yang ingin kamu download;
Klik download image yang berwarna hijau;
Selesai! Foto atau videomu sudah terunduh.

2. Gunakan fungsi Inspect

Cara mudah mengunduh foto Instagram tanpa aplikasi ini sangat mudah dilakukan dengan menggunakan PC. Berikut langkah-langkahnya:

Pertama, buka foto/video yang ingin di unduh dari Instagram melalui peramban Mozilla ataupun Google Chrome;

Klik kanan pada bagian foto, pilih 'Inspect';
Maka akan muncul sebuah tampilan;
Pilih barisan kode dengan latar belakang berwarna abu-abu dan memiliki ikon 'panah' di awalnya > klik sampai tampilan layar berubah;
Pilih tautan yang memuat gambar yang ingin diunduh;
Lalu > pilih 'open in new tab';
Buka jendela baru yang memuat foto yang ingin diunduh > klik 'Save Image As';
Maka, foto yang ingin kamu unduh akan langsung tersimpan di galeri.

Ada juga cara menyimpan atau mengunduh video atau foto di Instagram melalui aplikasi

1. InstaSave for Instagram

Aplikasi ini dapat kamu gunakan dan unduh melalui Google Play Store atau App Store. Penggunaan aplikasi ini cukup mudah tanpa repot repot lagi kamu bisa langsung mendapatkan gambar\video yang kamu mau dari Instagram.
Misalnya ada foto atau video yang ingin kamu unduh dari IG, tinggal klik tiga di bawah kolom komentar foto Instagram. Setelah itu, pilih menu copy share url jika sudah ter-copt makan langsung buka aplikasi InstaSave secara otomatis kamu bisa langsung mengunduh dan menyimpan foto video yang dicopy url-nya tadi.

2. InstaSave

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang sangat mudah, dari pada menyimpan foto dengan screenshot lebih baik menggunakan InstaSave. Walaupun namanya hampir sama dengan aplikasi diatas tetapi cara kerjanya agak sedikit berbeda dengan aplikasi sebelumnya.
Saat setelah kamu copy share url foto atau video yang kamu inginkan maka akan secara otomatis foto atau video itu bakal ter-download. Lebih efektif dan mudah banget kan?

3. Video Downloader for Instagram

Aplikasi ketiga ini hanya bisa digunakan untuk menyimpan video dari akun Instagram. Cara memakainya mudah banget! Hanya tinggal klik menu share yang ada dibalik simbol titik tiga diatas postingan.
Nah, jika sudah di klik menu share maka akan muncul banyak pilihan berbagi. Salah satunya adalah aplikasi ini. Klik langsung simbol aplikasi ini di menu share dan secara otomatis video akan tersimpan langsung pada galeri smartponemu.

4. InstaSaver for Instagram

Cara kerja aplikasi ini hampir sama dengan nomor 1 atau 2. Aplikasi ini memungkinkan kamu menyimpan semua foto dan video tanpa perlu takut ketahuan sehingga aplikasi ini bisa dibilang lebih privacy.
Seperti yang sudah disebut, cara kerja aplikasi ini lumayan gampang tapi memang agak sedikit lebih makan waktu dibanding aplikasi lainnya. Soalnya, kamu wajib melakukan penyimpanan video atau foto step by step.

 

Sumber Gambar : PixaBay