Cara Perkembangbiakan Hewan dari Ovipar, Ovovivipar, hingga Membelah Diri

Cara Perkembangbiakan Hewan dari Ovipar, Ovovivipar, hingga Membelah Diri
Cara Perkembangbiakan Hewan dari Ovipar, Ovovivipar, hingga Membelah Diri

Yuk cari tahu Cara Perkembangbiakan Hewan dari Ovipar, Ovovivipar, hingga Membelah Diri dalam artikel dibawah ini.

Perkembangbiakan atau reprodukso adalah suatu karakteristik dasar yang dialami oleh seluruh makhluk hidup di dunia tidak terkecuali dengan hewan. Biasanya hewan melakukan perkembangbiakan untuk melestarikan spesies agar terhindar dari suatu kepunahan. Pada umumnya hewan memiliki dua cara untuk melakukan perkembang biakan diantaranya adalah perkembangbiakan secara seksual atau generatif dan perkembangbiakan secara aseksual atau vegetatif. Yuk simak lebih dalam mengenai ciri ciri dari perkembangbiakan generatif dan vegetatif pada artikel berikut ini.

Perkembangbiakan Hewan

Perkembangbiakan oleh hewan memiliki dua cara yaitu secara seksual ata generatif dan secara akseksual atau vegetatif. berikut penjelasannya mengenai kedua cara perkembangbiakan tersebut.

Perkembangbiakan Generatif

Cara reproduksi hewan yang pertama adalah reproduksi seksual atau reproduksi seksual atau perkawinan. Perkembangan ini terjadi ketika sel kelamin jantan (sperma) bertemu dan membuahi sel kelamin betina (telur). Reproduksi seksual dapat dibagi menjadi tiga jenis diantaranya adalah ovipar (bertelur), vivipar (melahirkan), dan ovovivipar ( bertelur dan melahirkan).

1. Ovipar (bertelur)

Oviparitas berasal dari kata ovum yang berarti telur. Reproduksi seperti ini biasanya dilakukan oleh hewan seperti unggas, reptil dan ikan. Ada dua jenis pembuahan atau fertilisasi yaitu fertilisasi internal dan fertilisasi eksternal. Fertilisasi internal terjadi di dalam tubuh induk betina dan fertilisasi in vitro atau eksternal terjadi di luar tubuh induk. Contoh hewan ovipar diantaranya ayam, bebek, penyu, komodo dan burung. Sementara contoh hewan ovipar adalah ikan dan katak.

2. Vivipar (beranak)

Hewan yang bereproduksi secara beranak atau melahirkan disebut juga mamalia atau vivipar . Hewan induk menjadi hamil selama beberapa bulan saat embrio tumbuh dan berkembang di dalam rahim hewan betina. Contoh hewan yang berkembangbiak dengan cara vivipar dianaranya adalah anjing, kucing, kambing, sapi dan kelinci.

3. Ovovivipar (bertelur dan beranak)

Reproduksi secara Ovovivipar merupakan gabungan antara Ovipar dan Vivipar. Pembuahannya yang terjadi di dalam tubuh induk hewan, lalu Saat berada di dalam tubuh induknya, telur itu berkembang hingga menjadi hewan baru. Setelah menetas, calon anak tersebut akan dilahirkan keluar dari tubuh induk hewan. contoh hewan dengan perkembangbiakan ovovivipar adalah ikan hiu, buaya, kadal,dan beberapa jenis ular

Perkembangan Vegetatif

Selain dari perkembangbiakan secara generatif, hewan juga dapat berkembangbiak dengan cara vegetatif atau aseksual. Reproduksi vegetatif seperti ini merupakan perkembangbiakan yang terjadu tanpa adanya perkawinan. Biasanya hewan tingkat rendah yang memiliki struktur tubuh yang tidak sempurna yang menggunakan cara perkembangbiakan vegetatif tersebut. Berikut ini beberapa cara perkembangbiakan secara vegetatif.

 

1. Tunas

Tunas kecil muncul di tubuh induk hewan. Ketika sudah cukup besar, kuncup terpisah dari tubuh induknya dan membentuk individu baru. Contoh hewan yang berkembang biak dengan cara bertunas adalah polyfera dan hydra.

2. Fragmentasi

Fragmentasi merupakan salah satu cara hewan berkembang biak dengan memotong atau memutuskan bagian tubuhnya. Contoh hewan yang berkembangbiak dengan cara ini adalah Planaria dan beberapa jenis cacing.

3. Membelah diri

Yang terakhir adalah dengan cara membelah diri. Biasanya hewan yang melakukan perkembangbiakan ini adalah hewan bersel satu seperti amoeba. Proses indukan membelah diri ada dengan membagi tubuhnya menjadi dua bagian besar dengan ukuran yang sama. Kalian hanya dapat melihat perkembangbiakan ini dengan mikroskop dikarenakan ukuran amoeba sangatlah kecil sehingga membutuhkan alat untuk melihatnya.

Demikian sedikit pemaparan kami mengenai Cara Perkembangbiakan Hewan dari Ovipar, Ovovivipar, hingga Membelah Diri. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

 

Exit mobile version