Countdown Pengumuman SBMPTN 2021

SBMPTN 2021

Pengumuman SBMPTN 2021 tinggal menghitung hari. Hasil dari UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer yang dilaksanakan pada tanggal 3 dan 4 Mei 2021 menjadi pengumuman yang paling ditunggu oleh para peserta seleksi ujian SBMPTN. UTBK ini terbagi menjadi dua gelombang, gelombang pertama sudah dilaksanakan pada 12 sampai 18 April lalu dan gelombang dua yang kini tinggal menunggu hasilnya.

Pengumuman SBMPTN 2021

Kapan pengumuman SBMPTN 2021 dilaksanakan?

Bagi yang belum tahu, pengumuman SBMPTN 2021 gelombang dua akan dilaksanakan pada 14 Juni 2021 tepatnya pada pukul 15.00 WIB. Sebelum pengumuman pihak LTMPT akan mengadakan konferensi pers terkait pengumuman. Konferensi pers ini bisa diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia karena LTMPT akan mengadakan live streaming di Channel Youtube dan mengundang para wartawan via Zoom.

Kendala yang sering dialami saat pengumuman

Jaringan sibuk atau error

Sudah bukan hal baru lagi bahwa ketika waktu pengumuman SBMPTN 2021 tiba jaringan untuk akses ke halaman resmi LTMPT sibuk. Hal ini terjadi karena banyaknya peserta yang mengakses halaman tersebut secara bersamaan. Akibatnya banyak peserta yang kesulitan bahkan untuk sekedar menjangkau halaman beranda.

Bukan hal yang tidak mungkin bagi para peserta untuk membuka situs resmi LTMPT menggunakan semua gadget yang dimilikinya mulai dari smartphone, laptop, komputer dan tablet. Namun bukan hasil tercepat yang didapat justru halaman error karena berebut jaringan.

Oleh karena itu, sebelum membuka halaman pengumuman SBMPTN 2021 sebaiknya persiapkan hal-hal yang menunjang akses jaringan. Beberapa diantaranya seperti media elektronik yang sebaiknya cukup satu saja agar tidak berebut jaringan, modem atau data seluler atau akses Wi-Fi. Pastikan berada di tempat yang memiliki jaringan bagus.

Halaman tidak bisa dibuka

Selain jaringan, kendala yang sering muncul berikutnya adalah halaman yang tidak bisa dibuka. Pasalnya halaman tersebut diakses seluruh peserta seleksi SBMPTN di seluruh Indonesia yang mana jumlahnya tidak bisa dikatakan sedikit. Masalah ini sangat sering terjadi saat pengumuman hasil seleksi UTBK SBMPTN tiba.

Penyebab halaman tidak bisa dibuka ini juga cukup beragam. Selain banyak yang mengakses dalam waktu bersamaan, jaringan internet lambat atau berada di daerah dengan koneksi kurang memadai. Oleh sebab itu, penting mengetahui kendalanya agar bisa masalah tersebut bisa diatasi.

Salah satu solusi yang bisa dilakukan jika halaman tidak bisa dibuka yaitu mencari alternatif website lain. Namun perlu diketahui, website yang dimaksud bukan sembarangan karena website tersebut merupakan rekomendasi resmi yang sudah disetujui oleh pihak berwenang.

Setidaknya ada 12 link mirror atau link alternatif untuk melihat hasil pengumuman SBMPTN 2021 yang bisa diakses oleh peserta karena sudah disediakan oleh LTMPT. Jadi, peserta bisa membuka link resmi terlebih dahulu dan mempersiapkan situs mirror tersebut jika situs resmi tidak bisa dibuka.

Tidak mampu menerima hasil

Sebenarnya kendala satu ini cukup sepele, karena terlepas tidaknya hasil pengumuman SBMPTN tergantung dengan masing-masing peserta. Dalam pengumuman ini hanya ada dua kemungkinan antara lolos atau tidak.

Bagi peserta yang berhasil, sudah sepatunya berbahagia karena mampu melewati proses seleksi dan persaingan ketat dengan seluruh peserta di tanah air. Sebaliknya, bagi peserta yang gagal harus menerimanya dengan lapang dada. Namun tidak sedikit peserta yang tidak bisa menerima hasil jika mereka tidak lolos.

Cara Cek Pengumuman SBMPTN 2021

Pengumuman SBMPTN 2021 ini bisa diakses di seluruh browser mulai dari chrome, mozilla dan google. Sementara itu, link pengumuman akan dibagikan secara online lewat situs resmi LTMPT yaitu di ltmpt.ac.id di hari H yaitu tanggal 14 Juni 2021. Adapun cara mengecek hasil SBMPTN 2021 yakni sebagai berikut:

  1. Buka browser dan masuk ke halaman resmi ltmpt.ac.id atau bisa juga di halaman mirror lain yang sudah disediakan.
  2.  Kemudian peserta harus memasukkan beberapa digit nomor peserta disertai dengan tanggal lahir peserta secara lengkap.
  3. Jika sudah, isi data diri di kolom yang sudah disediakan dengan sebenar-benarnya.
  4. Lalu masukkan kode Captcha pada halaman tersebut dengan benar dan klik “Lihat Hasil” atau “Cari”

Peserta akan dialihkan ke halaman yang dituju dimana hasil pengumuman SBMPTN 2021 ditampilkan. Pada halaman tersebut, peserta bisa membaca informasi yang tertera apakah ia berhasil atau justru sebaliknya.

Bagi peserta yang berhasil, akan diminta untuk melakukan proses registrasi di PTN terkait dengan memenuhi persyaratan yang dikeluarkan oleh masing-masing PTN. Sementara itu, bagi peserta yang tidak lolos bisa mencetak sertifikat bukti tidak lolos UTBK SBMPTN untuk pendaftaran jalur mandiri PTN yang dituju.

Itulah informasi seputar pengumuman SBMPTN 2021 yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Juni 2021 dengan cara cek yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Untuk sementara ini peserta diharapkan bersabar menunggu hari pengumuman tiba.

Exit mobile version