Kebijakan Penulisan

1. Aturan

Dengan mengakses website https://www.sainsologi.com/, kamu setuju dan terikat dengan aturan yang berlaku sesuai hukum di Republik Indonesia dan sepenuhnya bertanggung jawab atas kebijakan tertulis yang tertera di halaman ini.

2. Lisensi

  1. Pembaca diizinkan untuk menyalin dan menempel tulisan-tulisan yang ada di Sainsologi hanya untuk kegunaan personal dan bukan untuk komersial.
  2. Karya berupa gambar, ilustrasi, desain, poster, dll., yang anda temukan diyakini berada dalam public domain berlisensi CC0 (bebas untuk dipakai, dimodifikasi, diedit baik itu secara personal maupun komersial). Adanya lisensi selain ‘domain publik‘ mewajibkan individu untuk memberikan atribusi, misal © Wikimedia Commons CC-BY-SA-3.0 (bisa dibaca dalam laman https://creativecommons.org/faq/), selanjutnya menjadi tanggung jawab pengguna.

3. Penafian

  1. Material yang ada dalam Sainsologi berupa karya-karya dan tulisan-tulisan menjadi tanggungjawab penulis. Adanya pelanggaran dalam penggunaan yang tidak seharusnya, bukan menjadi tanggungjawab pihak Sainsologi.
  2. Isi dari artikel sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
  3. Hak cipta dari artikel menjadi milik dari Sainsologi dan penulis. Sainsologi dan/atau penulis berhak untuk menyebarkan artikel yang telah dipublikasi ke jejaring sosial dan/atau ‘media lain’ yang tidak disebutkan baik itu untuk tujuan komersial maupun nonkomersial.
  4. Sainsologi tidak bisa menjamin atau merepresentasikan terkait akurasi atau keandalan artikel-artikel dan situs lain yang terhubung dengan https://www.sainsologi.com/.
  5. Hak intelektual, hak artistik, dan hak cipta yang sah dari material yang telah dipublikasikan oleh penulis dapat dihapus apabila dinilai melanggar kesahihan pemilik hak cipta.
  6. Keabsahan aturan berlaku untuk semua, termasuk penulis dan administrator.
  7. Apabila ditemukan kesalahan dalam format penulisan yang tidak sesuai kaidah kebahasaan, atau kesalahan dalam bentuk tulisan berupa saltik dan kalimat tidak lengkap, maka akan dikembalikan ke draf oleh Sainsologi untuk kemudian disempurnakan dan/atau dihapus secara permanen. Hal ini juga berlaku untuk artikel yang keliru dari segi ilmiah.

4. Akurasi

Material yang ada dalam website Sainsologi bisa saja terkandung kesalahan teknis, tipografi, dan gambar. Sainsologi dan/atau penulis dapat saja mengubah material sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan untuk disempurnakan apabila ditemukan kesalahan.

5. Pranala

Dalam suatu artikel bisa saja terdapat satu atau lebih pranala luar yang menghubungkan pembaca ke situs lain. Perlu diingat bahwa Sainsologi tidak bertanggung jawab atas kerusakan properti atau hak atau penggunaan yang disebabkan oleh situs di luar dari https://www.sainsologi.com/.

Pranala yang merujuk pada publikasi jurnal ilmiah seperti Nature, Nature Communications, PNAS, Science, Science Advances, Scientific Reports, ACS, RSC, atau jurnal-jurnal di bawah sciencedirect, wiley, springer, dan taylor and francais digunakan untuk kegunaan edukasi dan aman untuk dibaca pengguna.