Kritik – Pengertian, Fungsi, Seni, Tahapan, Jenis, Contoh

Kritik adalah celaan maupun kecaman atau juga sebuah kondisi perilaku atau yang kita kira menyimpang hingga tak benar. Misalnya keadaan jalan yang sering macet.

Definisi Kritik

Secara umum kritik seni adalah aktivitas menyikapi karya seni. Bedanya cuma fokus dari kritik seni yang memiliki tujuan dalam memperlihatkan kelebihan maupun juga kekurangan sebuah seni guna memperlihatkan kualitas dari suatu karya.

  • Memperbaiki kualitas apresiasi hingga pemahaman 
  • Memperbaiki kualitas proses maupun juga hasil karya
  • Pengaruh terhadap ekonomis maupun nilai harga pada karya seni

Fungsi Kritik

  • Penghubung persepsi maupun apresiasi artistik maupun juga estetik karya di tengah pencipta hingga perupa kemudian penikmat seni.
  • Untuk perupa : Meneliti kelemahan, mengulik kedalaman maupun mencari kekurangan pada suatu karya
  • Untuk apresiator maupun penikmat : membantu mengerti hingga memberi pengetahuan hingga wawasan mengenai seni.

Jenis dari Kritik

Kritik yang popular 

Cuma pengenalan maupun publikasi karya untuk konsumsi massa maupun umum maka tak menekan unsur maupun memakai tata bahasa yang mudah dimengerti orang awam.

Kritik Keilmuan 

Guna penilaian maupun menanggapi suatu karya. Pada dasarnya disampaikan para kritikus yang telah teruji, menyesuaikan dengan kaidah maupun metodologi kritik dari segi akademis hingga dijadikan referensi untuk para kolektor maupun juga kurator institusi seperti halnya museum hingga galeri yang menawarkan karya.

Kritik Pendidikan

Guna mengangkat maupun meningkatkan kesadaran artistik hingga estetika subjek dari pembelajaran seni. Umum dipakai dalam lembaga pendidikan apalagi untuk meningkatkan kualitas dari suatu karya seni yang diperoleh peserta didiknya pada sekolah dengan penyelenggaraan dari mata pelajaran seperti seni budaya.

Kritik Jurnalistik

Hasil tanggapan disebarkan dengan terbuka pada media massa secara khusus lewat surat kabar dan cepat menyadarkan persepsi masyarakat.

Sesuai titik tolok maupun landasan yakni : Kritik formalistik (sesuai unsur fisik maupun juga rupa), ekspresionisme (kualitas perasaan, gagasan, kesesuaian pada judul, tema, isi maupun juga visualisasi objek rupa) kemudian instrumentalistik (sesuai tujuan religius, moral, politik hingga psikologi maka disesuaikan pada jenis maupun tujuan pembuatan karya).

Langkah Kritik

  • Mendeskripsikan

        mencari, mencatat atau menggambarkan segala sesuatu yang ditinjau dari apa adanya dan tak berusaha menarik kesimpulan          tentu perlu mengetahui istilah teknis secara umum dipakaikan

  • Menganalisis

         menganalisis sesuai struktur seni

  • Menafsirkan 

        menafsirkan maksud yang meliputi simbol, tema, dan masalah yang diutamakan, sangat dikuasai oleh sudut pandang maupun          juga wawasan.

  • Menilai

        Kritik adalah celaan maupun kecaman atau sebuah kondisi perilaku atau yang kita kira menyimpang hingga tak benar.                      Misalnya  keadaan jalan yang senantiasa macet. Oleh sebab itu kita mengkritiknya untuk kecaman dari ketidakdisiplinan para            pemakai jalan. Kritik biaa juga bermakna anggapan maupun bahan pertimbangan atas baik hingga buruknya sebuah  karya.

Tutorial Kritik Berkualiatas

  • Kritik diberikan dalam memperbaiki pendapat maupun jiga perilaku seseorang dan tidak didasarkan pada kebencian dengan orangnya.
  • Ikutkan alasan maupun bukti-bukti yang kuat hingga menyakinkan maka orang itu tahu letak kesalahannya.
  • Berbincanglah dengan efektif, inti dari permasalahan tetap bisa dicerna dengan mudah dari orang yang akan kritik.
  • Pilihlah ucapan yang tak menyinggung perasaan, sehingga carilah kata-kata yang tidak menyakiti hati dan bijaksana namun tetap tak mengurangi nilai kritiknya.

Bentuk Tanggapan Kritik

Contoh tanggapan untuk kritik dengan memakai cara-cara yang benar. Permasalahan kemacetan di Jakarta memang telah berlangsung lama, namun usaha pemerintah dalam mengatasinya tidak ada. Buktinya dari waktu ke waktu tetap saja kondisinya demikian.

Padahal jika pemerintah benar-benar memiliki kepedulian, masalah itu bisa diatasi dengan berkaca pada pengalaman di negeri lain yang sudah berhasil memberantas masalah yang serupa.

Bukti Bentuk dari Tanggapan Kritik

Untuk bukti pada bentuk tanggapan kritik bisa memakai cara-cara yang tepat yaitu :

  • Permasalahan 

         Yang Dikritik tidak pedulinya pemerintah dalam mengatasi kemacetan dari jalur lalu lintas.

  • Alasan
    Masalah kemacetan telah ada sejak lama, namun belum ada usaha pemerintah dalam mengatasinya.
  • Solusi
    Pemerintah perlu memiliki kepedulian dengan berkaca dengan pengalaman pada negara lain.

 

Sumber gambar: pexels free images