Makna Persatuan dan Kesatuan

Indonesia merupakan bangsa yang besar dimana terdiri dari jutaan penduduk yang memiliki latar belakang yang berbeda baik dari suku, bangsa, bahasa serta budaya yang berbeda. Keberagaman yang ada ini harus dijaga dan dipertahankan demi tercapainya persatuan dan kesatuan bangsa. 

Indonesia mencapai kemerdekaan bukan semata-mata karena pemberian dari bangsa lain, melainkan karena tekad dan rasa persatuan yang kuat dari seluruh bangsa Indonesia. 

Makna Persatuan dan Kesatuan

Persatuan berasal dari kata 'satu' yang berarti utuh dan tidak terpecah-belah. Secara luas kata ini berarti berkumpulnya beragam corak dari berbagai kalangan, ras, budaya, serta adat istiadat dalam masyarakat yang bersatu dengan serasi. 

Sedangkan, kesatuan merupakan hasil dari persatuan yang telah menjadi utuh demi terhindar dari disintegrasi atau keadaan tidak bersatu padu. 

Makna persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia merujuk pada prinsip negara. Kata persatuan dan kesatuan ini berasal dari kata “satu”, yang berarti utuh atau tidak terpecah-belah. Memahami arti penting persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia, membuat negara dapat terhindar dari konflik dan perpecahan.

Persatuan dan kesatuan juga sangat penting untuk mempertahakan kedaulatan dan kemerdekaan bangsa. Makna persatuan dan kesatuan bagi Bangsa Indonesia juga melambangkan terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. NKRI terbentuk atas persatuan dan kesatuan atas persamaan nasib, budaya, wilayah, serta prinsip-prinsip yang ada.

Seperti yang kita ketahui bahwa persatuan dan kesatuan juga sudah ditekankan secara jelas dalam Pancasila sila ke-3. Sila yang berbunyi ‘Persatuan Indonesia’ memiliki arti bahwa bangsa Indonesia harus terus menerapkan persatuan dan kesatuan untuk tetap bisa bertahan sebagai sebuah negara yang merdeka.

Indonesia adalah sebuah negara yang terdiri dari 16.056 kepulauan, 1.340 suku dan 270 juta penduduk. Tentunya bukan hal yang mudah untuk menjaga kerukunan dan kesatuannya, oleh karena itu dibuatlah Pancasila sebagai dasar kita untuk bernegara. 

Manfaat Persatuan dan Kesatuan 

Pada saat nilai-nilai persatuan dan kesatuan ini diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, kita akan menuai sejumlah manfaat yang dapat dinikmati bersama. Berikut beberapa manfaat dari terciptanya persatuan dan kesatuan:

  1. Terciptanya kerukunan di tengah perbedaan yang begitu besar dan beraneka ragam di Indonesia. 
  2. Memudahkan bangsa Indonesia untuk berkembang menjadi bangsa yang lebih baik dan maju. 
  3. Nilai persatuan dan kesatuan akan menghadirkan suasana aman, damai, dan tenteram bagi rakyat Indonesia.
  4. Membantu meminimalisir timbulnya gangguan yang muncul baik dari dalam maupun dari luar.
  5. Memberi kemudahan bagi bangsa Indonesia untuk mencapai tujuan negara. 

Contoh Persatuan dan Kesatuan dalam Kehidupan Sehari-hari 

Berikut adalah beberapa contoh sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-sehari:

  1. Menghargai hak dan pendapat  yang diberikan masing-masing individu serta saling menjaga dan menyanyangi sesama warga Indonesia. 
  2. Menjaga kerukunan yang sudah terbangun sebelumnya, artinya sebisa mungkin berusaha untuk tidak menimbulkan pertikaian baik dalam lingkungan keluarga maupun lingkungan di tempat sekitar tempat tinggal.
  3. Selalu berusaha membantu orang lain yang membutuhkan bantuan tanpa mengharapkan imbalan. 
  4. Selalu menjaga perilaku dan cara bicara sesuai dengan tata krama yang ada, hal ini bertujuan untuk mencegah ada orang yang sakit hati karena perkataan dan perilaku yang dilakukan. 
  5. Saling bergotong royong untuk tetap menjaga keutuhan negara Indonesia. 
  6. Aktif dalam memberikan kontribusi positif dimanapun Anda berada. 

Dari pembahasan mengenai persatuan dan kesatuan di atas dapat disimpulkan bahwa sebagai bangsa Indonesia kita harus saling bahu-membahu dalam penerapan konsep persatuan dan kesatuan. Hal ini bertujuan untuk terwujudnya keamanan dan kenyamanan di seluruh daerah Indoensia. Sekian artikel ini, semoga dapat membantu serta bermanfaat untuk Anda.