Materi Lengkap Besaran Fisika dan Satuannya Kelas 7

Besaran Fisika dan Satuannya – Dalam kehidupan sehari-hari, Anda pasti sering menjumpai berbagai kegiatan yang berhubungan dengan pengukuran. Seperti pedagang sembako menimbang massa barang dagangannya untuk dijual eceran. Penjual kain mengukur panjang kain menggunakan meteran kain. Pembeli yang melihat jam tangannya sewaktu pulang dari pasar. pengukuran massa, panjang, dan waktu termasuk dalam besaran fisika.

Karena penerapan besaran dalam kehidupan sehari-hari selalu berhubungan dengan pengamatan dan pengukuran. Maka sangat penting untuk Anda mempelajari pengukuran tersebut dengan baik.

Besaran Fisika dan Satuannya

1. Arti Besaran Fisika, Besaran Pokok, dan Besaran Turunan

Besaran fisika adalah suatu ukuran fisik dari sebuah benda yang dapat dinyatakan dengan angka atau secara kuantitas. Jenis besaran ini dibedakan menjadi dua, yaitu besaran pokok dan juga besaran turunan.

Besaran pokok sendiri merupakan besaran yang sebelumnya telah ditetapkan. Sedangkan besaran turunan adalah besaran yang dijabarkan dari besaran pokok. Pada prinsipnya sistem satuan dalam besaran fisika memiliki sifat yang tetap, universal, dan dapat digunakan dengan mudah. Salah satu contoh dari besaran fisika adalah waktu.

Untuk sistem satuan yang diterapkan dalam dunia pengetahuan dan pendidikan disebut dengan sistem metrik yang dibedakan menjadi sistem metrik besar atau disebut juga dengan MKS yaitu Meter Kilogram Second yang dalam sistem satuan internasional disebut dengan SI.

Selain MKS ada juga sistem metrik kecil atau CGS yaitu Centimeter Gram Second. Untuk satuan besaran pokok maupun besaran turunan dapat dilihat pada tabel berikut:

Tabel 1. Satuan Besaran Pokok dalam Sistem Metrik

No.Besaran PokokSatuan SISingkatanSatuan CGSsingkatan
1PanjangMetermCentimetercm
2MassaKilogramkgGramg
3WaktuDetiksDetiks
4SuhuKelvinKKelvinK
5Kuat arus listrikAmpereAStat amperestatA
6Intensitas cahayaCandelaCdCandelaCd
7Jumlah zatKilo molkmolmolmol

Selain dari tujuh besaran pokok yang sudah disebutkan di atas, terdapat dua besaran pokok temabahan yaitu sudut ruang dengan satuan steradian (sr) dan sudut bidang datar dengan satuan radian (rad).

Tabel 2. Besaran

No.Besaran TurunanPenjabaran dari Besaran PokokSatuan (MKS)
1LuasPanjang x Lebarm2
2VolumePanjang x Lebar x Tinggim3
3Massa jenisMassa : Volumekg/m3
4KecepatanPerpindahan : Waktum/s
5PersepatanKecepatan : Waktum/s2
6GayaMassa x PercepatanN = kg.m/s2
7UsahaGaya x PerpindahanJ = kg.m2/s2
8DayaUsaha : WaktuW = kg.m2/s3
9TekananGaya : LuasPa = N/m2
10MomentumMassa x Kecepatankg.m/s

2. Mengonversi Satuan Panjang, Massa, serta Waktu

Ukuran dari setiap besaran pasti memiliki satuan yang sesuai. Karena satuan yang digunakan dari suatu besaran harus sesuai, apabila tidak tepat makan akan menimbulkan kesan yang janggal.

Contohnya seseorang yang menyebutkan tinggi badannya 1700C, orang lain yang mendengarkan ini kemungkinan besar akan tersenyum atau bahkan tertawa karena hal tersebut salah.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa hasil dari suatu pengukuran belum tentu dinyatakan menggunakan satuan yang pas sesuai keinginan. Misalnya, suatu meja memiliki panjang 2 m padahal yang dibutuhkan dalam satuan cm. Atau satuan kilogram padahal yang dibutuhkan adalah satuan gram.

Untuk mengubah atau mengonversi dari satu satuan ke satuan yang lain dibutuhkan tangga konversi. Untuk setiap tangga konversi panjang, massa, serta waktu memiliki langkah-langkah tersendiri.

Untuk ukuran kilometer hingga milimeter setiap naik tangga dibagi 10 dan setiap turun tangga dikali 10. Untuk ukuran kilometer kuadrat hingga milimeter kuadrat setiap naik tangga dibagi 100 dan setiap turun tangga dikali 100. Untuk ukuran kilometer kubik hingga milimeter kubik setiap turun tangga dikali 1000 dan setiap turun tangga dikali 1000.

Gambar 1. Untuk ukuran panjang

Gambar 2. Untuk ukuran luas

Gambar 3. Untuk ukuran volume

3. Awalan Satuan serta Sistem Satuan di Luar Sistem Metrik

Selaian sistem metrik, dalam kehidupan sehari-hari dikenal satuan lain yang juga sering digunakan seperti ton, ons, inci, yard, liter, mil, serta feet. Satuan tersebut dapat diubah atau dikonversi dalam satuan sistem metrik dengan patokan yang telah ditetapkan.

Untuk konversi panjang bisa menggunakan acuan:

– 1 mil = 1760 yard

Untuk 1 yard sejauh jarak antara pundak orang dewasa hingga ujung jari tangan.

– 1 yard = 3 feet

Untuk 1 feet merupakan jarak antara tumit orang dewasa hingga ujung jari kaki.

– 1 feet = 12 inci

Untuk 1 inci yaitu lebar maksimal dari ibu jari orang dewasa.

– 1 inci = 2,54 cm

– 1 cm = 0,01 m

Mil, inci, feet, yard adalah satuan yang dinamakan dengan satuan sistem inggris. Untuk suatu besaran massa berlaku juga untuk sistem konversi yang di dapatkan dari satuan yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari atau dari sistem inggris ke dalam sistem SI.

Exit mobile version