Nama Rumah Adat Tradisional di Pulau Jawa Paling Terkenal

Rumah Adat di Pulau Jawa

Rumah adat secara tradisional yang ada di Indonesia memang banyak dan berbagai macam. sehingga ini masuk kepada nilai-nilai budaya Indonesia yang sangat kaya dan memang sepatutnya kita yang merupakan penerus perlu menjaga hingga melestarikan bersama.

Sebagai masyarakat Indonesia kita sepatutnya perlu untuk bersyukur karena kekayaan yang kita punya. Tidak cuma kaya dengan sumber daya pada alamnya, kekayaan yang terdapat pada budaya Indonesia tentu sudah tak perlu diragukan lagi dan telah diakui oleh dunia. Satu diantara bentuk dari kekayaan pada Budaya  Indonesia yakni rumah adat. Setiap daerah mempunyai rumah adatnya sendiri-sendiri. Rumah yang merupakan adat jawa dan memiliki ciri khasnya yang sangat menarik bila dipelajari. Rumah adat jawa secara umum adalah rumah yang dibangun oleh masyarakat yang menetap di daerah jawa tengah hingga jawa timur.

Arsitektur pada rumah adat jawa mempunyai peraturan yang hierarki sehingga cenderung seperti yang tergambar pada rupa atap rumah. Masing-masing dari rumah adat jawa mempunyai penataan yang sama. Akan tetapi, bentuk atap ditetapkan oleh status sosial maupun juga ekonomi pada pemilik rumah. Proses pembangunan rumah adat jawa juga tak boleh sembarangan. Sebab, terdapat di-peteng atau diperhitungkan lebih dahulu sebelum mendirikan rumah. Arah, posisi pintu, Letak, bentuk kerangka, ukuran dari pendirian perlu diperhitungkan terlebih dahulu. Dengan perkembangannya, rupa dari rumah adat jawa diadaptasi oleh kemajuan zaman. Sesuai tinjauan pada perkembangan atapnya, maka rumah adat jawa memiliki perbedaan yang menjadi lima macam, yakni Joglo, bentuk dari rumah Panggang Pe, Tajug Limasan, dan Kampung

Salah satu pulau yang terdapat di Indonesia yaitu pada Pulau Jawa ada rumah adat daerah yang memang sangat dikenal secara luas oleh masyarakat dan inilah ulasan singkat tentang nama rumah adat yang sangat terkenal yang terdapat di pulau Jawa. Silahkan untuk menyimak pembahasannya baik-baik berikut ini.

Daftar Rumah Adat Jawa

  • Rumah Baduy

        Rumah Badui adalah rumah adat secara tradisional yang berasal dari Provinsi Banten. Rumah adat dari daerah seperti ini bisa kita jumpai pada daerah kanekes atau di Kabupaten Lebak. Hal ini adalah daerah yang dimana tempat masyarakat Baduy tinggal.

  • Rumah Joglo Jogja

        Rumah Joglo Jogja yang merupakan Joglo adalah rumah adat yang terdapat di daerah Jawa termasuk juga yang berada di daerah Yogyakarta. Akan tetapi, tentunya rumah adat yang berada di daerah Jogja Jawa Tengah maupun yang ada di Jawa Timur pastinya terdapat perbedaannya.

  • Rumah Joglo di Jawa Tengah

        Rumah Joglo Jawa Tengah adalah rumah adat yang sangat terkenal yang ada di kalangan masyarakat, rumah adat tersebut seringkali dipahami dengan tingginya status sosial dari para pemiliknya yang terdapat pada kalangan masyarakat.

  • Rumah Joglo yang terdapat di Jawa Timur

        Rumah Joglo yang terdapat di Jawa Timur seperti halnya yang ada di Provinsi Yogyakarta hingga pulau Jawa Tengah, Jawa Timur juga memiliki rumah adat yang dikenal dengan Joglo. Rumah ini telah banyak kita temui di daerah Pulau seperti Madura.

  • Rumah Kasepuhan

        Rumah Kesepuhan tersebut adalah rumah adat yang ada di daerah yang berasal dari Provinsi Jawa Barat. Adat seperti itu memang jarang dijumpai di daerah perkotaan jika di pedesaan dalam jumlah rumah tradisional ini tetap banyak kita temui.

  • Rumah Kebaya

       Rumah Kebaya ini adalah rumah adat tradisional yang berasa dari daerah yang merupakan ibukota Indonesia yakni Jakarta. Salah satu dari ciri khasnya adalah teras yang terdapat di depan rumah yang sangat luas yang bisa dipakaikan sebagai tempat berkumpul.

Pada dasarnya secara umum tentu rumah adat yang terdapat di Pulau Jawa ini tidak terlihat berbeda. Akan tetapi, jika kita teliti secara detail maka akan ada  perbedaannya walaupun tak terlalu signifikan.

 

Sumber Gambar: Pexels Free Images