Pentingnya Menggunakan Jasa Anti Rayap

Ilustrasi Rayap

Mungkin anda pernah mengalami pengalaman yang tidak enak ini, yaitu bila mempunyai rumah atau furniture dalam rumah dengan bahan kayu. Bagian dari rumah yang sering terkena masalah ini adalah kusen pintu dan jendela, lalu kalau furniture suka ada di kursi atau meja. Masalah yang dihadapi yaitu serangan dari hama yang merusak konstruksi dari benda berbahan kayu di rumah kita. Hewan tersebut membuat sarang atau tempat untuk berkembang biak di dalam kayu dan kemudian mengeluarkan sisa-sisa kayu yang berbentuk serbuk atau patahan kayu sehingga membuat rusak konstruksi dan estetik dari kayu yang ditempatinya.

Hewan yang membuat kerusakan pada benda berbahan kayu di rumah kita tersebut adalah rayap. Secara kasat mata bentuk dari rayap ini seperti beras, warnanya putih cenderung transparan mempunyai kaki dan kepala kecil seperti semut. Ukurannya lebih kecil dari bulir beras, namun mempunyai kecepatan untuk berjalan yang cukup cepat. Tempat yang agak lembab lebih disukai oleh rayap dibandingkan tempat yang kering, namun rayap tidak jarang ditemui juga pada benda berbahan kayu yang kering, misalnya kusen dari pintu yang berada di depan rumah meskipun kering karena terkena sinar matahari tetapi rayap tetap bisa merusaknya.

Kesulitan bagi orang awam untuk mengatasi rayap adalah kemampuan rayap untuk berpindah dari satu titik ke titik yang lain, misalkan kita menemukan rakyat lalu disemprot menggunakan cairan pembasmi serangga yang biasanya digunakan untuk menyemprot nyamuk dan kecoa maka hanya bertahan beberapa hari saja kemudian kembali lagi, atau kau berpindah ke lokasi yang lain sehingga benda yang yang rusak menjadi bertambah banyak sehingga seringkali untuk menyelesaikannya harus menggunakan jasa anti rayap.

Elemen penting dari sebuah rumah seperti tiang dan perabotan kayu dapat sewaktu-waktu roboh dan mengancam keselamatan, terkadang kayu yang masih terlihat bagus dari luar ternyata isinya bisa habis dimakan oleh rayap. Rayap bertahan hidup dan berkembang biak dengan memakan selulosa atau gula kayu, maka tidak mengherankan kalau rayap menggerogoti kayu untuk mendapatkan zat selulosa yang ada di dalamnya. Apabila rayap telah memakan zat selulosa dari kayu kemudian akan membuang sisa kayu berupa serbuk keluar dari kayu yang dimakannya.

Tanda-tanda rumah yang yang terdapat hama rayap dan hama kayu lainnya di rumah biasanya di sekitar furniture atau benda berbahan kayu akan terdapat serbuk kayu halus yang terjatuh di bagian bawahnya, pada benda berbahan kayu tersebut dapat dipastikan pasti ada lubangnya untuk tempat dia masuk dan mengeluarkan sisa kayu. Terkadang juga bisa didengar bunyi kresek-kresek kecil apabila menempelkan telinga ke ke benda yang berbahan kayu dengan gejala seperti yang disebutkan di atas.

Biasanya dari kayu yang yang terdengar ada suara seperti itu akan didapatkan esok harinya kerikil kerikil atau serbuk serbuk kayu yang semakin lama semakin bertambah banyak, itu merupakan hasil sintesis kayu dari perut rayap. Maka dapat juga disebut sebagai kotoran rayap atau bahasa ilmiahnya adalah frass. Begitulah rayap menghancurkan kayu pada furniture dan komponen penting lainnya dari terbangunnya sebuah rumah. Tentunya jangan sampai membiarkan rumah menjadi lebih cepat rusak, karena perbaikan rumah itu sangat mahal dan prosesnya menimbulkan suara bising di rumah.

Kerusakan yang Dapat Dicegah oleh Jasa Anti Rayap

Kita harus mencegah terjadinya kerusakan oleh rayap, karena bila kayu sudah rusak dihancurkan dari dalam oleh rayap maka tidak bisa diperbaiki melainkan harus diganti. Hal pertama yang mungkin akan terasa sangat merugikan adalah penampilan dari benda berbahan kayu tersebut, bila dibiarkan akan terdapat banyak lubang-lubang dan juga keropos yang bahkan dapat hancur bila ditekan dengan jari. Lubang yang tercipta karena keropos tersebut sangat merusak penampilan dari benda berbahan kayu di rumah.

Kemudian kerusakan yang lebih parah lagi yaitu rusaknya konstruksi yang sampai menghilangkan fungsi dari benda berbahan kayu, misalnya pintu yang yang yang tempat engsel menempel sudah hancur sehingga pintu sulit dibuka maupun ditutup. Bisa juga terjadi pada meja dan kursi, akan menjadi berbahaya bila kerusakan keropos tadi terjadi di dekat sambungan antara kaki-kaki furniture, bisa membuat furniture tidak dapat menahan beban sehingga akan terjatuh saat diduduki atau dipakai menaruh barang.

Masalah akan sering terjadi juga pada perabotan di rumah yang menggunakan bahan dengan jenis kayu yang memang sering menjadi sasaran makan oleh rayap. Kekhawatiran akan berkurang apabila bahan yang digunakan merupakan dari jenis pohon jati yang sudah tua atau bahan kayu besi dari Kalimantan yang memang sudah terbukti sejak dahulu bukankah salah sasaran makan oleh rayap. Lemari pakaian dari kayu yang sudah digerogoti oleh rayap akan mengotori pakaian yang disimpan di dalamnya, barang berharga yang disimpan dalam lemari juga bisa ikut rusak karena sekarang sudah menjadi kotor dan lembab atau tidak kering lagi.

Apabila rumah kita tidak dibangun dengan treatment kimia terhadap bahan penyangga kayu bahkan bisa lebih berbahaya lagi. Kaso-kaso rumah dengan bahan kayu yang tanpa melewati treatment kimia supaya tidak dimakan kayunya oleh rayap akan menghadapi resiko tinggi untuk ambruk karena akhirnya sudah terlalu keropos sehingga tidak kuat menahan beban genting. Jadi apabila anda tidak mengetahui secara pasti apakah rumah yang anda beli sudah melakukan persiapan terlebih dahulu dari serangan rayap, maka ada baiknya untuk menyewa profesional dibidang hama kayu atau jasa anti rayap untuk memeriksa kondisi konstruksi rumah. Kaso-kaso rumah seharusnya direndam dahulu di cairan anti rayap saat pembangunan rumah, rumah juga seharusnya mempunyai saluran pipa yang bisa diisi cairan anti rayap yang mengalir di bawah tanah. Saran terbaik tentunya adalah menghubungi jasa anti rayap untuk melakukan pemeriksaan kondisi benda yang berbahan kayu dan mendiskusikan perbaikan yang dapat dilakukan untuk mencegah dan menghilangkan rayap untuk jangka panjang.

Rekomendasi Jasa Anti Rayap Berpengalaman

Untuk memilih jasa anti rayap juga harus menggunakan perusahaan yang sudah berpengalaman dan banyak yang sudah terbantu dan selesai masalah rayap yang ada di rumahnya. Salah satu rekomendasi yaitu fumida.co.id yang merupakan perusahaan pengendalian hama yang benar-benar sudah mempunyai izin beroperasi, telah berpengalaman sebagai jasa anti rayap dan berbagai hama yang biasa ada di rumah. Juga bukan perusahaan yang yang abal-abal karena juga tergabung di asosiasi perusahaan pengendalian hama Indonesia. Pelatihan terhadap pekerja yang akan turun ke lapangan selalu dilakukan dengan baik, sehingga jasa anti rayap ini terkenal berhasil menghilangkan masalah rayap di rumah. Namun fumida.co.id juga tidak lupa untuk bertanggung jawab menciptakan rumah yang tetap sehat untuk manusia, dan tidak memberi dampak buruk terhadap lingkungan.

Exit mobile version