Proses Metamorfosis pada Kupu-kupu

Metamorfosis merupakan perubahan bentuk yang dialami oleh makhluk hidup, sebagian besar hewan mengalami proses ini sebagai tahap pertumbuhan dan perkembangan mereka. Proses ini dapat mengubah seluruh organ pada hewan seperti halnya jumlah kaki, cara makan, serta pernapasannya.

Metamorfosis terbagi menjadi dua yaitu sempurna dan tidak sempurna. Metamorfosis sempurna memiliki empat tahap yaitu telur, larva (ulat), pupa (kepompong) dan bentuk dewasa, sedangkan metamorfosis tidak sempurna hanya terdiri dari tiga tahap yaitu telur, larva selanjutnya bentuk dewasa. 

Kupu-kupu merupakan hewan yang mengalami proses metamorfosis sempurna dimana terdapat perubahan bentuk tubuh yang sangat signifikan saat lahir hingga dewasa. 

Tahapan Proses Metamorfosis Pada Kupu-Kupu

Berikut ini terdapat beberapa tahapan proses metamorfosis pada kupu-kupu, antara lain sebagai berikut:

RajaBackLink.com

1. Proses Telur

Siklus hidup kupu-kupu diawali dengan  telur kecil berbentuk bulat, lonjong dan silinder yang biasa terdapat pada daun tumbuhan. Seekor kupu-kupu dapat menghasilkan sekitar 30-200 butir telur dengan ukuran 1-2 mm per masing-masing telurnya. Setelah 3-5 hari maka telur kupu-kupu akan menetas menjadi larva atau ulat. 

2. Proses Larva (Ulat)

Setelah menetas larva akan berjalan ke pinggir daun tumbuhan inangnya dan mulai memakannya. Namun, sebagian larva akan mengkonsumsi cangkang telurnya sebagai makanan pertama mereka. 

Kulit luar dari larva tidak meregang mengikuti pertumbuhannya, namun saat saat kulit sudah terlalu ketat maka larva akan berganti kulit yang baru atau biasanya disebut Molting. Larva mengalami 4-6 kali pergantian kulit dalam masa ini, periode antara pergantian kulit larva disebut dengan instar. 

Larva kupu-kupu memiliki berntuk yang sangat bervariasi namun sebagian besar memiliki bentuk silinder, secara fisik larva kupu-kupu memiliki rambut, duri, tuberkel atau filamen

Saat larva telah mencapai masa pertumbuhan maksimal, maka ia akan berhenti makan. Larva akan mulai berjalan untuk mencari tempat perlindungan serta melekatkan diri pada ujung ranting atau daun menggunakan anyaman benang. Pada masa ini larva telah masuk pada prepupa dan melepaskan kulit terakhir kali untuk membentuk pupa. 

3. Proses Pupa (Kepompong)

Fase selanjutnya adalah pupa atau masa istirahat dimana larva tadi tidak akan bergerak selama beberapa waktu serta berlindung di dalam kelenjar sutera. Pada masa ini kupu-kupu akan membentuk beberapa organ untuk menjadi kupu-kupu dewasa seperti sayap, kaki serta organ lainnya. 

Pupa pada umumnya pupa memiliki warna hijau atau kecoklatan , warna pupa ini juga memiliki tujuan untuk pertahan diri atau kamuflase dari mangsanya. Pada masa pupa, tak jarang kupu-kupu akan mati karena terinfeksi oleh hewan parasit. 

Pembentukan kupu-kupu di dalam pupa biasanya berlangsung selama 7-20 hari tergantung spesiesnya.

4. Proses Menjadi Kupu-Kupu

Setelah waktunya tiba, kupu-kupu akan merangkak ke atas sehingga sayapnya yang lemah, kusut dan agak basah dapat menggantung ke bawah dan mengembang secara normal.

Segera setelah sayap mengering, mengembang dan kuat, maka kupu-kupu akan beberapa kali mengepakkan sayapnya sebagai latihan percobaan terbang. Setalh menjadi kupu-kupu muda, maka hewan ini akan bertambah besar dan menjadi kupu-kupu dewas atau biasa disebut imago. 

Perilaku Kupu-kupu

Kupu-kupu merupakan serangga yang melakukan aktivitas pada siang hari, pada malam hari kupu-kupu akan istirahat dan berlindung di daun pepohonan. Kupu-kupu biasanya muncul pada pagi hari atau tak lama setelah matahari terbit, hal ini bertujuan untuk membantu mengeringkan sayapnya dan siap kembali terbang untuk mencari makan. 

Pada siang hari kupu-kupu makin aktif terbang dan melakukan mencari makan dan berproduksi. Kegiatan mencari makan dilakukan secara sendiri-sendiri olah masing-masing kupu, hewan ini akan terbang bersamaan pada saat akan melakukan perkawinan. 

setelah melakukan proses perkawinan , selanjutnya induk kupu-kupu akan meletakkan telurnya pada batang atau daun tumbuhan inangnya. Kupu-kupu yang memiliki rentang sayap kecil akan terbang pada ketinggian rendah antara  10 cm-2m. Sedangkan, kupu-kupu dengan rentang sayap besar akan terbang pada ketinggian sampai dengan ± 10 m. 

Demikianlah pembahasan mengenai proses metamorfosis pada kupu-kupu, semoga dapat bermanfaat dan membantu Anda.