Sikap Lilin, Cara Melakukan Salah Satu Gerakan Senam Lantai

Sikap Lilin adalah salah satu jenis gerakan dalam senam lantai dimana sikap ini adalah sikap tidur terlentang dengan kaki diangkat lurus dan rapat ke atas, lalu kedua tangan bertopang pada pinggang. Sikap lilin bertujuan untuk melatih kekuatan serta meringankan otot perut serta kelenturan otot pinggang, leher, dan punggung. 

Agar lebih nyaman gerakan sikap lilin bisa dilakukan diatas matras, dengan penggunaan matras berfungsi untuk menghindari cidera ataupun rasa sakit pada anggota tubuh, sehingga dalam melakukan sikap lilin bisa lebih nyaman. Lantas bagaimana cara melakukan sikap lilin yang mudah dan aman bagi pemula. 

Teknik Sikap Lilin

Untuk melakukan sikap lilin dengan baik terdapat beberapa teknik untuk melakukan sikap lilin. Teknik dalam melakukan sikap lilin yaitu sikap awal, pelaksanaan dan sikap akhir.

1. Sikap Awal

Sebelum melakukan sikap lilin diperlukan pemanasan lebih dulu agar otot tidak kaget serta gunakan matras untuk menghindari rasa rakit dan cedera pada anggota tubuh. Lalu lakukan gerakan dibawah ini :

RajaBackLink.com
  • Posisikan tubuh pada tidur terlentang dengan kaki yang lurus sejajar.
  • Pndangan lurus keatas.
  • Kedua tangan di samping badan.

2. Pelaksanaan

Dalam tahap kedua ini perlu diingatkan agar melakukannya dengan hati hati. Angkat kedua kaki dengan posisi masih lurus dan rapat. Topang punggung agar tegap lurus terangkat dengan menggunakan kedua tangan.

3. Sikap Akhir

Pada Tahap ini tahan agar tubuh tetap seimbang dan kaki harus tetap rapat dan lurus keatas. Untuk menurunkan kaki, perlahan tekuk lutut dengan posisi kaki rapat lalu turunkan badan.

Tips untuk para pemula agar melakukan sikap Lilin dengan baik bisa menggunakan alat bantu atau media dinding. Dinding bisa digunakan untuk melatih kaki agar bisa tetap tertahan lurus dan seimbang dalam melakukan gerakan awal sikap lilin.

Manfaat Melakukan Sikap Lilin

Manfaat sikap lilin sebenarnya sangat banyak sekali. Selain menjadi bagian dari olahraga senam lantai sehingga yang dapat melatih otot dan memberikan relaksasi sikap lilin juga kerap dilakukan sebagai penutup sesi Yoga. Berikut merupakan manfaat baik dalam melakukan sikap lilin.  

  • Membentuk otot pada bagian perut

Dalam melakukan sikap lilin diperlukan kekuatan pada otot perut. Jika seseorang rutin dalam melakukan sikap lilin dengan rajin dan konsisten. otot pada perut akan terbentuk dan tubuh akan menjadi lebih ramping.

  • Tubuh Menjadi Lebih Lentur dan Seimbang

Sikap lilin memerlukan kelenturan serta keseimbangan dalam hal ini tidak semua orang dapat melakukannya. Dengan banyak berlatih sikap lilin secara konsisten, tubuh dapat menjadi lebih seimbang, lentur, dan lincah dalam beraktivitas.

  • Menjaga Daya Tahan Tubuh

Sikap lilin merupakan bagian dari senam lantai yang bisa membakar lemak, terutama pada bagian perut dan lengan. Sehingga jika rutin melakukan sikap lilin sama halnya dengan olahraga, tubuh menjadi lebih sehat dan fit.

  • Memperbaiki Kualitas tidur

Tidak hanya untuk melatih kelenturan otot saja, ternyata Sikap Lilin juga mampu memperbaiki kualitas tidur loh! Jika dibarengi dengan gerakan senam lantai Sikap Lilin mampu memberikan Efek kebugaran tubuh dan relaksasi dari gerakan sikap lilin dapat membantu kualitas tidur agar tidur lebih nyenyak di malam hari. 

Seperti itulah manfaat melakukan sikap lilin. Buat anda yang suka olahraga atau yoga mungkin dapat mencoba sikap lilin ini. Pastikan sebelum melakukan sikap lilin kamu harus melakukan pemanasan terlebih dahulu ya! 

Sumber Gambar : PixaBay