Soal USBN Sejarah SMA/MA

Soal USBN Sejarah SMA/MA dapat dimanfaatkan oleh para guru untuk memberikan pengajaran terbaik kepada para murid. Memang pada dasarnya pelajaran sejarah ini banyak memuat teori-teori yang berkaitan dengan peristiwa monumental dan tanggal-tanggal tertentu. Untuk itu supaya para murid dapat mengingat dengan sebaik mungkin, maka bisa menggunakan latihan soal USBN. Untuk itu para guru akan bisa melakukan proses pengajaran dengan sebaik mungkin jika memang sudah terlengkapi bahan ajarnya. Perlu juga diingat bahwa latihan soal ini memang sangat penting untuk dipegang para murid karena mengingat bahwa soal-soal tersebut merupakan gambaran dari soal ujian. Pastinya para siswa tidak akan ketinggalan materi pelajaran yang mereka tidak paham atau terlewatkan.

Dengan adanya latihan soal ini, para murid yang kurang paham dengan pelajaran sejarah akan lebih mengerti dengan poin-poin penting dari latihan soal ini. Tentu tidak semua siswa bisa memahami penjelasan para guru dengan mudah atau memiliki buku catatan yang lengkap. Untuk itu para guru perlu juga menyiapkan latihan soal ini untuk diberikan secara rutin kepada para murid agar apa yang diharapkan akan segera terjadi. Para siswa secara keseluruhan dapat paham dengan pelajaran sejarah ini. Lebih siap dalam mengikuti ujian kapanpun diberikan. Memperoleh nilai yang tinggi tanpa perlu melakukan suatu kecurangan tertentu yang mana itu adalah suatu tindakan tercela. Hal itu tentu saja perlu dibasmi, maka itu adalah tugas para guru dalam memberikan pengajaran terbaik kepada para murid agar bisa memperoleh pemahaman terhadap apa yang telah diberikan guru selama ini di sekolah. Untuk itu para guru perlu mempertimbangkan penggunaan latihan soal ini untuk meningkatkan daya ingat dan semangat para siswa.

SOAL USBN SEJARAH SMA/MA PILIHAN GANDA
1. Dalam sejarah Indonesia kita mengenal pembabakan zaman praaksara, zaman Hindu- Buddha dan zaman Islam. Pengelompokkan atau pembabakan peristiwa-peristiwa masa lampau yang sangat panjang menjadi beberapa zaman disebut ….
A. kronik
B. kronologi
C. anakronis
D. kontinuitas
E. periodisasi

2. Setiap cabang ilmu pengetahuan mempunyai obyek-obyek yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Walaupun demikian, banyak ilmu pengetahuan yang mempunyai obyek penelitiannya tentang manusia dengan penekanan dan sudut pandang yang berbeda-beda. Sedangkan obyek yang dipelajari dalam ilmu sejarah adalah manusia dan masyarakat….
A. Dalam sudut pandang ekonomi.
B. yang melakukan peristiwa besar
C. dalamwaktu yang relatif lama

D. dalam sudut pandang tempat.
E. yang hidup pada masa lampau

3. Pengkajian sebuah gejala sosial dengan menekankan kepada hukum kausalitas (sebab- akibat) meliputi, latar-belakang sebuah peristiwa, sebab-sebab, proses terjadi peristiwa sampai dengan akibat-akibat yang ditimbulkan secara memanjang dan berdimensi waktu, merupakan bentuk pengkajian yang bersifat ….
A. dinamis
B. statis
C. struktural
D. sinkronis
E. diakronis

4. Sejarah itu bersifat saling keterkaitan dari peristiwa yang satu dengan peristiwa yang lain atau dikenal dengan diakronis, sedangkan ilmu-ilmu sosial lain bersifat sinkronis yaitu …
A. melebar dalam ruang
B. menyempit dalam ruang
C. memanjang dalam waktu
D. terbatas pada ruang dan waktu
E. tidak memiliki batasan dalam waktu

5. Pembacaan teks proklamasi kemerdekaan RI dilaksanakan di Jalan Pegangsaan Timur 56 Jakarta. Tempat atau daerah terjadinya peristiwa tersebut, dalam konsep ilmu sejarah dikenal dengan dimensi ….
A. ruang
B. waktu
C. manusia
D. kronologi
E. dinamika

6. Sejarah merupakan rekaman kreasi jiwa manusia yang terus menerus berproses dan berinteraksi dengan ruang dan waktu tertentu. Oleh karena itu, pada setiap penulisan karya sejarah, disamping membahas bagaimana (how) peristiwa sejarah terjadi, sejarawan juga mengkaji tentang ….
A. who (Siapa), When (Kapan) dan Where (Dimana)
B. why (Mengapa), Where (Dimana), What (Apa)
C. who (Siapa), Why (Mengapa), dan When (Kapan)
D. when (Kapan), Where (Dimana) dan What (Apa)
E. why (Mengapa), When (Kapan) dan Where (Kapan)

7. Sejarah sebagai suatu kisah, ilmu sejarah memerlukan suatu metode untuk mengolah fakta menjadi kisah sejarah, fakta menjadi kisah sejarah. Metode tersebut salah satunya adalah heuristik yaitu ….
A. mengkaji sumber sejarah yang digunakan

B. menganalisis sumber-sumber sejarah
C. memanfaatkan sumber sejarah-sumber sejarah
D. mencari dan menghimpun sumber sejarah
E. menggali dan memilah-milah sumber sejarah

8. Perhatikan pernyataan berikut ini :
(1) Mencari sumber makanan yang tersedia
(2) Goa sebagai tempat tinggal
(3) Hidupnya masih berpindah-pindah
(4) Sudah ditemukan bukti tertulis
Yang menjadi ciri-ciri kehidupan manusia praaksara pada masa berburu dan maramu makanan tingkat awal (paleolithikum) adalah ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (1) dan (4)
D. (2) dan (3)
E. (3) dan (4)

9. Para pedagang dari Arab datang ke nusantara tidak hanya bertransaksi dengan pedagang pribumi, tetapi juga dengan pedagang Hindu dan Cina yang juga berdagang di Indonesia. Tujuan mereka sama yaitu mencari rempah-rempah yang pada saat itu menjadi komoditi utama yang sangat popular. Kedatangan pedagang Arab tersebut ditandai dengan ….
A. munculnya perkampungan Arab di sekitar pelabuhan
B. munculnya pasar disekitar pelabuhan tradisional
C. munculnya kampung-kampung disekitar pelabuhan
D. munculnya hunian-hunian baru disekitar pelabuhan
E. berkembangnya jasa transportasi darat dan laut

10. Perhatikan gambar di bawah ini :
(1) peralatan dari tulang
(2) Kehidupan di gua
(3) Gambar tapak tangan di dinding gua
(4) Kapak batu bergerigi
Yang merupakan hasil budaya masa mesolithikum ditandai pada nomor …. A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
E. (3) dan (4)

Sumber gambar: pexels free images