6 Teknik Dasar Bola Voli yang Perlu Anda Ketahui

6 Teknik Dasar Bola Voli yang Perlu Anda Ketahui
6 Teknik Dasar Bola Voli yang Perlu Anda Ketahui

Bola voli adalah salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan dengan cukup mudah dan memiliki teknik dasar yang terbilang sederhana. Namun, untuk dapat bermain olahraga bola voli dengan benar maka kamu harus paham tekniknya. Karena bola voli memiliki teknik dasar yang harus kamu ketahui, dengan penguasaan teknik tersebut kamu akan lebih mudah dalam melakukan permainan bola voli. 

Oleh karena itu, kami akan menjelaskan beberapa teknik dasar dari bola voli. Berikut ulasannya :

Teknik Dasar dari Bola Voli

Berikut penjelasan mengenai teknik-teknik dasar bola voli :

1. Teknik Servis

Bagi pemain bola voli, teknik servis adalah hal pertama yang wajib dipelajari. Bahkan dalam berlangsungnya olahraga bola voli, servis menjadi tanda ketika permainan dimulai. 

Teknik servis sendiri memiliki beberapa jenis yang terbagi, di antaranya adalah sebagai berikut :

  1. Servis Bawah
  2. Floating Overhand
  3. Overhand Round
  4. Hook Service
  5. Jumping Service

Namun perlu diperhatikan juga bahwa dalam tim, harus ada satu sampai dua orang yang bertugas sebagai servis. Untuk itu, akurasi dan power yang bagus sangatlah dibutuhkan dalam tugas ini. Oleh sebab itu, servis menjadi posisi yang paling krusial yang ada di dalam tim voli.

2. Teknik Passing Bawah

Passing bawah menjadi teknik dasar kedua yang harus kamu pahami. Passing sendiri dalam bahasa Inggris bermakna pemberian umpan untuk rekan dalam satu tim. Secara umum, passing bawah dilakukan ketika berhasil menerima servis bola dari tim lawan.

3. Teknik Passing Atas

Sama halnya dengan passing bawah, cara bekerja passing atas juga hampir terlihat mirip. Namun yang menjadi perbedaannya adalah tenaga yang harus dikeluarkan pada saat memberikan bola voli kepada rekan satu tim. Kamu harus memiliki tenaga yang lebih kuat agar passing dapat dilakukan secara maksimal. Hal ini bertujuan untuk membuat eksekusi bola dapat diberikan kepada area milik lawan tim.

4. Teknik Smash

Dalam istilah olahraga, smash di bola voli dikenal sebagai spike. Smash sendiri dilakukan dengan cara membuat bola jatuh pada area lawan tim. Untuk cara melakukannya, kamu cukup memukul bola dengan penuh tenaga dan keras dari bola yang sudah lawan berikan. Smash sendri akan membuat tim mendapatkan sebuah poin dari permainan bola voli tersebut.

5. Teknik Blocking

Teknik blocking adalah teknik yang akan dilakukan untuk dapat menghadapi bola yang diberikan oleh lawan dengan cara menghalaunya. Hal tersebut bertujuan untuk membuat tim lawan tidak mendapatkan sebuah poin.

6. Teknik Set Up

Teknik set up dilakukan ketika strategi disusun. Dengan melakukan teknik set up, maka para pemain harus memposisikan badan secara depan, belakang, maupun samping.

Sejarah dari Bola Voli

Bola voli adalah sebuah olahraga yang dimainkan oleh dua tim dengan cara saling menghadap. Dalam satu tim, harus ada 6 pemain di dalamnya.

Olahraga bola voli sendri pertama kali ditemukan oleh seorang instruktur pendidikan jasmani yang berasal dari Amerika Serikat, bernama William G. Morgan. Ia menemukannya pada 9 Februari 1985, yang awal mulanya bernama olahraga mintonette.

Pada tahun 1986, olahraga voli pertama kali di demonstrasikan di International YMCA Training School. Momen tersebut menjadi momen yang paling bersejarah, karena pertama kalinya pertandingan bola voli dilakukan.

Bola voli adalah salah satu olahraga yang membuat para pemain harus bekerja sama dengan baik, pemain perlu membangun chemistry antar pemain, sehingga pertandingan voli pun dapat dimenangkan. 

Itulah beberapa teknik dasar dan sejarah dari olahraga bola voli yang memiliki banyak wawasan, semoga bermanfaat.