Benua Australia, Letak Geografis, dan Iklimnya

Benua Australia adalah salah satu benua yang ada di dunia dengan berbagai macam keunikan di dalamnya. Keunikan pertama yaitu iklim Benua Australia yang sangat beragam di bandingkan dengan lima benua lainnya. Selain iklimnya yang beragam, Benua ini juga disebut sebagai benua terkecil di dunia.

The Commonwealth of Australia atau Persemakmuran Australia adalah nama resmi dari benua mungil tersebut. Berbeda dengan beberapa benua lainnya, di wilayah benua yang kecil ini hanya memiliki satu negara yaitu negara Australia. Namun, kendati begitu benua ini tetap memiliki beberapa negara bagian lainnya.

Benua Australia ini menjadi satu-satunya negara serta benua yang berada di sebelah selatan negara Indonesia. Tak hanya dekat dengan Indonesia, Australia juga memiliki beberapa negara tetangga lainnya seperti Vanuatu, Papua Nugini, Selandia Baru, Kepulauan Solomon, Timor Leste, dan juga Kaledonia Baru.

Awalnya, benua kecil ini ditemukan oleh seorang penjelajah yang berasal dari Belanda pada tahun 1606. Namun kemudian Benua Australia berpindah tangan dan dipegang oleh Kerajaan Inggris. Sejak berpindah kepemilikan, Benua Australia dijadikan oleh Kerjaan Inggris sebagai tempat pembuangan pelaku kejahatan yang ada di wilayah tersebut.

Sekitar 40.000 tahun silam sebelum ditemukan oleh penjelajah Belanda, Benua Australia ini telah dihuni pertama kali oleh sekumpulan masyarakat yang berasal dari Suku Aborigin. Setelah melewati beberapa sejarah, kini Benua Australia telah menjadi salah satu persemakmuran Britania Raya.

Kondisi Iklim Benua Australia

Benua Australia ini terletak di sebelah selatan dari garis khatulistiwa. Letaknya tersebut membuat wilayahnya memiliki beragam iklim. Meskipun wilayahnya kecil, keberagaman tersebut justru menjadi salah satu keunikan yang dimiliki oleh Benua Australia. 

Iklim Benua Australia yang tropis berada di sisi utara. Lalu pada bagian selatan Benua Australia memiliki iklim yang subtropis dan bagian selatan wilayah Victoria serta Tazmania memiliki iklim laut sedang. Selain itu, pada bagian pantai timur Australia curah hujannya sangat tinggi sedangkan pada bagian barat sangat kering.

Kondisi Alam Benua Australia

Berbeda dengan benua lain pada umumnya, Benua Australia ini memiliki topografi yang datar. Bahkan, hampir 20 persen dari Benua Australia merupakan gurun. Hal tersebut membuat benua mungil ini dijuluki sebagai benua terkering di dunia.

Namun, meskipun begitu Benua Australia ini memiliki beberapa pegunungan yang indah. Pegunungan tersebut memiliki tinggi hingga 30 meter di atas permukaan laut. Salah satu dataran tinggi yang terkenal di Benua Australia yaitu Pegunungan Pemisah Besar yang membentang dari Semenanjung Cape York ke arah Tazmania di selatan.

Kondisi Geografis Benua Australia

Benua Australia merupakan benua terkecil di dunia dengan luas wilayah sekitar 7,7 juta km persegi. Wilayahnya yang kecil ini terdiri dari daratan Australia, Guinea Baru, Tasmania, hingga beberapa pulau lainnya.

Kini, Australia disebut sebagai benua dengan populasi penduduk yang paling sedikit kedua setelah Benua Antartika. Sebagian besar wilayah Australia berupa hutan-hutan yang tidak terjangkau oleh para penduduk. Namun, sebagian besar wilayah Australia lainnya telah menjadi wilayah yang maju.

Letak Benua Australia ini membentang dari teluk Carpentaria hingga Pulau Tasmania.

Benua Australia memiliki luas total wilayah sekitar 7,7 juta km persegi yang terbentang dari teluk Carpentaria yang disebut sebagai teluk terdangkal hingga Pulau Tasmania yang dikenal dengan fauna nya yang khas yaitu Tasmania Devil. Selain itu, Benua Australia juga memiliki batas wilayah geografis yaitu:

  1. Bagian Utara: Indonesia, Timor Leste, Papua Nugini
  2. Bagian Timur: Samudera Pasifik, Selandia Baru
  3. Bagian Barat: Samudera Hindia
  4. Bagian Selatan: Samudera Hindia

Negara di Benua Australia

Selain Negara Kangguru, Benua Australia juga memiliki beberapa negara bagian lainnya. Benua ini memiliki 6 negara bagian dengan 2 negara teritorial yang menjadi bagian dari negara persemakmuran. Lalu apa saja negara-negara yang menjadi bagian dari Negara Australia? 

  1. Australia Selatan: Adelaide
  2. New South Wales: Sydney
  3. Queensland: Brisbane
  4. Victoria: Melbourne
  5. Australia Utara: Darwin
  6. Australia Barat: Perth
  7. Tasmania: Hobart
  8. Australian Capital Territory: Canberra