Perang Dunia 1

5 Kemungkinan yang Terjadi Jika Blok Poros Menang Perang Dunia 1

Perang Dunia 1.

Walaupun namanya tidak se”wah” perang dunia 2, perang ini akan tetap terkenang sebagai salah satu peristiwa yang mengubah sejarah dunia. Perang dunia 1 terjadi antara Triple Entente (Inggris, Perancis, Rusia dan negara lainnya) dan Triple Alliance (Jerman, Austria-Hongaria, Turki Utsmani). Hasil dari perang ini adalah kemenangan Triple Entente/blok sekutu.

Akibat dari perang ini sekitar 20-22 juta orang meregang nyawa.

Tapi, bagaimana kalau Triple Alliance/blok poros menang perang ?

Kita gak bakal jelasin bagaimana cara Jerman menang, anggap saja Jerman “kebetulan” menang. (Karena pada dasarnya, di perang dunia 1 Jerman itu sudah dipastikan kalah dari awal perang, Kemungkinan Jerman untuk menang itu sangat kecil)

1) Perang dunia 2 tidak akan terjadi

Perang Dunia 2

Perang dunia 2 dipicu salah satunya karena dendam Jerman ke sekutu (Terutama Inggris dan Perancis). Jerman menyimpan dendam karena dalam “Treaty of Versailles“, Jerman benar-benar dilucuti dan dipermalukan.

(Anggap saja) Inggris, Perancis, dan Kekaisaran Russia menyerah kepada blok poros. Tentu, perang dunia 2 gak akan terjadi. Karena gak akan ada yang mempermalukan Jerman.

Istilah seperi Adolf Hitler, Fasis, Nazi Jerman, Operasi Overlord akan asing di telinga orang-orang.

2) Turki Utsmani akan tetap eksis dan menguasai daerah Timur Tengah

Turki Utsmani

Turki Utsmani saat ini sudah runtuh pada tahun 1922 dan berganti nama menjadi negara Turki. Salah satu alasan Turki Utsmani runtuh yaitu karena kalah perang dunia 1. 

Tapi, bagaimana jika Turki Utsmani dengan blok poros menang ?

Mereka akan tetap eksis dan menguasai sebagian besar daerah Timur Tengah meliputi Israel, Palestina, Yordania, sebagian negara Arab Saudi dan lain-lain. Kira-kira gambarannya akan seperti ini :

5 Kemungkinan yang Terjadi Jika Blok Poros Menang Perang Dunia 1
Daerah kekuasaan Turki Utsmani pada 1914 (sebelum PD 1)
5 Kemungkinan yang Terjadi Jika Blok Poros Menang Perang Dunia 1
Gambaran kekuasaan Turki Utsmani jika menang perang

3) Karena Perang Dunia 2 tidak ada, maka perang dingin juga tidak akan terjadi.

Perang Dingin

Perang dingin terjadi karena ketegangan antara 2 negara adidaya pemenang perang dunia 2, yaitu Uni Soviet dan Amerika Serikat. Perang dingin gak cuma menyoal ideologi politik, tetapi juga sampai kekuatan militer bahkan hampir sampai perang nuklir.

Jika blok poros menang perang dunia 1, Kekaisaran Russia (Cikal bakal Uni Soviet) kemungkinan besar akan menjadi negara boneka dari Jerman dan perang dingin akan terhindarkan. Mungkin, Jerman akan menjadi saingan Amerika Serikat jika memenangi perang dunia 1. Mereka akan bersaing sebagai negara adidaya. Namun, ideologi politik antara Jerman dengan Amerika Serikat tidak terlalu bertabrakan dan juga sebenarnya kedua negara ini gak mempunyai masalah.

Itulah kenapa perang dingin gak bakal terjadi.

4) Amerika Serikat akan menjadi negara kuat, tetapi tidak akan punya banyak pengaruh ke dunia Internasional 

Perang Dunia 1

Amerika Serikat mempunyai banyak pengaruh di dunia karena “jasanya” dalam memenangi perang, ya kedua perang itu, perang dunia 1 dan perang dunia 2. Amerika Serikat juga membantu memperbaiki kondisi ekonomi dan sosial Eropa (bahkan seluruh dunia) yang hancur akibat kedua perang ini. Itulah kenapa Amerika Serikat saat ini mempunyai banyak pengaruh di dunia Internasional.

Jika blok poros menang perang dunia 2, tentu Amerika gak bisa berbuat banyak. Walaupun kekuatan militer Amerika cukup bagus, tentu saja Amerika gak bakal bisa melawan blok poros jika sekutu-sekutunya (Inggris, Perancis,dll) sudah menyerah kepada blok poros.

Amerika akan terus mengisolasi dirinya selagi memperkuat ekonomi dan aspek lainnya. Dengan ini, Amerika akan tetap menjadi negara adidaya seperti sekarang, tapi gak punya banyak pengaruh bagi dunia.

5) Ada dua kemungkinan, Perancis akan dikuasai Jerman atau akan menjadi negara boneka        Jerman

5 Kemungkinan yang Terjadi Jika Blok Poros Menang Perang Dunia 1

Jerman dan Perancis adalah dua musuh bebuyutan. Sejak Jerman masih menjadi pecahan-pecahan kerajaan, kedua negara ini sering berperang. Puncaknya pada saat perang Franco-Prussia, Perancis kalah dan harus menyerahkan provinsi Alsace-Lorraine kepada Jerman.

Menangnya blok poros di perang dunia 1 tentu akan mempermudah langkah Jerman untuk “mempermalukan” musuh bebuyutannya ini. Entah itu Perancis akan dikuasai Jerman atau Perancis tetap akan berdiri, tetapi hanya sebagai negara boneka Jerman.

Itu dia 5 kemungkinan yang akan terjadi jika blok poros menang perang dunia 1. Sekali lagi, ini adalah kemungkinan, bisa benar bisa juga salah. Semua kemungkinan yang ditulis di atas itu berdasarkan pendapat sejarawan dan referensi lain yang admin tau.

-Diogenes

Baca Juga :

Apa Kemungkinan yang Akan Terjadi Jika Jerman Menang Perang Dunia 2 ?

Referensi :

https://www.quora.com/What-would-have-happened-if-Germany-had-won-WWI

https://www.theguardian.com/commentisfree/2013/dec/25/if-germans-won-first-world-war