Pengertian Sistem Operasi pada Komputer dan Contohnya

Pada dasarnya komputer memerlukan sistem operasi agar bisa dijalankan dan digunakan dengan baik. Dalam hal ini, sistem operasi atau Operating System (OS) sangat diperlukan agar dapat bertugas dan menjalankan kontrol manajemen pada operasi-operasi dasar sistem sehingga mampu menjalankan perangkat lunak (software) maupun perangkat keras (hardware).

Menurut Abas Ali Pangera dan Dony Ariyus dalam buku Sistem Operasi (2010), sistem operasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan komponen kerja dan metode kerja yang digunakan untuk memerintah sera menjalankan perangkat atau sistem agar sesuai dengan perintah saat dioperasikan.

Sistem operasi yang paling sering digunakan saat ini antara lain adalah : 

1. Sistem Microsoft Windows 

Sistem yang mulai digunakan pada tahun 1985 ini merupakan sistem yang paling banyak digunakan pada saat ini. Miscrosoft windows antara lain terdiri dari Sistem Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7 (Seven) yang dirilis pada tahun 2009, Windows 8 yang dirilis pada Oktober 2012), dan Windows Terakhir yaitu Windows 10 (Dirilis pada Juli 2015)).

2. Sistem Unix 

Sistem Unix adalah sistem operasi yang mengusung penggunaan portable serta multi tasking dan multi user. Unix mulai dikembangkan pada tahun 1970-an oleh Ken Thompson. Beberapa sistem yang menggunakan Unix adalah operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, Zeath OS (berbasis kernel linux yang dimodifikasi.) MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.

3. Sistem Mac OS 

Sistem Mac OS merupakan sistem yang dikembangkan oleh Apple Inc. Awalnya sistem ini merupakan salah satu sistem pembedahan GUI (Graphical User Interface). sistem pembedahan ini mulai dibesarkan pada tahun 1984 sebagai tipe Mac Os klasik, kemudian ditahun 2001, Apple merilis Mac Os x yang termasuk macOS Big Sour. 

Fungsi OS

Operasi Sistem memiliki peran yang sangatlah penting dalam sistem operasi komputer mengutip pada buku Cara Mudah Desain Sistem Operasi Linu Ubuntu Edition dalam 5 jam (2020), fungsi utama dari sistem operasi itu sendiri ialah sebagai sumber daya yang ada pada komputer.

Sistem operasi ini juga merupakan hal utama dalam memproses dan menyediakan layanan pengguna, sehingga bisa lebih efisien dari segi sumber daya sistem komputer.

Adapun fungsi vital dari OS adalah menjalankan setiap kebutuhan dalam memproses sumber daya dibagi menjadi 4, yaitu :

1. Memory Management

Pada proses ini dibagi menjadi dua hal utama, yaitu primary main memory, yaitu kebutuhan pada besarnya ruang penyimpanan misalnya seperti RAM. kedua Main Memory merupakan penyimpanan yang bisa diakses langsung pada bagian CPU

2. Device Management

Sistem operasi sangat berperan dalam mengatur komunikasi pada setiap perangkat atau yang bisa disebut sebagai driver untuk program yang menangani hal tersebut merupakan I/O Controller sehingga segala sistem dapat berjalan dengan lancar.

3. File Management

Fungsi yang ketiga, OS juga mampu mengatur segala kebutuhan detail setiap informasi dimulai dari tahap awal hingga akhir. Kemudian, mengenal sistem lokasi, fungsional sistem, dan kegunaan yang lainnya.

Pada fase pengaturan ini disebut dengan file system yang biasanya dimasukkan kedalam direktori pencarian untuk memudahkan penggunaannya.

4. Processor Management

Processor Management adalah sistem operasi terakhir yang mendukung proses pada multiprogramming untuk menentukan fase mana yang menggunakan prosessor dalam periode tertentu. 

Fungsi dari sistem operasi yang terakhir adalah mendukung proses multiprogramming untuk menentukan fase mana yang menggunakan prosesor dalam jangka waktu tertentu. 

Demikian penjabaran mengenai Pengertian Sistem Operasi Komputer Berserta Contohnya. semoga informasi diatas dapat memberikan pengetahuan serta menambah wawasan sehingga dapat lebih mengenal mengenai sistem operasi pada komputer.

 

Sumber gambar : PixaBay