Soal Ujian PAT Seni Budaya Kelas 7 Kurikulum 2013

Soal Ujian PAT Seni Budaya Kelas 7 Kurikulum 2013 bisa dijadikan patokan untuk para guru dalam memberikan pengajaran yang terbaik kepada para muridnya. Hal itu bukan tanpa alasan karena pelajaran seni budaya bukan hanya berkaitan dengan mempelajari prakteknya saja. Akan tetapi, juga banyak teori yang perlu diingat. Sehingga poin-poin pentingnya juga sangatlah lumayan untuk dihafal. Maka dari itu, para guru dapat menggunakan soal ujian ini agar apa yang telah dipelajari oleh murid selama ini dapat dipahami dengan sebaik mungkin. Kemudian juga pembelajaran akan lebih efektif bila guru menambahkan latihan soal ujian PAT dengan cara berkala. Agar nanti para siswa dapat memiliki daya ingat yang kuat tentang pelajaran seni budaya ini. Maka sudah sepantasnya para guru memberikan soal ujian ini sejak awal semester berlangsung.

Pada awal semester berlangsung tentunya akan lebih mudah untuk memberikan gambaran yang jelas Bagaimana soal-soal ulangan tersebut. Tentunya soal ujian itu pasti ada yang muncul pada saat ujian tersebut sudah berlangsung. Sebab memuat poin-poin penting yang memang menjadi bahan untuk diuji apakah para siswa bisa memahaminya atau mengingat apa yang telah dijelaskan oleh guru sebelumnya. Untuk itu soal ujian ini juga dapat dijadikan bahan untuk pembelajaran siswa di rumah. Sebab, biasanya buku catatan saja tidak akan cukup untuk memberikan pemahaman kepada para siswa atau juga banyak mereka yang telah melewatkan pelajaran tersebut. Sehingga perlu untuk diberikan latihan soal ini agar apa yang sudah diusahakan oleh para guru untuk mencerdaskan para muridnya dapat memiliki suatu penalaran yang bagus. Maka hasil ujian maupun ulangan pun akan lebih tinggi karena mereka sudah memiliki kepercayaan diri yang kuat. Sebab, ingatan yang terus saja menjadi pedoman untuk mengisi soal-soal yang ada.

Soal Ujian PAT Seni Budaya Kelas 7 Kurikulum 2013

1. Membuat ragam hias pada bahan buatan adalah suatu aktivitas …..dalam wujud gambar hiasan yang diterapkan pada bahan buatan.
a. Berimajinasi
b. Berapresiasi
c. Berkreasi
d. Berpikir

2. Berikut ini yang tidak termasuk bahan buatan sebagai objek yang digambari ragam hias adalah…..
a. Fiberglass
b. Tripleks
c. Tekstil 
d. Logam

3. Bahan buatan adalah bahan yang dibuat oleh….., baik secara manual maupun secara masinal.
a. Tumbuhan
b. Manusia
c. Hewan
d. Alam

4. Tekstel atau kain pada umumnya dibuat dari serat yang dipintal menjadi…..
a. Tetoron
b. Benang
c. Dakron
d. Nilon

5. Serat ….. diperoleh dari kapas yang dipintal sehingga menjadi benang dan serat sutera yang diperoleh dari kepongpong ulat sutera.
a. Dakron
b. Nilon
c. Katun
d. Wol

6. Asal kata musik yaitu mousikos yang berasal dari bahasa…..
a. Italia
b. Yunani
c. Prancis
d. Belanda

7. Berikut ini yang tidak termasuk kriteria alat music sederhana adalah….
a. Mudah didapat di lingkungan tempat tinggal
b. Menghasilkan bunyi yang enak didengar
c. Mudah dibuat sendiri
d. Sulit dipelajari

8. Alat musik sederhana terbuat dari berbagai macam tanaman, seperti rekorder dari bambu, terompet dari batang daun pepaya, batang padi, batang bambu, dan…..
a. Daun kelapa
b. Daun pisang
c. Batang pinus
d. Batang palem

9. Pupuik batang padi merupakan alat musik sederhana yang berasal dari….
a. Sorong, Papua
b. Bandung, Jawa Barat
c. Kendari, Sulawesi Tengah
d. Minangkabau, Sumatera Barat

10. Contoh alat musik yang tergolong aerofon adalah….
a. Pianika
b. Piano 
c. Drum
d. Gitar

Sumber gambar: pexels free images