Virus Corona dari Cina dan Hal yang Harus Kamu Tahu

Virus Corona atau 2019-nCoV virus telah menjangkit ke berbagai penjuru Cina, karena memang berasal dari Wuhan, Cina. Virus ini menyerang organ paru-paru manusia dan dapat mengakibatkan kematian apabila tidak ditangani secara serius.

corona
sumber gambar: vox

Virus ini pertama kali dikonfirmasi ke World Health Organization pada 31 Desember 2019 ketika ada pejabat Cina yang melaporkannya. Kemudian, penjangkitan virus ini semakin menyebar ke penjuru Asia Tenggara bahkan hingga ke Amerika Utara. Kota Wuhan, Cina kemudian diisolasi dan segera difiltrasi dari kehidupan luar bermasyarakat. Hal-hal seperti moda transportasi mulai dari pesawat dan bus akan menghentikan operasinya sampai penanganan dilakukan.

Virus yang dikenal sebagai 2019-nCoV itu menyerang manusia kemungkinan disebabkan dari pasar makanan lokal dari Wuhan, Cina. Di pasar makanan tersebut terdapat banyak hewan seperti Kelelawar, Musang, Unta, Salamander Raksasa, Rubah Hidup, dan masih banyak lagi. Nah, salah satu dari hewan tersebut pernah menjadi pandemik penyakit pada tahun 2003 di Cina juga yang dikenal sebagai penyakit SARS.

Pihak dari pejabat negara mengatakan bahwa virus ini hampir menyerupai dengan SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) atau masalah gangguan pernapasan layaknya pneumonia, menyebabkan kematian hingga 774 orang di antara tahun 2002 dan 2003. Kemudian virus itu mulai mereda dan tidak pernah terdengar lagi sejak 2004 setelah WHO memberi sinyal bahaya.

Darimana asalnya Virus Corona?

Virus corona ini berasal dari Wuhan, Cina yang diduga karena adanya suatu penyakit pada pasar makanan lokal mereka. Pasar makanan lokal di Wuhan dikenal sebagai pasar makanan dengan variasi terbanyak dari berbagai macam hewan, kemungkinan salah satu hewan tersebut menyebarkan virus dan menularkannya ke manusia.

Berapa banyak yang terkena dan meninggal?

Dari data terbarukan 24 Januari 2020, sejauh ini yang terjangkit virus mematikan ini sebanyak 889 orang dengan 26 di antaranya sudah meninggal. Orang yang sudah meninggal tersebut kebanyakan dari kalangan lansia (lanjut usia) karena pertahanan tubuh lemah dan banyaknya komplikasi penyakit.

virus dari wuhan cina

Kamu dapat melihat data dari statistik berikut yang merepresentasikan data berapa banyak orang yang kena penyakit virus ini dan darimana saja. Data ini dibuat oleh peneliti dari Johns Hopkins University di AS.

Apa saja yang menjadi gejala virus ini?

Yang menjadi gejala adalah batuk-batuk, demam tinggi, dan sesak nafas. Karena virus ini diduga kuat berasal dari hewan buas di Wuhan, Cina yang dahulu pernah menjadi penyebab wabah penyakit SARS yang menewaskan 774 orang.

Otoritas pihak dari imigrasi berbagai negara mulai memperketat dikhawatirkan virus ini mewabah pada negara mereka, namun saat ini, pihak dari Departemen Kesehatan Republik Indonesia belum merilis apa-apa soal data orang yang sudah terkena virus menyeramkan corona ini, dikatakan dalam banyak media bahwa sudah ada yang terkena yaitu salah seorang pegawai Huawei di Jakarta.

Bagaimana Cara Penyebarannya?

Cara penyebaran virus corona ini dapat melalui cairan manusia misal seperti ketika seseorang yang terkena virus ini sedang bersin dan virus tersebut dapat mengalir melalui udara. Oleh karena itulah, pemerintahan Cina mulai memberikan peringatan kepada warga negaranya untuk menggunakan masker agar menghindari terjadinya penularan yang lebih masif.

Apa kata Badan Kesehatan Dunia (WHO)?

Menurut WHO, saat ini kita tidak perlu khawatir, karena WHO sendiri menyatakan virus ini belum bersifat darurat, sehingga tidak perlu menyalakan lonceng darurat dari WHO itu sendiri seperti dahulu ketik ada wabah SARS.

Komentar