Anti Kelahiran

Kelompok yang Menolak Kelahiran Manusia

Anti Kelahiran

Punya momongan anak tentu impian setiap orang, siapa sih yang gak mau dikaruniai seorang bayi lucu dengan pipi tembem nan menggemaskan ? Kehadiran mereka pasti bakal membuat kita lupa dari kerasnya hidup.

Tujuan orang mempunyai anak juga bermacam-macam, ada yang mau anaknya meneruskan bisnis keluarga, ada yang bertujuan agar di hari tua gak sendirian, atau menghindari pertanyaan “kapan punya anak?”  menjadikan anaknya sebagai investasi jangka panjang.

Nyatanya, ada sebagian kecil orang di dunia ini yang menolak untuk melahirkan seorang bayi. Dengan kata lain, mereka menolak kelahiran manusia ke dunia ini.

Siapakah mereka ?

Anti-Natalis

Anti-natalis adalah aliran filsafat yang menolak kelahiran manusia karena menganggap bahwa kelahiran manusia itu hal yang buruk. Penganut aliran ini berpendapat dunia ini sudah banyak penderitaan, oleh karena itu melahirkan seorang anak dan memaksa anak itu untuk hidup di dunia yang pahit ini adalah tindakan yang tidak bermoral. Mereka juga menganggap kehadiran manusia itu adalah sesuatu yang buruk.

Baca juga : Stoikisme yang Tidak Pernah Mati

Anti-natalis ini dipengaruhi oleh aliran filsafat Pesimismenya Schopenhauer dan Nihilismenya Nietzsche (Makanya itu anti-natalis ini pemikirannya suram banget wkwk). 

Kalau ditafsirkan, sebenarnya gerakan anti-natalis ini mendukung pengurangan populasi manusia. Walaupun begitu, aliran filsafat ini tidak mendukung pembantaian massal demi pengurangan populasi manusia. Hal ini ditegaskan David Benatar (salah satu filsuf referensi anti-natalis modern) di bukunya Better Never to Have Been: The Harm of Coming into Existence :

“Tidak mungkin sepenuhnya menghilangkan penderitaan manusia tanpa mengakhiri seluruh kehidupan manusia seperti yang kita ketahui. Tapi membunuh satu sama lain dan genosida hanya menambah penderitaan. Kita harus fokus pada membuat kehidupan saat ini semenyenangkan mungkin, sambil memastikan tidak ada generasi selanjutnya yang tunduk pada penderitaan yang dijamin dalam hidup. Karena itu, adalah tidak bermoral untuk melahirkan kehidupan ke dunia ini.”

Aliran filsafat ini tidak sepopuler yang lain karena aliran ini berbenturan dengan norma agama dan norma sosial. Gerakan mereka masih terpaku di media sosial dan circle khusus anti-natalis, salah satunya ada di platform Reddit.

Kalian bisa mengunjunginya disini :

https://www.reddit.com/r/antinatalism/ (Gunakan VPN, karena akses ke Reddit diblokir pemerintah)

Anti-Natalis dan program KB

Sebenarnya tanpa kalian sadari, anti-natalis udah erat dengan keseharian kita. Program KB adalah salah satu program anti-natalis. Memang sih, program ini hanya membatasi kelahiran, tapi program ini sebenarnya sejalan dengan gagasan anti-natalis yaitu pengurangan populasi manusia secara etis.

Pembatasan kelahiran bakal mengurangi populasi manusia di generasi selanjutnya.

Referensi :

https://tirto.id/anti-natalisme-mengutuk-kehidupan-melarang-kelahiran-dgnd

https://id.wikipedia.org/wiki/Antinatalisme

https://www.bbc.com/news/blogs-trending-49298720

https://en.wikipedia.org/wiki/Antinatalism

https://www.theguardian.com/world/2019/nov/14/anti-natalists-childfree-population-climate-change