energi yang dikeluarkan manusia setiap hari ATP

Berapa Banyak Energi yang Dikeluarkan Manusia Setiap Hari?

Manusia memerlukan energi untuk dapat bertahan hidup sebagaimana makhluk hidup lainnya, namun berapa banyak kalori atau energi yang dikeluarkan manusia per harinya?

Untuk mengetahui lebih dalam, pertama adalah kita harus mengetahui mengenai mata uang energi dalam tubuh manusia, yaitu ATP dan bersumber di Mitokondria.

Manusia mendapatkan energi dari makanan yang diperolehnya dan makanan tersebut dibagi jadi makronutrisi dan mikronutrisi. Misalnya saja, lemak merupakan penyumbang kalori (energi) terbesar dalam tubuh manusia, disusul oleh karbohidrat dan protein.

Di dalam mekanisme mendapatkan energi, tubuh manusia mengolahnya dalam respirasi seluler (pernapasan), yang kemudian dikonversikan menjadi Adenosine Triposphate untuk memperoleh energi dan bisa digunakan oleh keperluan tubuh manusia.

Seperti kebanyakan orang pada umumnya, kebanyakan energi berarti membuat kita menjadi semakin gemuk/gendut, sementara kekurangan energi membuat kita semakin kurus. Jadi, orang-orang diet yang kekurangan energi tiap hari, itulah sebabnya dia bisa kurus.

Namun, banyak pertanyaan terlintas seperti, “berapa banyak sih energi yang dikeluarkan dan digunakan oleh manusia?” Nah oleh karena itulah pada kesempatan kali ini sainsologi akan membahasnya.

Energi yang dikeluarkan manusia

Manusia mengeluarkan energi sesuai dengan perhitungan TDEEnya. Sementara TDEE itu sendiri adalah Total Daily Energy Expenditure artinya total keluaran energi harian yang menggunakan satuan kalori sebagai acuan.

Jadi, energi yang dikeluarkan manusia setiap hari itu relatif tergantung dari umur, aktivitas metabolik, gender, dan tingkat keaktifan seseorang. Rata-rata manusia mengeluarkan 1400-2100 kalori tiap hari.

Untuk mengetahuinya, kamu dapat ke tdeecalculator.net, di situ kamu akan diminta data mengenai apakah kamu laki-laki atau perempuan. Lalu setelah itu, ada variabel lain yang harus diperhatikan seperti kondisi kerja kamu, apakah kamu pekerja kantor yang dominan duduk seharian atau pekerja kuli yang biasa berada di lapangan. Lalu, ada tambahan lain seperti berat badan dan lain-lain. Nah, hal inilah yang sangat berpengaruh.

Jadi, kalau kamu sebagai pekerja kantor, biasanya TDEE kamu cukup kecil yaitu 1800 kalori (dominan), artinya kamu TIDAK BOLEH makan lebih dari 1800 kalori. Kalau makan lebih dari itu bagaimana? Kamu akan gemuk! Nah, kalau kurang dari itu, kamu akan kurus. Jadi sederhananya begitu cara kerja TDEE.

Kamu bisa langsung menghitung berapa banyak energi yang kamu keluarkan per harinya, biasanya data tersebut diambil juga dari berapa banyak kita menghela napas, karena kan tadi proses perolehan energi dan pengeluarannya didasari pada pernapasan, jadi kalau kamu sering ngos-ngosan kemungkinan kamu lagi bakar tuh kalori-kalori dari makanan untuk jadi energi.

Stellarix
Vi Veri Universum Vivus Vici