bulking badan gemuk tanpa lemak

Cara Gemukin Badan Tanpa Menambah Lemak

Ingin punya tubuh yang ideal? Sudah jelas jawabannya dengan cara berolahraga. Apalagi buat kamu yang kurus tapi ingin agar badan gemuk (gemukin badan), bagaimana caranya?

Dalam dunia fitness alias binaraga, kita mengenal istilah mengenai Bulking dan Cutting. Tapi mungkin pada sebagian orang tidak mengetahui cara yang tepat melakukan metode tersebut–Bulking dan Cutting.

Oleh karena itulah sainsologi akan memberikan tips bagaimana caranya untuk bisa mendapatkan tubuh yang kekar tanpa harus menambah lemak tubuh.

Badan Gemuk Tanpa Lemak, Memang Bisa?

Perlu diperhatikan bahwa semua trik dapat diterapkan oleh siapa saja, baik itu yang masih pemula maupun yang sudah expert/ahli dalam bidangnya. Jadi, jangan khawatir kalau misalnya memberatkan, karena sudah pasti ini bisa diterapkan oleh siapa saja kok!

Orang yang ingin sukses harus bisa berkomitmen pada dirinya dan percaya diri.

Orang yang ingin memiliki tubuh yang ideal haruslah mempunyai keinginan kuat untuk mengubah tubuhnya menjadi sixpack atau langsing dan tidak mempunyai lemak berlebih dalam tubuh

Sebelum kita melanjutkan pada pembahasan, harus diketahui terlebih dahulu mengenai bagaimana seseorang bisa mendapatkan lemak yang begitu banyak dalam tubuhnya?

Kalau kamu mikir lemak atau buncit ini karena genetik maka kamu salah besar! Sedikit korelasinya tentang tubuh dan faktor gen. Jadi semua orang bisa mengubah tubuhnya untuk bisa menjadi sixpack atau langsing bak artis korea, haha.

Berikut ini adalah alasan mengapa seseorang bisa menjadi buncit karena lemak yang berlebihan.

Pertama, karena mereka terlalu banyak makan-makanan yang tinggi kalori dan ketidakseimbangan nutrisi tubuh. Jadi, kalorinya sekali makan bisa mencapai 1000 dan karbohidrat yang terkandung bisa 90g sementara protein hanya 25g, suatu perbandingan yang sangat tidak stabil.

Kedua, jarangnya berolahraga. Iya bagaimana tidak, mata uang energi yaitu ATP (Adenosine Triposphate) sama sekali tidak digunakan, sehingga kemudian akan tertimbun menjadi lemak. Jadi sebenarnya gunanya berolahraga itu untuk membuang energi yang terlalu berlebih dalam tubuh.

Ketiga, stres. Percaya atau tidak, orang yang sedang stres akan mengeluarkan hormon kortisol lebih banyak sehingga lebih mudah menimbun lemak dan sangat cepat untuk merasa lapar jadi bawaannya ingin makan terus.

Nah, itu dia ketiga dari alasan mengapa kamu bisa buncit. Tapi bagaimana caranya Bulking tanpa nambah lemak.

Tips Bulking Tanpa Lemak

Cara Gemukin Badan Tanpa Menambah Lemak

Pertama, pastiin bahwa kamu sudah menghitung TDEE (Total Daily Energy Expenditure) kamu, sehingga kamu mengetahui berapa banyak kalori yang kamu buang tiap hari. Nah, biasanya orang yang berolahraga rutin minimal 3x dalam seminggu, bisa jadi TDEE-nya 2000 kalori, jadi maks yang harus dia makan biar ga gemuk ataupun gendut dan buncit adalah 2000 kalori. Nah, sementara kalau lebih dari itu bisa berlemak.

Kalau sudah tahu berapa TDEE kamu, maka kamu boleh makan sedikit saja, menambah sekitar 200-400 kalori setiap hari, bahkan di hari rest day pun harus tetap ditambah 200-400 kalori. Gunanya untuk tetap menjaga massa otot dan menambah massa otot. Tapi, pastiin ya yang kamu makan tidak lemak berlebih dan tidak juga karbohidrat berlebih, kalau bisa protein murni, karbohidrat serat, dan lemak tak jenuh. Porsi yang seimbang biasanya L:P:K = 1:2:3.

Nah, kalau sudah paham konsepnya kamu tinggal konsisten dan komitmen saja latihan terus dan berolahraga supaya perutmu tidak buncit tapi tetap menambah otot tanpa harus menambah lemak sedikitpun.

Elang
Penulis konten dengan memerhatikan strategi produksi konten agar tercapai tujuan SEO dan memberikan manfaat kepada pembaca dengan bacaan seringkas mungkin.