mandi malam menyebabkan rematik benar atau tidak
Sumber gambar: CreakyJoints.org

Apakah Mandi Malam hari Menyebabkan Rematik?

Banyak orang bertanya mengenai apakah mandi malam hari dapat menyebabkan rematik, terutama mereka yang kerjanya selalu pulang malam. Seperti yang kita tahu bahwa mandi menjadi kewajiban tiap manusia agar terhindar dari penyakit dan bakteri yang berbahaya.

Apakah mandi malam hari menyebabkan rematik? Jawabannya tidak, mandi malam hari hanya memperburuk keluhan akibat penyakit rematik. Jadi, apabila kamu tidak punya penyakit rematik maka sah-sah saja mandi malam hari.

Tetapi apabila kamu merupakan penderita penyakit rematik, mempunyai riwayatnya, maka disarankan untuk menggunakan air hangat ketika mandi di malam hari, berlaku juga untuk mengurangi risiko komplikasi ke penyakit saraf lainnya.

Mungkin banyak yang sebelumnya masih kurang paham mengenai penyakit rematik itu sendiri. Sebenarnya penyakit rematik atau arthritis adalah penyakit yang menyebabkan rasa sakit pada oto diakibatkan oleh peradangan dan pembengkakan pada sendi.

Jadi ketika kamu terkena arthritis atau rematik, kamu akan mengalami sakit yang cukup parah dan kekakuan pada otot, biasanya semakin parah seiring bertambahnya usia.

Apalagi di masa-masa pandemi COVID-19 ini, banyak orang yang mandinya malam hari karena senggangnya aktivitas seharian dan mudahnya mobilitas akibat efek kerja dari rumah (work from home).

Perlu diketahui bahwa Rheumatoid Arthritis sering ditemukan di Indonesia dengan lebih dari 2 juta kasus per tahunnya dalam rekor medis. Tetapi, sebenarnya apa yang menyebabkan seseorang terkena penyakti rematik itu sendiri?

Penyebab seseorang terkena penyakit rematik adalah karena sering melakukan aktivitas yang memberikan stres pada persendian, hal-hal seperti ini umum bagi pekerja kuli, selain itu tekanan dari stres, dan cuaca yang buruk juga menjadi salah satu faktor. Hal itu semua bukan berarti bahwa mandi malam hari dapat menyebabkan rematik, jadi hal itu salah besar ya sobat.

Oleh karena itu, pakar kesehatan juga menyarankan untuk mandi air hangat di malam hari karena dapat meredakan stres dan memudahkan kamu untuk tidur terutama bagi penderita insomnia, selain itu tidur juga bermanfaat untuk belajar bahasa baru.

Elang
Penulis konten dengan memerhatikan strategi produksi konten agar tercapai tujuan SEO dan memberikan manfaat kepada pembaca dengan bacaan seringkas mungkin.