ombak laut

Apa Yang Menyebabkan Terjadinya Ombak Laut?

Tiap kita pergi ke pantai, selalu saja ada ombak, kok bisa ya dan kenapa penyebabnya?
Tiap kita pergi ke pantai, selalu saja ada ombak, kok bisa ya dan kenapa penyebabnya?

Kita semua tentunya mengetahui bahwasanya di laut selalu saja ada gelombang ombak laut yang menghembus hingga ke pesisir pantai, tapi apa penyebab dari terjadinya ombak laut itu sendiri dan bagaimana prosesnya?

apa yang menyebabkan terjadi ombak laut

Ombak laut terjadi karena angin laut, angin tersebut kemudian mentransfer energinya ke perairan yang menyebabkan riak-riak, alun/bukit, kemudian terbentuklah gelombang air laut. Gelombang air laut itu sendiri membentuk kurva/grafik sinusoidal. Ssesuai yang dikutip dari artikel ITS.

Baca juga: Tristan da Cunha, Pulau Sempurna yang Sangat Terisolasi

Jenis-jenis Gelombang Ombak Laut

  1. Gelombang Laut Pembentuk Pantai yang ketinggiannya rendah dan kecepatannya tinggi.
  2. Gelombang Laut Perusak Pantai yang ketinggiannya tinggi dan kecepatannya rendah.
  3. Gelombang Kapiler yang mempunyai panjang gelombang (total jarak tempuh) hingga 1,7 meter dan periode durasi 0,2 detik karena tegangan permukaan dan tekanan angin yang tidak kuat.
  4. Gelombang Angin yang panjang gelombangnya hingga 130 meter dengan periode 0,2-0,9 detik dan biasanya disebabkan oleh angin kencang.
  5. Gelombang Pasang Surut (Tidal Wave) yang terjadi karena fluktuasi dari interaksi gravitasi bumi dan gravitasi bulan pada malam hari.

Mengenai proses terjadinya suatu ombak laut memang sangat menarik dari sisi ilmiah karena ternyata angin kencang dapat menyebabkan aliran perairan berubah arah membentuk suatu gelombang ketika terbawa tekanan.

Mungkin kamu tertarik mengetahui bahwa di masa depan bumi tidak akan layak huni lagi.

Tapi apakah kamu pernah berpikir bahwa ombak laut itu mempunyai manfaat? Ternyata benar saja bahwa alam melakukan hal demikian pasti karena ada manfaatnya. Berikut manfaat gelombang laut:

Manfaat Gelombang Laut

  • Menjaga kestabilan suhu dan iklim dunia
  • Membantu terbentuk dan terjaganya pantai terutama pesisir dengan kelimpahan pasir
  • Melalui permukaan ombak terjadi pertukaran gas
  • Meningkatkan kemampuan adaptasi dari keanekaragaman makhluk hidup.
ombak laut

Jadi sudah jelas ya bahwa kenapa bisa terjadi ombak laut? Karena angin laut memberikan tekanan pada permukaan air hingga menciptakan aliran gelombang ketika terbawa oleh angin laut, terciptalah ombak.

Artikel rekomendasi sainsologi: Nikmati Indahnya Kawah Gunung Ijen yang Mengeluarkan Api Biru

Hembusan angin laut memang sangat membawa ketenangan pada tiap hebosannya, tetapi tentu saja hal itu akan berdampak pada penciptaan laut yang juga memberikan banyak dampak positif.

Jadi itulah teman-teman mengenai bagaimana terciptanya suatu gelombang laut. Sejak dahulu kala memang benar adanya bahwa nenek moyang kita adalah pelaut dan mereka mengandalkan arah angin serta ombak yang ada di lautan untuk berlayar.

Elang
Penulis konten dengan memerhatikan strategi produksi konten agar tercapai tujuan SEO dan memberikan manfaat kepada pembaca dengan bacaan seringkas mungkin.