6 Manfaat Hewan bagi Lingkungan Sekitar

Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup tanpa bantuan mahkluk hidup lainnya, dalam upayanya memenuhi kehidupan sehari-hari manusia akan memanfaatkan makhluk lain, seperti tumbuhan dan hewan.

Sebagai contohnya yaitu hewan memerlukan bantuan manusia untuk dapat tumbuh dan berkembang biak. Sebaliknya, manusia juga membutuhkan hewan untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam hidupnya. 

Manfaat Hewan bagi Manusia 

Manusia sangat bergantung dengan hewan dalam pemenuhan berbagai kebutuhan serta keberlangsungan hidupnya. Berikut beberapa manfaat hewan dalam kehidupan manusia. 

1. Plankton (fitoplankton dan zooplankton) sebagai produsen oksigen

Plankton adalah organisme mikroskopis yang tinggal di laut, organisme ini sebenarnya dapat diklasifikasikan sebagai tanaman dan hewan. Fitoplankton adalah organisme yang mirip tumbuhan, ia memiliki klorofil sehingga mampu melakukan fotosintesis. Sedangkan, zooplankton merupakan organisme mirip hewan yang biasa mengkonsumsi fitoplankton.

Salah satu jenis fitoplankton, Prochlorococcus menghasilkan oksigen untuk satu dari lima kali tarikan napas manusia. Tak hanya membantu menghasilkan oksigen melalui fotosintesis, fitoplankton juga mampu menyerap karbon dari atmosfer dan menyimpannya jauh di dalam lautan. 

Proses plankton menyimpan karbon mirip dengan proses yang dilakukan pohon pada saat menyimpan karbon di dalam daun.

2. Primata sebagai penjaga hutan hujan tropis

Primata memiliki peran yang penting bagi ekologis atau lingkungan di iklim tropis dan subtropis. Sebagai makhluk hidup yang tinggal di hutan, mereka bertugas untuk menyebarkan biji dan serbuk sari melalui kegiatan makan dan buang air besar yang mereka lakukan. Biji yang disebarkan secara tidak sengaja oleh primata ini akan membantu pertumbuhan tanaman-tanaman baru. 

Mereka juga membantu menjaga hutan hujan agar tetap sehat, beragam dan berkembang. Hutan hujan yang terjaga akan membawa dampak positif yang besar serta mempengaruhi pola curah hujan global. Saat tumbuhan dan hutan semakin terjaga, maka manusia dapat selalu menghirup udara segar serta menikmati cuaca yang nyaman.

3. Kupu-kupu sebagai tanda perubahan iklim

Kupu-kupu membuat dunia semakin berwarna karena keindahan sayap yang mereka miliki. Tak hanya memberi keindahan, ternyata hewan cantik satu ini juga membawa banyak dampak postif bagi manusia. 

Hewan ini kerap hinggap di bunga-bunga yang memiliki warna cerah dan memakan nektar bunga tersebut. Hal ini berdampak  baik untuk taman,  karena saat mereka melakukan hal tersebut kupu-kupu mengumpulkan serbuk sari dan membawanya ke tanaman lain.

Kupu-kupu juga kerap dijadikan objek untuk melihat perubahan lingkungan dan iklim oleh para ilmuwan. Kupu-kupu cenderung bermigrasi ke daerah lain ketika suhu meningkat. Mereka akan tinggal di iklim yang lebih ringan dan ramah untuk mereka. Dapat dipastikan lingkungan yang terdapat banyak kupu-kupu sangat baik untuk dijadikan tempat tinggal manusia.

4. Kelelawar sebagai pembasmi serangga dan penyebar benih tanaman

Kelelawar adalah salah satu konsumen serangga terbesar, sehingga kehadiran hewan ini dapat membantu manusia untuk mengendalikan populasi serangga. Serangga sendiri merupakan makhluk hidup yang mampu mengganggu keberlangsungan hidup tumbuhan jika jumlahnya tidak terkendali. 

Hewan ini juga membantu mengendalikan populasi nyamuk yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya bagi manusia. Kotoran kelelawar juga dapat membantu dalam penyebaran benih dan membantu tanaman tumbuh dan tetap beragam. Hal ini dikarenakan kotoran kelelawar banyak mengandung biji dan benih dari buah maupun tanaman yang dikonsumsi oleh mereka. 

5. Anjing sebagai sahabat manusia

Anjing merupakan salah satu hewan yang paling banyak dijadikan sahabat dan dekat dengan manusia. Selain dijadikan sebagai sahabat manusia, anyak anjing bekerja untuk kepolisian dan militer. Ada juga anjing yang dapat dilatih untuk membantu orang-orang disabilitas serta membantu manusia yang sedang dalam masa penyembuhan. 

Menurut penelitian anjing memiliki manfaat bagi kesehatan mental manusia dan mendukung manusia dalam masalah kesehatan mental seperti depresi, kecemasan dan banyak lagi. Anjing bisa menjadi teman hidup yang setia dan rela berkorban pada manusia serta menjaganya dengan baik.

6. Kuda sebagai alat transportasi

Kuda juga menjadi salah satu hewan yang memiliki banyak peranan dalam kehidupan manusia.  Sejak zaman dahulu kuda biasa dipakai tenaganya sebagai alat transportasi. Kuda biasa membantu manusia untuk menarik gerobak, dokar, kereta kencana, delman maupun ditunggangi secara langsung. 

 

Sekian pembahasan mengenai manfaat hewan yang sangat banyak untuk kehidupan manusia, hal inilah yang menyebabkan manusia sangat bergantung dengan hewan. Semoga artikel ini dapat membantu serta bermanfaat untuk Anda.