Olahan Susu Kambing

7 Kreasi Olahan Susu Kambing Sehat Berkhasiat

Olahan Susu Kambing, sering bingung anak susah diajak minum susu kambing? Karena mengandung asam kaproat, susu kambing memiliki aroma yang khas bau prengus. Terkadang inilah alasan mengapa, jangankan anak-anak, kita saja juga enggan mengkonsumsi minuman satu ini.
Olahan Susu Kambing, sering bingung anak susah diajak minum susu kambing? Karena mengandung asam kaproat, susu kambing memiliki aroma yang khas bau prengus. Terkadang inilah alasan mengapa, jangankan anak-anak, kita saja juga enggan mengkonsumsi minuman satu ini.

Olahan Susu Kambing, sering bingung anak susah diajak minum susu kambing? Karena mengandung asam kaproat, susu kambing memiliki aroma yang khas bau prengus. Terkadang inilah alasan mengapa, jangankan anak-anak, kita saja juga enggan mengkonsumsi minuman satu ini. Meskipun pada dasarnya susu kambing kaya akan manfaat. Menjadi obat bronkitis, alergi, meningkatkan kekebalan tubuh, dan lain sebagainya. Susu kambing juga dipercaya bisa mengobati penyakit kandung empedu atau batu empedu.

Sebelumnya, saya sudah membahas tentang 7 Manfaat Susu Kambing ini Jarang Orang Ketahui! mungkin kamu tertarik untuk membacanya juga!

Tidak hanya itu, untuk mendukung tumbuh kembangnya, seorang anak membutuhkan asupan kalori dari makanan atau minuman yang ia konsumsi. Di setiap satu cangkir susu kambing mengandung 168 kalori dan 6,5 gram lemak jenuh. Kedua kandungan tersebut lebih tinggi dibandingkan susu sapi. Terlebih lagi susu kambing kaya akan zat besi yang berfungsi mengatasi anemia. Wah, banyak ya Bun manfaat dari susu kambing.

Nah apa kabarnya, nih? Menghadapi anak bermasalah dengan aroma susu kambing pastinya bikin kepala para bunda mumet. Oleh karena itu, kali ini saya akan berbagi 7 (tujuh)  kreasi makanan olahan susu kambing yang bisa bunda coba di rumah.

7 Kreasi Olahan Dari Susu Kambing Sehat Berkhasiat

Olahan Susu Kambing

7 Olahan Susu Kambing Sehat

 1. Pancake Susu Kambing.

Selain cara membuatnya mudah dan praktis, pancake juga banyak digemari orang dewasa maupun anak-anak sebagai cemilan yang mengenyangkan. Apalagi saat hujan, dimakan hangat-hangat. Wenak tenan (hehehe). Pancake atau panekuk merupakan kue dadar yang dibuat dari terigu, telur ayam, gula dan susu. Nah, dibagian susu ini kalau biasanya bunda menggunakan susu sapi (susu UHT), sekarang ganti dengan susu kambing.

2. Pie Susu kambing

Nah, ini lagi makanan kekinian yang sering digadang-gadangkan anak kecil. Apalagi diluar sana harga kue pie susu sedikit mahal (menurut saya). Agar menghemat biaya, ada baiknya bunda manfaat bahan yang ada di dapur saja. Dijamin pie susu buatan bunda tidak akan ditolak oleh si kecil meskipun bahannya dari susu kambing.

3. Puding Susu Kambing

Tidak hanya itu,  bunda juga bisa mengolah susu kambing menjadi puding yang enak dan lezat. Keberadaan puding hingga kini terus berinovasi, ada pusing mangga, pusing coklat, puding pisang dan lain-lain. Bunda dapat mencoba mengolah susu kambing menjadi puding juga. Hemat dan ekonomis. Soal agar-agar bubuk? di warung depan juga ada.

4. Roti Panggang Susu Kambing

Bunda juga bisa membuat roti panggang kesukaan si kecil menggunakan susu kambing. Apalagi bagi bunda yang anaknya Alergi susu sapi. Bisa nih, dicoba menggantikan susu sapi dengan susu kambing. Cara membuatnya juga tidak beda dengan roti biasa. Tidak hanya menjadi kesukaan si kecil, ini juga bisa menjadi cemilan keluarga. Hari minggu bersama keluarga semakin sempurna dengan makanan sehat dan lezat satu ini.

5. Susu Kambing Strawberry

Nah, untuk bunda yang anaknya kurang suka ngemil, bisa juga bunda mengsiasati dengan menambahkan perasa strawberry ke dalam susu kambing. Rebus susu dengan api kecil, tambahkan gula pasir dan esense strawberry. Masak sambil sesekali diaduk, jangan sampai mendidih, hanya sampai keluar uapnya saja. Kemudian dingin dan simpan di kulkas atau freezer. Hasilnya dijamin maknyus.

6. Klapertaart Lumer Susu Kambing

Bunda, makanan khas Manado satu ini juga bisa menjadi ide bunda dalam mengolah susu kambing menjadi makanan kesukaan si kecil. Klapertaart yang biasa berbahan dasar terigu, kelapa, susu, mentega dan telur, bisa bunda siasati menjadi klapertaart lumer. Gunakan bahan-bahan yang selalu nongkrong di dapur. Mulai dari terigu, air panas, margarin atau mentega, maizena, susu kambing, kayu manis dan gula pasir, untuk kelapanya di belakang rumah juga pasti banyak (bagi orang kampung macam kami, orang kota bisa beli).

7. Sop Buah Susu Kambing

Makanan satu ini pastinya tidak asing lagi ‘kan, bun? Apalagi saat musim kemarau, salah satu makanan yang sangat digadang-gadangkan tentunya sop buah. Kesegaran dari buah dan susu tidak hanya membuat tubuh yang tadinya gerah menjadi bugar, tapi juga pikiran yang tadinya lelah jadi segar. Persediaan buah di rumah bisa bunda sulap menjadi makanan satu ini. Tentunya menggunakan susu kambing yang sedari tadi kita bahas.

Setelah melihat 7 (tujuh) kreasi makanan olahan susu kambing, mana nih yang bunda pengen bikin? Pilih makanan yang paling diminati oleh si kecil ya, bun. Biar gak jadi ribet nantinya. Udah capek bikin malah dilepehin.

Oh iya, bunda-bunda yang anaknya lebih suka mengkonsumsi jajanan di luar gak perlu khawatir. Ada kok olahan susu kambing yang instan alias buatan pabrik maupun olahan tangan orang lain. Baik itu keju, yogurt, dan lain-lain. Jadi, usahakan si kecil tetap mengkonsumsi makanan dan minuman sehat ya, bun. Cari penyakit itu mudah, cari obatnya yang susah. Apotek ‘kan banyak? Iya, manjurnya itu loh belum tentu. Buat jaga-jaga ya kudu jaga pola hidup. Eh, lari kemana ini?

Sekian dari saya, semoga ulasan saya hari ini bermanfaat untuk bunda sekalian.