Apresiasi Seni Rupa – Pengertian, Proses, Tujuan, Manfaat, Jenis, Tahapan

Mengapresiasi karya seni adalah menilai maupun juga memberikan suatu penghargaan pada  karya seni itu. Sebab, di dalam karya seni memiliki unsur keindahan yang bisa dinikmati oleh orang-orang

Mengenal Apresiasi Seni Rupa

Apresiasi asalnya dari Bahasa Latin yaitu appretiatus yang bermaksud penilaian maupun penghargaan. Appreciate pada Bahasa Inggris bermaksud dalam memberikan nilai, kemudian menyaksikan karya, Kemudian mengetahui keindahan karya seni itu lalu menghayatinya pula. Sehingga mengapresiasi yakni maksudnya berusaha dalam mengartikan tentang seni hingga bisa memantau segi-segi yang terdapat  di dalam seni itu, maka secara sadar bisa menikmati hingga menilai karya seni dengan cara semestinya.

Apresiasi seni adalah sebuah proses untuk penghayatan sebuah karya seni yang disegani serta suatu penghargaan yang terdapat di karya seni itu maupun pembuatnya. Pada dasarnya apresiasi seni dapat diartikan sebagai kesadaran dalam hal menilai lewat cara menghayati sebuah  karya seni.

Kegiatan Apresiasi yakni:

  • Mengerjakan pengamatan pemahaman.
  • Penilaian maupun juga evaluasi.
  • Mengkritik

Kegiatan seni adalah kegiatan yang secara khusus maupun juga  istimewa dan merupakan aktivitas yang memberikan kesan tentang dunia dan sekelilingnya lewat sentuhan artistik hingga  keindahan karya  yang ada. 

Terbentuk dari  Dua Kemungkinan Hal 

  • Proses apresiasi yang  efektif

    terjadi akibat pengamatan seni yang cepat memperoleh rasa empati hingga rasa puas.

  • Proses apresiasi yang kreatif

    terjadi saat pengamat seni tahu bagaimana menghayati hingga menilai dengan memakai aspek logika dalam memutuskan nilai sebuah  karya seni.

Tahapan Khusus pada  Proses dari Apresiasi Kreatif

Pengamatan berdasarkan Objek Karya Seni; Merujuk Verbeek mengenai hal tersebut bahwa pengamatan tidak cuma memakai satu indra saja, tetapi  juga ikut pemberdayaan semua pribadi. Maka ketajaman penglihatan individu merujuk pada perasaan, pengetahuan, pengalaman, keinginan, dan anggapan daei seseorang.

  • Aktivitas fisiologis, perlakuan nyata untuk mengerjakan sesuatu

    Aktivitas psikologis, muncul akibat pandangan hingga evaluasi kemudian  muncul penerjemahan imajinatif dan penarikan dalam mengerjakan hal kreatif.

  • Aktivitas penghayatan, aktivitas perenungan suatu objek

    Kegiatan penghargaan, muncul karena evaluasi pada objek evaluasi dapat terdiri dari saran maupun kritikan.

Tujuan Apresiasi Seni Rupa

Tujuan akhir sesudah mengerjakan aktivitas apresiasi seni rupa adalah sebagai:

  • Pengembangan kreasi maupun estetis.
  • Pengembangan maupun penyempurnaan hidup.

Manfaat Apresiasi

Alasan seseorang mengerjakan aktivitas apresiasi pada karya seni rupa? Pastinya banyak sekali kegunaan yang bisa kita miliki apabila kita mengerjakan apresiasi pada sebuah karya seni rupa, di antaranya ialah:

Supaya kita bisa mengetahui sebuah rupa karya seni. Maksudnya, kita tidak cuma tahu bahwa itu merupakan karya seni. Namun,  kita mengerti karya seni itu dari seluruh sisi.

Supaya  kita bisa meningkatkan maupun juga memupuk kecintaan kita pada sebuah karya seni, baik itu dari  karya seni pada bangsa sendiri hingga dari luar. Kemudian, juga bisa meningkatkan hingga memupuk kecintaan pada sesama manusia.

Sebagai sarana  dalam melakukan, penikmatan, penilaian, empati, edukasi, dan hiburan.

Apresiasi juga bisa memunculkan hubungan sebab akibat yang positif dari pecinta karya seni dan pencipta.

Selain itu, supaya kita juga bisa mendapatkan sebuah pengalaman maupun ilmu baru saat menikmati karya seni rupa hingga sebagai suatu bekal dalam menciptakan maupun juga mengembangkan sebuah karya seni yang lebih baik hingga berkualitas.

Jenis Jenis Apresiasi

Apresiasi pada karya seni sendiri bisa dibedakan dengan tiga jenis, yakni:

  • Apresiasi empatik

        yakni menilai maupun menghargai sebuah karya seni yang bisa dibawa hanya dari  indrawi saja.

  • Apresiasi estetis

    yakni menilai maupun juga menghargai sebuah karya seni dengan menghadirkan pengamatan serta penghayatan yang sangat  mendalam.

  • Apresiasi kritik

    yakni menilai mapun menghargai sebuah karya seni dengan menyertakan deskripsi, klasifikasi, tafsiran, analisis, dan evaluasi kemudian menyimpulkan perolehan penilaian maupun penghargaannya. Apresiasi ini bisa dikerjakan dengan memantau sebuah benda dengan  langsung hingga nyata.

Tahapan Apresiasi

Selain jenis-jenis apresiasi yang sudah ketahui, untuk melakukan sebuah apresiasi seni yang kreatif juga membutuhkan lima cara khusus sebagai berikut:

  • Pengamatan : Pemantauan terhadap sebuah karya seni ini tidak dikerjakan dengan satu indra saja. Akan tetapi, dengan memanfaatkan seluruh pribadi. Artinya apresiasi ini juga dikerjakan dengan ketajaman penglihatan seseorang maupun pengetahuan di  ilmu seni.
  • Aktivitas Fisiologis : kegiatan fisiologis merupakan tindakan nyata saat mengerjakan sebuah pengamatan.
  • Aktivitas Psikologis : kegiatan psikologis adalah persepsi dengan adanya evaluasi yang nantinya bisa menimbulkan sebuah interpretasi imajinatif gunai pendorong kreativitas.
  • Aktivitas Penghayatan : kegiatan penghayatan bisa dilakukan dengan memantau sebuah objek karya seni dengan mendalam.
  • Aktivitas Penghargan: kegiatan penghargaan adalah sebuah evaluasi pada objek dengan memberikan saran atau kritikan.

Sumber Gambar: Pexels Free Images