Beasiswa Turki Fully-Funded 2021 dan Persyaratannya

Sebagai salah satu destinasi favorit bagi pelajar di Indonesia untuk melanjutkan jenjang pendidikannya, segera daftarkan dirimu karena kesempatan dan peluang emas ini harus digunakan sebaik mungkin!
Beasiswa Turki Fully-Funded 2021 dan Persyaratannya

Beasiswa Turki tahun 2021 sudah dibuka pendaftarannya. Bagi kalian yang ingin menempuh ke jenjang kuliah bisa nih daftar di beasiswa ini. Setiap tahun, Pemerintahan Turki membuka program beasiswa untuk mahasiswa asing di seluruh dunia. Pemerintah Turki menawarkan Turkiye Scholarships dengan beasiswa penuh bagi pendaftar asing untuk melanjutkan kuliah S1, S2, dan S3 di universitas-universitas di Turki.

Baca juga: Apa maksud pernyataan Karl Marx “agama adalah candu”?

Beasiswa Turki (Türkiye Scholarships) menggunakan formulir pendaftaran online beasiswa dan pelamar bisa mendaftar langsung ke universitas yang diminati. Pada saat pelamar dinyatakan mendapat beasiswa, maka pelamar terus bisa langsung diterima pada universitas di Turki.

Info untuk program studi dan perguruan tinggi bisa dilihat di link ini yah: https://www.turkiyeburslari.gov.tr/search/scholarshipsearch

Dalam beasiswa ini anda akan belajar bahasa Turki terlebih dahulu selama 1 tahun sebelum perkuliahan.

Baca juga: Apa saja alasan orang pindah kewarganegaraan?

Beasiswa Turki Fully-Funded 2021 dan Persyaratannya

Turki adalah salah satu negara favorit tujuan para mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan studi tingginya baik itu untuk program sarjana (S1), program magister (S2), dan program doktoral (S3). Karena dengan banyaknya kemudahan dan akses yang serba ada, para siswa Indonesia dapat menikmati begitu banyak fasilitas di negara Turki sebagai mahasiswa.

Apalagi dengan tunjangan biaya hidup yang cukup mumpuni, ditambah kamu juga bisa menambah pengalaman dengan kerja part-time ataupun magang pada akhir pekan demi menambah portfolio dalam resume kamu.

DURASI PROGRAM:

  • 1. Program S1 (Undergraduate Program): 4 s/d 6 tahun (tergantung durasi masing-masing program studi) + 1 tahun kursus bahasa Turki.
  • 2. Program S2 (Master’s Program): 2 tahun + 1 tahun kursus bahasa Turki.
  • 3. Program S3 (PhD Program): 4 tahun + 1 tahun kursus bahasa Turki.

Durasi dari beasiswa yang ditawarkan juga cukup menarik karena kamu dapat sekaligus mempelajari bahasa turki, kamu bisa menjadi orang hebat yang menjadi polyglot atau pandai berbahasa asing.

CAKUPAN BEASISWA TURKI:

  • 1. Gratis biaya kuliah hingga lulus studi.
  • 2. Tunjangan per bulan senilai 800 TL (± Rp 1,5juta) untuk mahasiswa S1, 1100 TL (± Rp 2juta) untuk mahasiswa S2, dan 1600 TL (± Rp 3juta) untuk mahasiswa S3.
  • 3. Akomodasi/Tempat tinggal.
  • 4. Asuransi kesehatan.
  • 5. Biaya perjalanan PP (Indonesia-Turki) pada awal dan akhir masa studi.
  • 6. Gratis kursus bahasa Turki selama satu tahun sebelum perkuliahan.
  • 7. Penerima beasiswa juga akan mendapatkan bimbingan sosial, budaya, dan akademik dalam bentuk kongres, seminar, akademi mahasiswa internasional, program-program terkait olahraga dan seni, pelatihan, peluang magang, dan orientasi karier.
Beasiswa Turki Fully-Funded 2021 dan Persyaratannya

Baca juga: 7 Negara dengan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Terbanyak

Persyaratan Beasiswa Turki

  1. Merupakan warganegara selain Turki (mereka yang sebelumnya merupakan warganegara Turki tidak dapat mendaftar).
  2. Sebelumnya tidak terdaftar sebagai mahasiswa di universitas Turki pada jenjang studi yang dilamar.
  3. Telah menyelesaikan SMA/SMK/Sederajat, S1 atau S2 sebelum September 2021. Untuk pelamar kelas 12 SMA/SMK/Sederajat, atau mahasiswa yang akan lulus sebelum September 2021 juga bisa mendaftar.
  4. Berusia maksimal 21 tahun untuk pelamar program S1, maksimal 30 tahun untuk pelamar program S2, dan maksimal 35 tahun untuk pelamar program S3.
  5. Nilai rata-rata minimum 70 untuk pelamar beasiswa S1, minimum 75 untuk pelamar beasiswa S2 dan S3, serta minimum 90 untuk pelamar Program Kedokteran, Kedokteran Gigi, dan Farmasi.
  6. Pelamar tidak diharuskan dapat berbahasa Turki, karena para penerima beasiswa nantinya akan mendapatkan kursus bahasa Turki gratis sebelum masa perkuliahan.

Baca juga: Mengenal Yanisari, pasukan infantri terbaik di dunia pada masanya

BERKAS DOKUMEN YANG DIBUTUHKAN (SOFTCOPY):

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau paspor yang masih berlaku (Untuk mempercepat tahapan akhir pendaftaran beasiswa, sangat disarankan pelamar melampirkan paspor sebagai dokumen identitas mereka atau setidaknya menunjukkan paspor yang valid pada saat wawancara beasiswa).
  2. Pasfoto terbaru (sebaiknya berpakaian resmi).
  3. Hasil ujian akhir (bagi peserta yang tidak mempunyai kualifikasi atau sertifikasi internasional).
  4. Ijazah atau Surat Keterangan Lulus sementara.
  5. Transkrip Nilai/Rapor semester 1 s/d semester terakhir yang diterima dan telah dilegalisasi pihak sekolah/universitas asal.
  6. Nilai ujian internasional (GRE, GMAT, DELF, YDS, YÖS, dll) jika diminta oleh pihak universitas dan program studi yang dipilih.
  7. Nilai hasil ujian bahasa TOEFL/IELTS (jika diminta oleh pihak universitas dan program studi yang dipilih).
  8. Proposal penelitian dan contoh karya tulis/jurnal (hanya untuk pelamar program PhD).
  9. Surat Rekomendasi dalam bahasa Inggris dari kepala sekolah/guru/pejabat/dosen/petinggi instansi. Bisa melampirkan 1-3 surat.
  10. Scan piagam/sertifikat/project/volunteer yang pernah diikuti. Tidak perlu diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, karena ada kolom deskripsi.
  11. Letter of Intents, yaitu Motivation Letter dengan format tanya jawab (maksimal 3000 karakter per pertanyaan) mengenai alasan belajar ke Turki, mengapa memilih bidang studi tersebut, rencana karir setelah lulus, dsb.
  12. Diisi dalam bahasa Inggris atau Turki. Pilihan universitas dan jurusan (maksimal 12 pilihan). Sebaiknya fokus pada satu jurusan.

Baca juga: Mengapa para mahasiswa yang kuliah di luar negeri tidak mau pulang ke Indonesia?

Tata Cara Pendaftaran Beasiswa Turki

1. Pendaftaran Beasiswa Turki 2021 dapat dilakukan secara online pada website resminya: tbbs.turkiyeburslari.gov.tr. Klik tulisan Register untuk membuat akun baru, masukkan email dan password yang akan digunakan saat login. Cek e-mail untuk konfirmasi link aktivasi akun.

2. Untuk mengisi formulir pendaftaran beasiswa Turki, pelamar dapat kembali pada website tbbs.turkiyeburslari.gov.tr, dan memasukkan e-mail dan password yang tadi sudah didaftarkan.

3. Selanjutnya isi formulir sesuai dengan data-data yang diminta. Jangan lupa seluruh dokumen yang akan diupload, harus sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris atau Turki.

4. Batas waktu pendaftaran Beasiswa Turki sampai dengan 20 FEBRUARI 2021.

5. Bagi pelamar yang lolos seleksi administrasi akan mengikuti seleksi wawancara yang akan diinformasikan melalui email yang sudah didaftarkan. Periode wawancara antara bulan Maret s/d Juni 2021.

6. Pengumuman akhir penerima beasiswa dilaksanakan pada bulan Juli 2021. Masa studi di Turki akan dimulai pada bulan September 2021.

Nah, itu dia lumayan menarik kan tapi batas pendaftarannya sampai tanggal 20 Februari 2021 lho, segera bookmark halaman ini agar kamu tidak ketinggalan informasi beasiswa lainnya yang akan admin sainsologi post di kemudian hari.

Lalu, admin sainsologi juga akan menyediakan beberapa soal latihan agar melancarkan proses beasiswa kamu mulai dari soal latihan program beasiswa ke Jepang hingga ke Jerman. Soal tesnya agak sulit tapi kamu pasti bisa, jadi jangan lupa bookmark Sainsologi yah sebagai platform informasi beasiswa, berita sains, dan hal menarik lainnya!