Cara Menanam Bawang Merah di Rumah dan Manfaat Untuk Kesehatan

Photo by Kindel Media from Pexels

Cara menanam bawang merah dirumah sebenarnya cukup mudah dan mirip dengan media pertanian besar. Hanya saja menanam sayur atau tanaman dari rumah menggunakan media kecil.

Salah satu bumbu dapur yang sangat dibutuhkan dalam berbagai kebutuhan masakan. Selain itu memiliki kegunaan yang lain dalam kebutuhan kesehatan.

Oleh karena itu, menanam tanaman jenis umbi lapis sendiri akan lebih sehat. Apalagi ketika merawatnya menggunakan pupuk organik saja. 

Tentu kandungan nutrisi dalamnya akan lebih baik. Daripada dengan yang kita rawat menggunakan pupuk pestisida yang justru berbahaya.

Cara Menanam Bawang Merah di Rumah

Nah melakukan budidaya tanaman ini cukup mudah. Kita bisa memanfaatkan sisa ruang yang ada di samping atau belakang rumah pekarangan. Tidak harus luas namun cukup cahaya matahari dan air.

Siapkan Media Tanam

Pertama kita siapkan media yang akan digunakan. Bisa langsung pada tanah, namun kita harus mempersiapkan supaya gembur dan campur dengan pupuk organik yang baik.

Bisa juga menggunakan wadah atau pot yang diisi oleh tanah dan pupuk. Tinggal sesuaikan sisa lahan yang ada di rumah masing-masing. Akan lebih baik jika menanam bawang merah pada musim kemarau, karena udaranya cocok.

Cara Menanam Bawang Merah

Kedua kita bahas cara penanaman, agar bawang merah lebih cepat tumbuh kita bisa melakukan ini. Potong pada ujung lancip bawang merah sedikit, agar bisa tumbuh tunas.

Tanam dengan cara sedikit menekan ke tanah gembur tadi. Lalu kubur, usahakan tidak terlalu dalam. Karena hal ini akan membuat tunas susah naik ke permukaan.

Pastikan ketika menanam bawang merah kita membuat jarak pasti. Jangan terlalu berdekatan paling tidak satu jengkal orang dewasa, hal ini akan berpengaruh pada hasil panen.

Karena satu biji bawang merah bisa menjadi satu bongkah yang berisikan beberapa tuas. Oleh karena itu, jaraknya akan menjadi tempat untuk tumbuh kembang dan tidak saling berebutan.

Penyiraman

Cara menanam bawang merah ini cukup mudah bukan? Langkah selanjutnya cara perawatannya saja yang perlu kita rutinkan.

 Ketika menanam tanaman ini kita wajib menyiramnya setiap hari. Baik pada pagi atau pada sore hari ketika matahari sudah tidak terik lagi. Semakin besar usaha penanaman akan lebih jarang penyiramannya.

Masa Panen

Nah merawatnya setiap hari jangan lupa menyertakan pupuk juga. Karena akan membantu untuk perkembangan juga menangkal hama yang akan mendekat.

Oleh karena itu kita akan memperoleh panen yang maksimal. Ketika masuk ke masa panen, kondisi bawang merah akan terlihat siap untuk kita cabut.

Daunnya mulai rebah dan berwarna agak kuning. Sedangkan umbi terlihat ungu kemerahan sipa untuk kita panen. 

Manfaat Bawang Merah

Setelah membahas mengenai cara menanam bawang merah tadi. Kita akan memberikan pembahasan mengenai manfaatnya.

Tidak hanya untuk bumbu dapur saja. Kita akan terbantu dalam beberapa masalah kesehatan loh. Misalnya dari kandungan antibakterinya yang sudah masuk dalam sebuah penelitian dari luar negeri. Secara aktif akan membantu untuk melawan terjadinya infeksi pada tubuh.

Selain itu untuk kandungan antioksidannya akan membantu mencegah terjadinya resiko radikal bebas. Hal ini akan menguntungkan para penderita kanker, jantung dan diabetes. Apalagi untuk mengontrol gula darah dalam tubuh yang berlebihan akibat konsumsi tidak sehatnya.

Semua bisa lebih lengkap dibahas oleh SehatQ. Beberapa review artikelnya menjelaskan mengenai bawang merah dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Cara menanam bawang merah cukup mudah dan sangat bermanfaat. Jadi tunggu apalagi segera coba dan rasakan khasiat alaminya.