mengobati insomnia penyakit susah tidur

Manfaat Lavender Untuk Menyembuhkan Insomnia atau Gangguan Tidur

Insomnia terkadang mengganggu jam tidur kita bahkan hingga pekerjaan, tapi Lavender bisa membantu lho!
Insomnia terkadang mengganggu jam tidur kita bahkan hingga pekerjaan, tapi Lavender bisa membantu lho!

Halo semua, kembali lagi dengan kami dari sainsologi. Kali ini mimin mau menjelaskan kepada kalian tentang bunga lavender yang bisa mengobati penyakit insomnia

Wah, apakah kalian penasaran bagaimana bisa bunga lavender mengobati insomnia? Yuk kita simak penjelasannya. 

Artikel menarik untuk dibaca: Sekelompok Orang yang Menolak Kelahiran Manusia

Tidur merupakan kebutuhan sehari-hari pada manusia. Terkadang waktu tidur seseorang juga tidak semuanya normal. Ada saja yang waktu tidurnya terganggu dikarenakan lembur kerja, terlalu banyak tugas, dan harus menyelesaikan deadline. Bahkan, ada juga yang waktu tidurnya terlalu banyak dikarenakan aktivitasnya hanya dirumah dan tidak memiliki kegiatan lain. 

Selain itu, bisa tidur nyenyak dengan tenang dan merasa aman adalah salah satu nikmat, apalagi jika kamu bisa bermimpi indah saat tidur. Tapi tidak semua orang dapat merasakannya.

Adapun yang memiliki susah tidur padahal merasa dirinya sudah lelah dan hal ini disebut dengan insomnia. Keadaan dimana seseorang mengalami kesulitan tidur padahal memiliki waktu yang cukup digunakan untuk tidur. Hal ini menyebabkan tubuh kita menjadi tidak fit dikarenakan kurang tidur. Penyebab insomnia bisa dilihat dengan stres, dilema, kebiasaan tidur yang buruk, pengaruh obat-obatan tertentu, dan juga kebanyakan mengonsumsi kafein. 

cara mengobati insomnia kucing tidur

Insomnia ini juga memliki dua jenis, yaitu insomnia primer dan insomnia sekunder. Insomnia primer itu tidak terkait dengan gangguan kesehatan, sedangkan insomnia sekunder terkait dengan gangguan kesehetan lain. Contoh dari insomnia sekunder adalah radang sendi, asam, depresi, dan refluks asam lambung (GERD). Insomnia sekunder juga bisa disebabkan karena mengonsumsi obat-obatan dan alkohol. 

Di Indonesia jumlah penderita insomnia 10% dari populasi penduduk Indonesia yaitu sekitar 28 juta orang. Diperkirakan sekitar 150 juta orang di seluruh dunia mengalami insomnia. Survei tahunan Philips mengungkapkan bahwa mayoritas orang dewasa secara global atau 67% menganggap bahwa tidur berdampak penting bagi keseluruhan kesehatan mereka. Setelah tidur malem yang tidak berkualitas, mereka merasa lelah (46%), murung tu mudah marah (41%), tidak termotivasi (39%), dan mengalami kesulitan berkonsentrasi (39%). 

Untuk mengatasi insomnia tersebut tidak hanya dengan obat-obatan saja. Nah, ternyata ada loh yang bisa mengobati penyakit insomnia ini dengan bahan alami. Bunga lavender dianggap bisa mengobati penyakit insomnia. 

Nah yang bisa mengobatinya adalah bunga lavender, entah bisa kamu jadikan aromaterapi ataupun sekedar menanamnya di halaman rumah. Ketika lelah membuang energi seharian untuk bekerja, kamu dapat merasakan ketenangan pikiran juga ketika menghirup bunga lavender.

Bunga lavender dengan warna,bentuk, dan harum yang khas memiliki manfaat untuk mengobati penyakit insomnia. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PubMed Cental Korean Society of Nursing Science membuktikan bahwa dengan menghirup aroma bunga lavender bisa membuat pikiran tenang dan santai sehingga memudahkan tubuh mengantuk. 

Mungkin kamu tertarik untuk membaca: Mengapa Manusia Mempunyai Sidik Jari?

Menurut American Academy of Sleep Medicine, kita bisa melakukannya dengan penggunaan aromaterapi lavender. Wangi dari bunga lavender ini merupakan wewangian yang populer untuk tidur.

Bunga lavender ini menimbulkan rasa tenang dan relaksasi. Tidak mengherankan lagi jika menghirupnya membuat kita mudah untuk tidur. 

Studi menunjukkan pijat dengan minyak esensial, terutama lavender dapat menghasilkan kualitas tidur yang lebih baik, suasana hati lebih santai, dan mengurangi kecemasan. 

Penelitian juga menunjukan bahwa aromaterapi dengan lavender dapat memperlambat aktivitas sistem saraf yang membantu meningkatkan kualitas tidur yang baik dan suasana hati positif pada mereka yang terkena gangguan tidur. 

Baca juga: Membaca Buku Menjauhkanmu dari Berbagai Macam Penyakit

Jadi, begitu teman-teman penjelasan dari bunga lavender yang bisa mengobati insomnia. Sekian dari artikel kami semoga bermanfaat bagi kalian yang membaca.

Elang
Penulis konten dengan memerhatikan strategi produksi konten agar tercapai tujuan SEO dan memberikan manfaat kepada pembaca dengan bacaan seringkas mungkin.