Energi Listrik: Pengertian, Rumus, dan Satuan Beserta Contoh Soal

Energi listrik adalah kebutuhan pokok yang perlu dipenuhi sebab tanpa ada energi listrik pada aktivitas manusia tentu sulit bila dikerjakan, karena banyaknya aktivitas rata-rata menggunakan energi listrik.

Pada ulasan kali ini disini akan mengulas mengenai Energi listrik dengan lengkap. Oleh sebab itu marilah simak pembahasan yang ada dibawah ini.

Definisi Energi Listrik

Energi listrik adalah sebuah energi  yang asalnya dari suatu muatan listrik yang menyebabkan medan listrik statis maupun bergeraknya elektron yang ada di sebuah konduktor maupun penghantar listrik hingga ion baik positif maupun negatif yang terdapat pada zat cair maupun gas.

Listrik memiliki satuan Ampere yang ditandai dengan A kemudian tegangan listrik yang ditandai dengan V. Hal itu memiliki satuan volt yang mempunyai ketentuan kebutuhan penggunaan dari daya listrik Watt yang ditandai dengan W. Energi listrik dapat pula diciptakan oleh suatu energi lain dan juga bahkan mampu menghadirkan sebuah energi yang kemudian dapat untuk dikonversikan dengan energi yang lain.

Energi Listrik Mengacu pada Rumus

Bila di dalam suatu rangkaian diberi perbedaan pada potensial V tentunya akan mengalirkan sebuah muatan listrik yakni sebanyak Q maupun juga pada arus listrik yang sebesar I, tentu energi listrik yang dibutuhkan:

W = Q V  kemudian juga Q = I t

Ket:

W = Energi yang terdapat pada listrik ( Joule)

Q = Muatan yang ada di listrik ( Coulomb)

V = Beda uang terdapat pada potensial ( Volt )

W adalah suatu energi listrik pada sebuah satuan joule. Hal  itu tentunya di mana 1 joule merupakan energi yang sangat dibutuhkan guna memindahkan satu muatan uang sebesar 1 coulomb yaitu dengan beda dari potensial sebesar 1 volt. Maka nantinya 1 joule sama dengan coulomb × volt.

Sementara itu yang terdapat pada muatan uang per satuan waktu merupakan kuat arus yang ak mengalir. Kemudian juga  energi listrik nantinya dapat ditulis, Karena I sama dengan Q/t hal itu pastinya didapatkan dengan perumusan :

W sama dengan  (I.t).V

W sama dengan  V I t

Apabila terdapat persamaan itu tentunya dihubungkan dengan menggunakan hukum Ohm ( V sama dengan I.R) pastinya diperoleh perumusan

Pada persamaan-persamaan yang merujuk bahwa besarnya sebuah energi listrik berkaitan dengan adanya muatan, beda potensial, hambatan, arus listrik dan waktu. Pada saat semakin besar suatu muatan, maka kuat arus, kemudian kita  beda potensial hingga waktu, semakin besar juga suatu energinya. Sementara itu untuk suatu hambatan, maka akan semakin besar suatu hambatan, energinya juga akan semakin kecil.

Bentuk Soal Energi Listrik

Suatu solder listrik yang sangat bertegangan 110 volt dan akan dilewati arus sekitar  2 ampere. Sejumlah energi kalor yang diperoleh setelah solder akan dialiri dengan arus sekitar 20 menit ???

Penyelesaian

Dike:

V sama dengan  110 volt

I sama dengan  2 ampere

t sama dengan 20 menit  sama dengan 1200 s

Ditanya : W ?

Jawab :

W sama dengan V I t sama dengan 110 . 2 . 1200 sama dengan  264.000 J hasilnya jadi 264 kJ

Jadi, energi pada suatu kalor yang diperoleh sesudah dialiri arus sekitar 20 menit yakni berjumlah 264 kJ.

Itulah merupakan pembahasan secara lengkapnya. Semoga dengan apa yang dibahas di atas bermanfaat untuk pembaca. Begitu pula dengan contoh soal yang telah diberikan semoga dapat memberikan gambaran dengan jelas. Bagaimana cara mengerjakan hal tersebut supaya nantinya akan mempermudah dalam menjawab soal-soal yang lainnya yang berkaitan dengan ulasan tersebut.

Sumber Gambar: pexels free images