Aplikasi Monitoring Komputer

Berdasarkan pengalaman yang dialami oleh banyak perusahaan, menurunnya kinerja para pegawai dapat membawa dampak turunnya produktivitas perusahaan. Ternyata salah satu pernyabab turunnya kinerja para pegawai adalah aktifitas pegawai di media sosial dengan memanfaatkan fasilitas perusahaan berupa komputer dan internet yang pada dasarnya disediakan untuk menunjang pekerjaan mereka.

Sehingga untuk mencegah hal tersebut terjadi perlu adanya monitoring komputer para pegawai, untuk membantu penggunanya mengawasi aktivitas para pegawai ketika sedang tidak ada yang mengawasi secara langsung.

Kegiatan monitoring komputer pegawai dapat dibantu dengan menggunakan aplikasi khusus monitoring pegawai. Dengan menggunakan menggunakan software jenis ini Anda dapat mengawasi aktivitas komputer pegawai dengan mudah dan efektif.

Anda dapat menggunakan aplikasi monitoring pegawai untuk melihat screenshot, keystroke, aplikasi yang dijalankan, ataupun aktivitas mouse komputer pegawai Anda.

Berikut beberapa rekomendasi aplikasi yang dapat digunakan untuk monitoring karyawan. 

1. iSafe Free Keylogger

iSafe Free Keylogger pada dasarnya merupakan aplikasi key logger, namun aplikasi ini juga bisa digunakan untuk keperluan monitoring komputer karyawan. 

Bagi Anda yang ingin menggunakan aplikasi ini, Anda harus terlebih dahulu menginstall aplikasi tersebut pada PC dan mengatur proteksi password. Selanjutnya, iSafe Free Keylogger akan terus terbuka di tray sistem dan mampu merekam aktivitas PC secara otomastis. 

Anda juga bisa menggunakan berbagai fitur yang disediakan oleh aplikasi ini seperti  keystroke, screenshot, application, dan lain-lain. Para pengguna tidak dapat memanipulasi hasil rekam jejak komputer yang telah dinstall aplikasi iSafe Free Keylogger jika mereka tidak mengetahui passwordnya.

2. Screenshot Monitor

Aplikasi pemantau kegiatan pada komputer selanjutnya adalah Screenshot Monitor. Dengan menginstall aplikasi ini, maka Anda mampu mengendalikan 2 komputer dan 3 screenshot per jam. Semua data dan screenshot pun akan tersimpan otomatis secara online.

Berikut langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi Screenshot Monitor:

  1. Pertama, Install aplikasi Screenshot Monitor pada PC yang diinginkan dan tunggu beberapa saat. 
  2. Buka aplikasi, lalu tambahkan sebuah monitoring task pada tampilan antarmuka aplikasi dan jalankan task tersebut.
  3. Selanjutnya, akan muncul notifikasi desktop saat aplikasi ini mengambil screenshot pada komputer tersebut.
  4. Anda dapat melihat hasil screenshot tersebut pada website resmi dari aplikasi Screenshot Monitor. 

3. StatWin Single Lite

StatWin Single Lite juga bisa digunakan untuk kegaiatan monitoring komputer. Detail dari aplikasi ini meliputi nama proses, waktu mulai, total waktu, dan lain-lain. Selain itu, aplikasi ini juga bisa menyimpan data monitoring yang sewaktu-waktu dapat dibuka. 

Berikut langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi StatWin Single Lite:

  1. Install aplikasi pada PC yang diinginkan. 
  2. Buka aplikasi, lalu biarkan aplikasi terus berjalan pada tray sistem untuk mencatat segala aktivitas PC. 
  3. Untuk melihat hasilnya, Anda dapat membuka pC tersebut dan melihat semua proses yang telah dijalankan. 

4. ActivTrak

ActivTrak adalah aplikasi monitoring komputer berbasis cloud yang dapat digunakan dengan mudah dan berjalan secara rahasia. Selain itu, ActivTrak memungkinkan Anda untuk melakukan screenshot, memblokir situs, membuat laporan, dan lain-lain.

Aplikasi ini bersifat cross-platform serta tersedia untuk Mac OS. Jika Anda ingin menggunakan aplikasi ini maka anda harus terlebih dahulu membuat akun pada website resmi aplikasi tersebut. 

5. PC ScreenWatcher

PC ScreenWatcher merupakan sebuah aplikasi monitoring yang kerap digunakan di laboratorium komputer sekolah. Aplikasi ini dapat dimanfaatkan para guru untuk memantau apa saja yang diakses murid saat mereka menggunakan komputer sekolah. 

Aplikasi ini memiliki sistem password protected yang berjalan secara tersembunyi. Artinya, komputer dapat dimonitor tanpa sepengetahuan para penggunanya. PC Screenwater memiliki fitur untuk mengirim detail aktivitas ke alamat email Anda. 

6. Hubstaff

Hubstaff merupakan aplikasi yang menyajikan beberapa fitur seperti tim tracking, screenshot, pencatatan aktivitas keyboard dan mouse, dan lain-lain.

Sama halnya dengan aplikasi ActivTrak, aplikasi ini juga bersifat cross-platform yang tersedia untuk Mac OS dan Linux. Saat menggunakan versi gratis, Anda hanya dibatasi memonitor satu PC dalam satu waktu.

7. RescueTime

RescueTime merupakan sebuah aplikasi kontrol berukuran kecil dan berbasis cloud untuk PC. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat mengendalikan komputer orang lain dengan tujuan yang positif tentunya.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda akan mendapatkan laporan mingguan mengenai aktivitas yang dilakukan pada PC yang telah terinstall aplikasi RescueTime. 

Perlu diingat, Anda juga harus mendownload ekstensi untuk Google Chrome atau Mozilla Firefox secara gratis. Selanjutnya, file setup juga harus berukuran kecil, tidak lebih dari 2 MB.

Aplikasi ini dapat digunakan pada berbagai platform seperti Windows, Linux, maupun Mac OS.

8. OsMonitor

Aplikasi lainnya yang dapat digunakan untuk melakukan monitoring komputer adalah OsMonitor. Aplikasi ini menyajikan mode client-server, yaitu sebuah server yang dapat memantau seluruh aktifitas komputer pegawai melalui jaringan LAN maupun internet.

Aplikasi ini mampu melacak aktivitas komputer pegawai baik seperti percakapan IM maupun website yang biasa dikunjungi. Selain itu, OSMonitor juga dapat memblokir akses ke website tertentu, memblokir games, dan lainnya.

Sekian rekomendasi aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk memonitoring Pc yang diinginkan. Gunakan aplikasi ini dengan bijak dan serta untuk tujuan positif. Semoga artikel ini dapat membantu serta bermanfaat untuk anda.