Indeks Buku – Pengertian, Bagian, Macam, Tujuan, Contoh

Indeks merupakan suatu kata maupun istilah yang penting dan tersusun sesuai dengan abjad yang akan memberikan informasi tentang halaman pada tempat kata maupun istilah yang ditemukan. Indeks sangat bermanfaat dalam mempermudah dalam mencari suatu keterangan pada buku sebab dengan segera akan dijumpai informasi yang kita ketahui. Secara umum indeks buku disimpan di halaman yang akhir buku.

Definisi Indeks Buku

Saat membuat suatu buku perlu tersusun dengan kertas dan berurutan. salah satu elemen terpenting pada buku yakni indeks buku, Karena seringkali di dalam suatu buku terdapat istilah-istilah yang telah tersusun yang sesuai abjad, saat akan mencari sebuah istilah tentu akan dapat dengan mudah dijumpai dengan memperhatikan indeks buku.

Sesuai dengan kamus dari besar bahasa Indonesia, Indeks merupakan daftar kata/istilah yang penting dan terdapat pada buku cetakan dan biasanya berada di bagian akhir pada buku yang tertata sesuai abjad yang menghadirkan suatu informasi tentang halaman tempat kata maupun juga istilah itu dijumpai.

Informasi maupun juga penjelasan kata tertentu pada buku yang cenderung tebal bisa dijumpai dengan cepat menggunakan teknik membaca memperhatikan lewat indeks. Sehingga kesimpulannya, Indeks Buku merupakan suatu daftar kata maupun juga istilah penting yang ada di buku, yang dasarnya berada di bagian akhir buku yang tertata sesuai abjad yang menghadirkan suatu informasi tentang halaman tempat kata maupun juga istilah itu dijumpai.

Elemen pada Indeks Buku

Suatu indeks buku ada karena beberapa bagian seperti halnya indeks nama, perincian indeks topik, indeks topik,  dan juga nomor yang terdapat pada halaman yang nama Maupun rincian pada topik iyu ada. Hal itu seluruh bagian-bagian yang merupakan indeks buku. Supaya lebih jelasnya simak penjelasan yang terdapat berikut ini :

  • pengarang

    Merupakan sebuah susunan atau sekumpulan nama-nama dari orang pada suatu indeks.
  • subjek/istilah

    Adalah sebuah kumpulan subjek atau suatu istilah yang ditata yang sesuai dengan abjad yang istilah itu letaknya di dalam buku maupun bersangkutan menggunakan isi buku itu. Pada buku geografi, indeks topik biasanya ada istilah-istilah yang berkenaan dengan suatu ilmu geografi.
  • Perincian pada indeks topik

    ialah sebuah istilah-istilah maupun subjek yang ada dengan suatu subjek yang terdapat di dalam suatu indeks topik.
  • Nomor halaman

    merupakan bagian indeks buku yang ada nomor-nomor halaman dan ada kata-kata itu berada..

Jenis-Jenis Indeks Buku

Indeks dibagi menjadi 2 macam, yaitu indeks subjek maupun juga indeks pengarang. Kedua dari indeks ini memiliki pengertian hingga perbedaan yang dapat kita bedakan sangat mudah. Supaya lebih jelasnya simak pembahasannya dibawah ini.

  • Indeks Subjek

    yakni berisi daftar pada  istilah-istilah dalam suatu buku.
  • Indeks Pengarang

    yakni berisi daftar pada nama pengarang Maupun tokoh yang pendapat hingga teorinya dikutip dengan suatu buku yang berkaitan.

Sehingga kesimpulannya, maka Indeks subjek merupakan indeks yang terdapat di daftar istilah yang ada pada sebuah buku, selain itu terdapat indeks pengarang yakni indeks yang ada di daftar nama pengarang (tokoh) dengan teori hingga pendapatnya ada di dalam suatu buku tersebut.

sumber gambar: pexels free images

Tujuan dari Indek Buku

Indek Buku ada supaya para pembaca dapat menandai bacaan dari sebelumnya agar bisa melanjutkan membaca kembali dari bacaan yang sebelumnya.

Bentuk Indek Buku

  • Akustia, Klara, 214
  • Aku sertaan, 78
  • Aku tak sertaan, 78
  • Ali, Muhammad, 43, 44
  • Badudu, J.S., 40

Diantara suatu istilah maupun nama pengarang pada nomor halaman perlu disisi menggunkan tanda koma (,) seperti halnya dengan contoh indeks pengarang itu 

Begitu pula seterusnya. Anda juga bisa memperhatikan gambar dari contoh indeks buku supaya kalian dapat lebih mengerti tentang materi bahasa indonesia ini.