Manfaat Energi Matahari bagi Makhluk Hidup

Manfaat energi matahari bagi makhluk hidup sangat banyak. Energi yang dihasilkan oleh matahari memiliki peran yang besar dalam menunjang kehidupan di bumi, bagi manusia, hewan, hingga tumbuhan. Tanpa kehadiran matahari, mungkin seluruh makhluk tidak dapat bertahan hidup.

Matahari merupakan sinar energi utama yang kehadirannya dapat memengaruhi banyak aspek kehidupan di bumi. Kehadiran matahari yang sangat bermanfaat tidak dapat digantikan oleh apapun. Matahari menjaga segalanya agar berada tetap di tempatnya. Matahari menjaga setiap planet yang ada, termasuk Bumi. 

Oleh karena itu, kalian harus mengetahui beraneka ragam manfaat energi matahari bagi makhluk hidup. Tak hanya bagi manusia, hewan, dan tumbuhan. Berikut adalah manfaat-manfaatnya:

Manfaat Energi Matahari Bagi Manusia

1. Sebagai Sumber Vitamin D

Vitamin D merupakan salah satu nutrisi yang paling penting dan sangat dibutuhkan tubuh. Vitamin D dapat membangun dan memelihara tulang yang kuat sampai menjaga daya tahan tubuh. Namun meskipun begitu, masih banyak manusia yang kekurangan Vitamin D.

Sumber Vitamin D praktis yang dapat dimanfaatkan yaitu berasal dari paparan sinar matahari. Sinar UV yang dihasilkan matahari juga disebut sebagi “vitamin sinar matahari”. Ketika terkena paparan sinar matahari, tubuh akan memproduksi Vitamin D secara otomatis dengan mengubah kolesterol pada kulit menjadi suatu zat yang disebut dengan calcitrioil. 

2. Sebagai Sumber Cahaya

Matahari adalah sumber kehangatan sekaligus sumber cahaya bagi manusia. Energi yang dihasilkan matahari tidak pernah habis dan akan selalu ada. Kehadiran matahari di bumi menjadi sumber cahaya yang praktis dan gratis. Jadi, ketika siang hari kita tidak perlu menggunakan lampu sebagai sumber penerangan karena saat siang telah hadir penerang matahari. Seiring berjalannya waktu, energi matahari juga dimanfaatkan sebagai alternatif yang bisa dimanfaatkan ketika dibutuhkan.

Manfaat Energi Matahari Bagi Hewan

1. Hangatkan Tubuh Hewan

Matahari menghasilkan dua jenis energi, yaitu energi cahaya serta energi panas. Dua hal tersebut sangat bermanfaat di kehidupan dan aktivitas harian manusia, hewan, serta tumbuhan. Bagi hewan yang hidup di alam liar seperti hewan berdarah dingin, amfibi, dan reptil, energi panas yang dihasilkan matahari ini dapat menghangatkan mereka. Sehingga mereka dapat bertahan hidup lebih lama dengan memanfaatkan energi yang dihasilkan oleh matahari.

2. Dukung Proses Pencernaan Lebih Baik

Meskipun kita tak bisa lihat kondisi hewan secara nyata, namun perlu diketahui bahwa banyak hewan yang memiliki sistem pencernaan yang buruk. Maka dari itu, hewan membutuhkan sinar matahari untuk kelangsungan hidup mereka. Hal ini dikarenakan matahari dapat mendukung serta melancarkan proses pencernaan hewan, menambah kekuatan serta pengaturan suhu tubuh. Hewan-hewan tersebut memanfaatkan sinar matahari dengan cara berjemur agar proses pencernaan dapat lancar dan berjalan lebih baik.

Manfaat Energi Matahari Bagi Tumbuhan

1. Bantu Proses Fotosintesis

Fotosintesis adalah suatu proses yang dilakukan oleh tumbuhan untuk membuat dan membentuk makanan. Hal ini juga dilakukan untuk membuat cadangan makanan bagi tumbuhan. Peran matahari pada proses fotosintesis ini sangatlah penting, lantaran proses tersebut dibantu oleh energi yang dihasilkan matahari.

Proses fotosintesis terjadi ketika klorofil di daun menangkap cahaya matahari. Lalu digunakan untuk mengubah air dan karbondioksida menjadi gula dan oksigen. Oleh karena itu, fotosintesis akan terhambat tanpa kehadiran cahaya matahari.

2. Produksi Oksigen pada Tumbuhan

Seluruh makhluk hidup di dunia memiliki keterikatan dan peran penting. Tumbuhan diciptakan di dunia menghasilkan oksigen yang dapat digunakan untuk makhluk hidup lainnya. Oksigen yang dihasilkan tersebut diperoleh dari hasil fotosintesis. Tumbuhan akan menghasilkan oksigen yang kita butuhkan melalui proses perubahan panas matahari menjadi glukosa. Perubahan tersebut digunakan dalam proses fotosintesis. Produk fotosintesis merupakan makanan kita, bahan bangunan, dan juga bahan bakar.