Jadwal Pengumuman SBMPTN 2021

Ilustrasi Ujian

Masuk perguruan tinggi merupakan banyak impian siswa SMA sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan. Untuk itu, ada beberapa cara seleksi yang bisa dilalui, salah satunya adalah SBMPTN. Jika Anda lulus pengumuman SBMPTN 2021, maka Anda bisa melanjutkan jenjang pendidikan lebih tinggi di kampus yang Anda inginkan.

Untuk bisa sukses dalam SBMPTN, tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Misalnya, kapan jadwal pendaftaran dibuka, pengumuman akhir, hingga teknis pendaftaran jika Anda lolos tes seleksi tersebut. Berikut adalah informasi penting yang berkaitan dengan SBMPTN 2021.

Simak Jadwal Pengumuman SBMPTN 2021
Logo LTMPT, Lembaga yang mengelola SBMPTN dan Pengumuman SBMPTN 2021

Tentang SBMPTN 2021

SBMPTN merupakan tes seleksi bersama yang dilakukan untuk masuk ke perguruan tinggi. Sejak tahun 2019, terdapat syarat utama untuk mengikuti SBMPTN, yakni lolos dan ikut dalam UTBK atau ujian tulis berbasis komputer. Sejak tahun 2019, UTBK sendiri dikelola oleh LTMPT atau lembaga yang mengurusi tes masuk untuk perguruan tinggi.

Jadwal pengumuman SBMPTN 2021 tentu akan diumumkan setelah berbagai tahapan pendaftaran dan seleksi selesai. Untuk itu, peserta SBMPTN wajib untuk mengikuti semua alur pendaftaran dari awal sampai akhir, Jika peserta hanya mengikuti satu atau dua alur pendaftaran saja, kemungkinan besar ia tidak akan lolos seleksi masuk ke perguruan tinggi.

Persyaratan dan Ketentuan untuk Mengikuti SBMPTN

Jika Anda hendak mendaftar SBMPTN, ada beberapa persyaratan yang wajib untuk diikuti, yang tes uji atau UTBK. Berikut ini adalah syarat yang harus dipenuhi oleh pelajar SMA/SMK sederajat untuk mengikuti tes UTBK, diantaranya:

Syarat UTBK

  1. Pelajar yang hendak mengikuti UTBK harus memiliki akun LTMPT.
  2. Merupakan siswa SMA/SMK/MA sederajat kelas 12 di tahun 2021, atau merupakan peserta didik paket C 2021 dengan umur maksimal 25 tahun per 1 Juli.
  3. Merupakan siswa SMK/MA atau MA sederajat yang merupakan lulusan tahun 2019 dan 2020. Bisa juga siswa paket C tahun 2019 dan 2020 dengan umur maksimal untuk mendaftar adalah 25 tahun.
  4. Hasil UTBK 2021 hanya berlaku untuk penerimaan dan seleksi di tahun 2021.
  5. Membayar biaya UTBK sesuai dengan jenis ujian yang dipilih.

Persyaratan ujian agar bisa lolos dan masuk dalam pengumuman SBMPTN 2021 adalah mengikuti:

  1. Ujian untuk prodi Saintek, yakni mengikuti TPS dan TKA Saintek.
  2. Ujian untuk prodi Soshum, yakni mengikuti tes TKA dan TPS Soshum.
  3. Ujian untuk prodi Campuran (soshum maupun saintek) dengan mengikuti tes TPS dan TKA serta TKA Soshum.

Persyaratan Mengikuti SBMPTN 2021

Setelah Anda mengikuti tes UTBK dan mendapatkan akun LTMPT, maka Anda bisa mendaftarkan diri mengikuti SBMPTN, berikut adalah persyaratan yang harus dilengkapi.

  1. Merupakan siswa SMA/SMK atau MA sederajat lulusan tahun 2019 dan 2021, serta harus sudah memiliki ijazah. Sedangkan untuk lulusan SMA luar negeri, maka ia harus memiliki ijazah yang sudah disetarakan.
  2. Mengikuti ujian tes UTBK dan mendapatkan nilainya.
  3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu proses kelancaran dalam melakukan studi atau kuliah.
  4. Peserta yang memilih program seni dan olahraga, diwajibkan untuk mengunggah portofolio yang sudah dibuat.

Nantinya pengumuman SBMPTN 2021 akan diumumkan setelah tahapan seleksi dilakukan. Untuk proses pendaftaran hingga seleksi diumumkan, kurang lebih membutuhkan waktu sekitar 4-5 bulan.

Jenis Tes UTBK pada SBMPTN 2021

Pada tes yang diselenggarakan LTMPT UTBK pada 2021, ada dua jenis tes yang akan dikerjakan oleh peserta. Setiap tahunnya, jenis tes tersebut tidak berubah, hanya menyesuaikan bobot pembelajaran dan kurang lebih memiliki model pertanyaan yang sama.

Dua jenis tes tersebut adalah tes TPA dan TPS, yang memiliki tujuan serta materi yang berbeda ketika diujikan. Untuk lulus dalam pengumuman SBMPTN 2021, maka Anda harus mendapatkan nilai yang baik ketika tes TPA dan TPS tersebut, berikut adalah rincian mengenai tes UTBK SBMTPN.

Tes TPS

Ia memiliki tujuan untuk mengukur kemampuan kognitif yang dimiliki oleh siswa, sebab kemampuan kognitif penting agar peserta bisa berhasil dalam lingkungan perguruan tinggi. Materi yang diujikan berupa penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, hingga pemahaman bacaan dan menulis.

Sedangkan materi penting lain yang termuat dalam ujian ini adalah pengetahuan dan pemahaman umum. Waktu untuk mengerjakan tes TPS maksimal adalah 195 menit. Tentu Anda bisa mengerjakannya lebih cepat jika kemampuan yang dimiliki memang mumpuni.

Tes TPA

Ia merupakan tes yang mengukur kemampuan kognitif terkait konten mata pelajaran yang ada di sekolah. Banyak peserta yang menganggap tes TPA sulit dan menjadikan namanya gagal muncul pada pengumuman SBMPTN 2021 karena nilai yang kurang tinggi.

Untuk tes ini, penekanan pada high order thinking skils diperlukan agar mampu menyelesaikan tiap soalnya. Alokasi waktu untuk mengerjakan tes TPA adalah 285 menit, Anda tidak boleh melewati waktu yang telah ditentukan.

Materi yang diujikan di tes TPA terbagi menjadi dua, yakni Saintek dan Soshum. Untuk saintek, mata pelajaran yang diujikan adalah kimia, biologi, matematika siantek, serta fisika. Sedangkan untuk TPA soshum, materi yang diujikan adalah Ekonomi, geografi, sosiologi, dan sejarah.

Pendaftaran UTBK SBMPTN 2021

Setelah peserta melengkapi persyaratan terkait dengan UTBK dan SBMPTN 2021, sebelum sampai pada pengumuman SBMPTN 2021, mereka harus melaksanakan UTBK terlebih dahulu. Berikut ini merupakan alur pendaftaran UTBK yang harus dilakukan oleh peserta, diantaranya:

Registrasi Akun LTMPT

Anda harus melakukan registrasi LTMPT dengan masuk ke portal LTMPT, kemudian pilih menu Daftar Disini. Nantinya akan ada dua menu yang tersedia, yakni sekolah dan siswa. Untuk siswa, silahkan mengisi bagian siswa yang tersedia dengan mengisi berbagai data yang diperlukan.

Data yang perlu dimasukkan adalah NISN, NPSN, serta tanggal lahir yang dimiliki. Jika sudah selesai, server akan melakukan sinkronasi, sehingga data NISN, NPSN, tangga lahir, serta nama sekolah dan nama Anda tercantum disana. Email diperlukan, jadi Anda harus memasukkannya dan menuliskan kata sandi 8 karakter. Lanjutkan dengan melakukan klik pada menu Daftar.

Proses selanjutnya adalah menunggu notifikasi, cek email secara berkala dan temukan email untuk melakukan aktivasi. Pengumuman SBMPTN 2021tidak melalui email, namun ada baiknya Anda tetap menggunakan email tersebut untuk kebutuhan akademik yang lain.

Verifikasi Akun LTMPT

Setelah melakukan pendaftaran, Anda bisa melakukan verifikasi akun LTMPT yang dimiliki, berikut adalah caranya:

  1. Masuk ke laman LTMPT, kemudian login menggunakan email dan passwords yang dimiliki.
  2. Anda akan diarahkan untuk menuju dashboard laman LTMPT, kemudian pilih menu Veral untuk verifikasi.
  3. Check semua data yang ada, pastikan bahwa semua data sudah terisi dengan benar dan sesuai dengan dokumen yang dimiliki.
  4. Di bagian data sekolah, cek kembali data yang telah diinput oleh pihak sekolah untuk memastikan tidak ada kesalahan.
  5. Lanjutkan dengan mengunggah foto di halaman tersebut, pastikan ia merupakan foto terbaru dan diunggah sesuai dengan ketentuan.
  6. Jika sudah selesai, maka akan muncul data yang Anda miliki, simpan secara permanen dengan melakukan klik pada menu simpan. Selanjutnya Anda hanya perlu melakukan tes dan menunggu pengumuman SBMPTN 2021.

Dengan menyimpan secara permanen, data tidak bisa diubah lagi, karena itu pastikan data yang ada sudah benar-benar tersimpan. Jika sudah selesai, jangan lupa unduh bukti permanen Anda memiliki akun dan memiliki data yang tersimpan di dalamnya.

Tahapan Pendaftaran UTBK

Anda yang sudah memiliki akun LTMPT telah siap untuk mendaftar di UTBK SBMPTN 2021. Berikut adalah urutan langkah yang benar untuk mendaftar dan mengikuti tes seleksi masuk bersama perguruan tinggi tersebut, diantaranya:

  1. Melakukan registrasi pada akun LTMPT, kemudian lakukan login dengan username dan email yang dimiliki
  2. Lakukan verifikasi sesuai dengan ketentuan yang telah tersedia, kemudian lakukan pendaftaran UTBK.
  3. Pendaftaran UTBK bisa dilakukan dengan memilih PTN yang hendak dituju, jenis ujian yang hendak dilakukan, serta sesi ujian. Anda perlu melakukan semua langkah tersebut untuk mendapatkan slip pembayaran dan masuk sebagai peserta dalam pengumuman SBMPTN 2021.
  4. Membayar di bank sesuai dengan jenis ujian yang telah dilakukan, paling lambat harus dilakukan dalam waktu 1 x 24 jam.
  5. Lakukan login kembali untuk memilih menu pendaftaran UTBK dan mencetak kartu UTBK yang tersedia.
  6. Mengikuti UTBK sesuai dengan hari, tanggal, lokasi, dan sesi yang telah dipilih sebelumnya.

Pembayaran UTBK

Jika Anda kebingungan dengan teknis pembayaran UTBK, berikut adalah rincian yang perlu Anda ketahui. Dalam UTBK, terdapat dua jenis tipe pembayaran, yakni peserta yang membayar dan tidak membayar. Peserta yang tidak membayar merupakan peserta KIP atau sering disebut pendaftaran tipe B, berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  1. Melakukan login di akun LTMPT yang telah dimiliki, kemudian mengisi berbagai data yang diperlukan
  2. Memilih menu Skema KIP Kuliah Berbayar.
  3. Pastikan sudah memiliki nomor pendaftaran KIP, yang bisa didapatkan dengan mendaftar di laman KIP Kuliah yang disediakan oleh Kemendikbud.
  4. Isi nomor pendaftaran KIP bagi yang belum mengisi, pendaftaran KIP tidak memberikan pengaruh pada pengumuman SBMPTN 2021.
  5. Lakukan pembayaran di bank yang telah disediakan, yakni bank BTN, Mandiri, BNI maupun BRI.
  6. Biaya untuk melakukan tes UTBK Soshum dan Saintek adalah 200 ribu, sedangkan untuk tes campuran adalah 300 ribu rupiah,
  7. Setelah melakukan pembayaran, cetak slip dan lakukan login kembali untuk menyelesaikan proses pendaftaran UTBK.

Untuk Anda yang memilih tipe pembayaran B atau menggunakan KIP kuliah, pada poin nomor 3 Anda bisa memilih Pendaftaran UTBK SBMPTN Tipe B dan tidak perlu melakukan pembayaran yang telah ditentukan.

Jadwal UTBK dan SBMPTN 2021

Jika Anda sudah menyelesaikan pendaftaran, maka Anda harus mengikuti semua alur pendaftaran, tes, seleksi, hingga pengumuman SBMPTN 2021, berikut ini adalah jadwal dari rangkaian pelaksanaan UTBK SBMPTN 2021, yakni:

Registrasi Akun LTMPT

Jangan khawatir dengan proses registrasi LTMPT, Anda diberi waktu sekitar 1 bulan untuk menyelesaikan tahapan pendaftaran dan verifikasi akun tersebut. Anda bisa mulai melakukan registrasi pada 7 Februari sampai maksimal tanggal 12 Maret 2021 untuk menyimpan data secara permanen.

Pendaftaran UTBK dan SBMPTN

Berikutnya adalah pendaftaran UTBK dan SBMPTN yang dibuka pada 15 Maret dan selesai pada 1 April. Anda harus menyelesaikan tiap rangkaian dan proses pendaftaran untuk bisa masuk dan terdaftar sebagai peserta dan namanya muncul pada pengumuman SBMPTN 2021.

Pelaksanaan UTBK

UTBK dilaksanakan dalam dua gelombang, yakni gelombang pertama dan kedua yang masing-masing dimulai pada 12-18 April dan 26 April-2 Mei. Terdapat dua sesi yang disediakan, yakni sesi untuk ujian Soshum dan Saintek, serta sesi terpisah untuk sesi Campuran.

Untuk sesi saintek dan soshum, berikut adalah rincian waktu yang ditentukan, diantaranya:

  1. Sesi WIB dari pukul 06.45 sampai 16.15.
  2. Sesi WITA dimulai dari pukul 07.45 sampai 17.15.
  3. Terakhir adalah sesi WIT yang dimulai pukul 08.45 sampai 18.15.

Sedangkan untuk sesi tes ujian campuran, rincian waktu yang telah ditetapkan adalah sebagai berikut:

  1. Sesi WIB dimulai dari jam 06.45 sampai 13.25.
  2. Sesi ujian WITA dimulai dari jam 07.45 sampai 14.15.
  3. Sesi ujian WIT yang dimulai jam 08.45 sampai 15.15

Pengumuman UTBK SBMPTN 2021

Setelah semua langkah dilakukan, maka Anda sampai pada pengumuman SBMPTN 2021 yang akan dilaksanakan pada 14 juni 2021. Di tanggal tersebut, Anda bisa bersiap membuka laman SBMPTN untuk mengetahui apakah Anda lolos dalam tes seleksi yang dilakukan oleh pihak LTMPT.

Pengumuman SBMTPN 2021 dan Langkah Selanjutnya

Jika Anda dinyatakan lolos setelah pengumuman SBMPTN 2021, langkah Anda tidak berhenti disana, sebab secara administratif Anda hanya lolos dalam tahap seleksi masuk. Anda tetap harus melakukan pendaftaran ke kampus secara mandiri. Berikut adalah tiga hal yang harus Anda lakukan setelah dinyatakan lolos dari SBMTPN.

Melakukan Daftar Ulang

Setelah lolos, Anda wajib melakukan daftar ulang di PTN yang sudah Anda pilih. Terkait dengan prosedurnya, akan disesuaikan dan tergantung dengan PTN tersebut, sehingga kemungkinan antara satu PTN dengan PTN yang lain berlainan.

Anda bisa mendapatkan informasi lebih lengkap dalam laman pengumuman resmi PTN tujuan tempat Anda diterima. Registrasi atau daftar ulang ini akan menentukan status penerimaan peserta SBMPTN tahun 2021, Anda yang melakukan daftar ulang tentu diterima, sedangkan setelah pengumuman SBMPTN 2021tidak daftar ulang, akan ditolak.

Memenuhi Syarat dan Ketentuan PTN

Setiap peserta yang lolos pengumuman SBMPTN 2021 tetap harus memenuhi ketentuan yang telah ditetapkan oleh pihak PTN. Apabila tidak memenuhi ketentuan PTN tersebut, kemungkinan besar peserta yang lolos ini tetap tidak bisa melakukan registrasi ulang.

Proses Verifikasi

Proses verifikasi diberikan kepada peserta yang lolos pengumuman SBMPTN 2021 dengan program KIP. Mereka tetap harus melakukan seleksi ulang untuk mengikuti tahapan yang telah ditentukan oleh PTN. Sebelum diberikan kepada peserta, proses verifikasi tetap perlu dilakukan agar tidak hal yang tidak diinginkan.

Untuk Anda yang tidak lolos pengumuman SBMPTN 2021, Anda tidak perlu merasa putus asa, Anda bisa mengikuti ujian mandiri yang digelar oleh PTN atau PTS lain sesuai dengan jadwal dan ketentuan yang ditetapkan oleh perguruan tinggi tersebut. Peserta juga bisa menggunakan sertifikat ujian UTBK untuk melakukan pendaftaran secara mandiri, terutama di PTN yang mensyaratkan sertifikat tersebut.

Demikianlah informasi lengkap, mulai dari pendaftaran, seleksi dan pengumuman SBMPTN 2021. Dengan informasi tersebut, semoga Anda bisa mendapatkan pengetahuan terkait dengan pelaksanaan UTBK SBMPTN 2021. Untuk siswa dan siswi SMA/SMK/MA sederajat yang mendaftar SBMTPN, semoga mendapatkan kampus impian sesuai yang mereka input dalam laman pendaftaran.