Kapan dan Bagaimana Cek Pengumuman SBMPTN 2021?

Pengumuman SBMPTN 2021

Setelah proses pendaftaran dan ujian seleksi SBMPTN selesai maka selanjutnya peserta hanya perlu menunggu hasil pengumuman SBMPTN 2021 digelar. Bagi yang belum tahu, pengumuman tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 14 Juni mendatang secara online di website resmi ltmpt.ac.id.

Namun, tak sedikit dari peserta yang mengalami masalah saat mengakses pengumuman tersebut karena beberapa kendala. Selain itu, ada beberapa peserta yang tidak tahu bagaimana cara yang tepat untuk melihat pengumuman tersebut. Supaya lebih jelas, simak ulasan tentang kendala dan cara cek pengumuman SBMPTN 2021 yang tepat di bawah ini.

Simak Jadwal Pengumuman SBMPTN 2021

Kendala yang Biasanya Muncul Saat Pengumuman SBMPTN

Mental yang kuat saat hasil diumumkan

Kendala yang sering muncul ketika melihat langsung hasil pengumuman SBMPTN adalah mental peserta. Jika hasil yang keluar sesuai dengan harapan atau dinyatakan lulus maka patut bahagia. Namun sebaliknya jika hasilnya kurang menyenangkan alias tidak lulus harus berbesar hati menerima hasil tersebut.

Saat pertama kali membuka situs, peserta akan memperoleh informasi umum dan hasil ujian yang dinyatakan dalam kalimat LULUS dan TIDAK LULUS. Setelah itu, penting untuk membaca keterangan lebih lanjut mengenai daftar ulang dan prosedur yang harus dilakukan.

Dan bagi peserta yang dinyatakan tidak lulus tidak perlu berkecil hati karena bisa mengikuti cara atau seleksi PTN berikutnya yaitu seleksi secara mandiri. Selain itu, bisa juga memilih alternatif lain dengan mendaftar di PTS terbaik sebagai tempat menempuh ilmu dan cara meraih kesuksesan di masa depan.

Situs pengumuman diakses dalam waktu yang sama

Ketika waktu pengumuman SBMPTN 2021 tiba, semua peserta akan membuka situs website resmi yang direkomendasikan bersama-sama. Hampir semua menggunakan semua gadget mulai dari komputer, laptop hingga ponsel untuk membuka situs tersebut.

Agar akses website lebih cepat dan mudah, sebaiknya peserta menyiapkan beberapa perangkat seperti modem, data internet atau Wi-Fi berkecepatan tinggi. Hal ini sangat membantu agar website yang dibuka tidak lag meskipun dibuka dalam waktu bersamaan dengan orang lain.

Situs kerap mengalami gangguan

Banyaknya pengguna yang membuka situs untuk melihat hasil pengumuman SBMPTN 2021 membuat website mengalami gangguan atau down atau error. Akibatnya akses menjadi lambat atau bahkan yang lebih parah peserta harus menunggu dan mengakses situs lagi beberapa menit berikutnya.

Jika tidak ingin mengalami kendala tersebut, sebaiknya cari solusi atau alternatif link website lain yang juga menayangkan hasil pengumuman SBMPTN. Untuk link atau website alternatif ini peserta tidak bisa sembarangan mengakses karena hanya website tertentu yang sudah ditunjuk dan disetujui oleh panitia pelaksana.

Cara Cek Pengumuman SBMPTN 2021

Cek hasil pengumuman SBMPTN di website resmi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pada tanggal 14 Juni mendatang tepatnya pada pukul 15.00 WIB hasil ujian SBMPTN 2021 akan diumumkan. Untuk mengetahui hasilnya berikut cara akses pengumuman SBMPTN 2021 lewat website resmi yang bisa dilakukan.

  1. Website resmi pengumuman SBMPTN hanya di https://portal.ltmpt.ac.id/login
  2. Lalu masuk menggunakan e-mail yang digunakan untuk mendaftar. Kemudian masukkan password dengan benar sesuai dengan yang dipakai untuk pendaftaran. Pastikan memasukkan dan mengingat password agar bisa mengakses situs tersebut.
  3. Tunggu beberapa saat hingga hasil UTBK SBMPTN 2021 memuat halaman baru yang mana merupakan hasil pengumuman.
  4. Jika peserta dinyatakan lolos maka akan tertera “LULUS” dan sebaliknya jika gagal akan tampil hasil ‘TIDAK LULUS” pada layar.

Cek pengumuman menggunakan website alternatif

Seperti yang dijelaskan pada tulisan sebelumnya, banyaknya peserta seleksi SBMPTN yang membuka situs resmi pengumuman mampu menyebabkan gangguan server baik itu lag, down atau error. Oleh karena itu, penting untuk mencari alternatif dengan beralih ke situs lain guna mempersiapkan jika terjadi kendala yang tidak diinginkan.

Situs atau website yang dijadikan rujukan atau alternatif merupakan website yang telah ditunjuk oleh pihak berwenang guna membantu mengumumkan hasil UTBK SBMPTN seluruh peserta di Indonesia. Dengan begitu, peserta tidak perlu khawatir ketinggalan informasi atau hasil pengumuman jika mempersiapkannya terlebih dahulu.

Selain itu, peserta memperoleh hasil yang akurat karena pengumuman tersebut sama dengan apa yang ditampilkan situs resmi. Namun akan lebih baik jika membuka kedua situs bersamaan baik situs resmi maupun alternatif untuk berjaga-jaga.

Untuk membuka pengumuman SBMPTN 2021 di situs alternatif bisa mencarinya langsung di mesin pencarian google atau di akun sosial media. Hal yang paling penting ketika mencari situs alternatif adalah tidak ketinggalan berita terkini karena peserta bisa memperolehnya lewat artikel terkait masalah pengumuman SBMPTN tahun 2021.

Demikian informasi seputar pengumuman SBMPTN 2021 yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Juni pukul 15.00 WIB mendatang. Pastikan sudah mempersiapkan keperluan dan cara yang tepat untuk mengakses website pengumuman tersebut agar tidak mengalami masalah saat mengaksesnya.