kolesterol dan lemak tubuh jahat baik

Perbedaan Kolesterol Baik dan Kolesterol Jahat

Kolesterol dapat dikategorikan sebagai Kolestrol Jahat dan Kolesterol Baik. Perbedaan di antar keduanya adalah HDL (high-density lipoprotein, kolesterol baik) melindungi tubuh dari penyempitan pembuluh darah dan LDL (low-density lipoprotein, kolestrol jahat) menyempitkan pembuluh darah manusia.

Sebenarnya kalau diulik lebih dalam di dunia kesehatan, ada satu lagi tipe kolesterol, yaitu VLDL (very-low-density lipoprotein) yang buruk bagi kehidupan manusia dan mengandung sangat banyak trigliserida.

Kolesterol seringkali dikatikan dengan lemak, namun kolesterol adalah gabungan lipid yang kegunaannya untuk membangun tubuh dan memproduksi hormon, vitamin D, melancarkan pencernaan dalam diet.

HDL (high-density lipoprotein, atau kolesterol baik) dan LDL (low-density lipoprotein, atau kolesterol jahat) adalah dua tipe dari lipoprotein yang membawa kolesterol ke sel tubuh di dalam darah.

Tubuh kita membutuhkan beberapa kolesterol untuk dapat berfungsi, namun ketika levelnya mencapai terlalu tinggi, lemak bisa tertumpuk di saluran peredaran darah, sehingga mengalami penyempitan. Penyempitan ini kemudian dapat menyebabkan serangan jantungjantung koroner, dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Trigliserida adalah komponen yang ditemukan dalam lemak tubuh dan lemak yang kamu makan dari makanan tiap harinya. Trigliserida menunjukkan apa yang telah kamu makan dan kolesterol menunjukkan apa yang kamu makan dalam jangka panjang. Jadi, kalau kamu makan makanan berlemak, hal itu akan diserap ke dalam tubuh dalam bentuk trigliserida, jadi dalam beberapa hari setelah memakan lemak berlebih, kamu akan mempunyai level trigliserida yang tinggi.

Hati manusia akan membungkus trigliserida ini dalam jaringan adiposa, dan mengubahnya menjadi kolesterol. Hal ini kemudian mengkonversikan level kolesterol yang tinggi dari makanan berlemak yang kamu makan (jika lemaknya berlebihan). Seperti kolesterol, kamu membutuhkan beberapa trigliserida untuk membuat tubuh lebih sehat, tapi kalau berlebihan bisa jadi komplikasi kesehatan. Begitulah mekanismenya.

Nah, lemak ini sebenarnya tinggi dalam energi, tetapi apabila dalam tubuh kamu berlebihan bisa menambahkan jaringan lemak dan membuat perutmu buncit.

Mengapa HDL adalah kolesterol baik sedangkan LDL adalah kolesterol jahat?

Total kolesterol dalam tubuh kamu adalah jumlah dari lemak yang ada di dalam darah, yang mengandung Kolesterol HDL dan LDL. Terpenting lagi, jumlah kolesterol buruk dan baik sangat signifikan dalam tubuh manusia perihal rasionya.

Para dokter meyakini bahwa Kolesterol HDL, yaitu kolesterol yang baik sebagai mampu membantu dalam banyak hal, termasuk kinerja tubuh dan menambah otot tanpa lemak. Mereka menemukan bahwasanya semakin tinggi kolesterol HDL dalam jumlah wajar, semakin rendah risiko terkena penyakit jantung, stroke, dan penyakit kardiovaskuler.

Sementara untuk kolesterol LDL, seperti namanya yaitu kolesterol jahat dengan kepadatan lipoprotein yang rendah dapat dengan mudah menumpuk lemak di dalam aliran darah. Dengan demikian memudahkan terkena penyakit kardiovaskular karena tingginya level trigliserida dalam tubuh manusia.

Tabel konsumsi wajar Kolesterol Jahat(LDL) dan Kolesterol Baik(HDL)

kolesterol baik dan buruk
©Medicinenet.com

Apa yang menyebabkan tingginya level kolesterol LDL?

Penyebab penaikan level kolesterol jahat termasuk:

  • Diet tinggi lemak
  • Obesitas
  • Gaya hidup yang tidak bagus
  • Genetik
  • Alkohol
  • Penyakit hati (Liver)
  • Merokok
  • Diabetes

Baca juga: Mengapa Manusia Punya Sidik Jari?

Apa yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan kolesterol jahat?

Tentu saja gaya hidup menjadi faktor utama, yang terpenting adalah melakukan diet yang seimbang serta proporsional untuk mencegah meningginya level kolesterol LDL dan menjaga levelnya di ambang batas normal. Lakukanlah diet atau rencana makan dengan karbohidrat tinggi serat dan berolahraga teratur supaya berat badan juga normal. Ingat, jangan merokok.

Beberapa faktor risiko tinggi kolesterol LDL termasuk genetik, jadi kalau misal genetiknya tidak bagus dan takut kolesterol LDL menyebabkan kambuhnya penyakit jantung, silakan langsung konsultasi ke dokter dan mendapatkan perawatan medis.

Makanan yang dapat menurunkan kolesterol LDL

Berikut ini makanan sehat yang dapat menurunkan level kolesterol jahat di dalam tubuh kamu.

  • Oatmeal
  • Kacang-kacangan
  • Buah-buahan dan sayur-sayuran
  • Alpukat
  • Kacang kedelai dan tahu
  • Teh hijau (green tea) dan teh hitam (black tea)
  • Bawang putih
  • Suplemen serat (fiber)

Jadi begitulah perbedaan dan perbandingan kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL).

Elang
Penulis konten dengan memerhatikan strategi produksi konten agar tercapai tujuan SEO dan memberikan manfaat kepada pembaca dengan bacaan seringkas mungkin.