Processor: Pengertian, Jenis, dan Cara Kerja

Pada pembahasan kali ini maka akan diulas yaitu tentang Processor yang dimana pada hal tersebut terdiri dari jenis, fungsi, pengertian, cara kerja maupun juga gambar, supaya hal tersebut lebih mampu dipahami maupun juga dimengerti. Maka dari itu, simak penjelasannya lengkapnya dibawah ini.

Mengenal Processor

Processor yakni secara singkat bisa pula diartikan suatu otak komputer. Sebab, processor pada dasarnya  sering kali pula dikenal dengan nama CPU yang merupakan kepanjangan dari “Central Processing Unit” hal itu adalah chip yang berbentuk IC “Integrated Circuit” yang menjaga keseluruhan pada sistem komputer. Apalagi  khususnya pada saat menjalankan  instruksi, pemroses dan dipakai untuk pusat ataupun otak dari aktivitas pada komputer yakni dalam mengerjakan perhitungan maupun juga menjalankan tugas pada input maupun juga output.

Processor berada di soket yang ada di Motherboard, prosesnya dan mengerjakan komunikasi. Oleh sebab itu processor merupakan alat maupun sebuah komponen yang sangat diperlukan dan paling utama. Namun, jika saja tidak terdapat komponen yang lainnya justru processor tak akan bisa bekerja maupun juga berfungsi yakni sangat baik karena bagian pada komputer itu memang saling berkaitan satu sama yang  lain dengan bagian yang lainnya.

Bagian dari Processor

Adapun bagian yang terdapat pada Processor yang paling terpenting adalah terbagi menjadi 3 “tiga” bagian yakni:

  • Arithmetical Logical Unit  disingkat (ALU): Mengerjakan seluruh  perhitungan pada aritmatika atau juga (matematika) yang terjadi mengacu dengan instruksi pada program.
  • Control Unit:  pengontrol dari data seperti halnya input, maupun juga dengan output.
  • Memory Unit (MU): Alat yang berupa penyimpanan kecil yang memiliki kecepatan yang terdapat pada akses memang cukup tinggi.

Fungsi pada Processor

Berikut merupakan hal yang ada dari sejumlah fungsi pada processor, meliputi atas:

  1. Melakukan pemrosesan informasi yang ada pada komputer

Fungsi pertama yang terdapat pada sebuah processor yakni melakukan pemrosesan pada suatu informasi yang terdapat di suatu komputer. Ya, komputer adalah serangkaian alat elektronik yang sudah ditata yakni sesuai dengan arsitektur maupun juga sesuai pada penyusunan tertentu.

Salah satu bagian yang paling terpenting yang terdapat di dalam suatu komputer ialah komponen berupa informasi. Bagian dari informasi tersebut bisa diproses pada suatu komputer, dengan memakai fungsi dari suatu processor. Processor akan mengolah semua rupa dari informasi yang dipunyai oleh komputer, kemudian juga mengolah informasi yang akan dimasukkan yakni pada komputer. Seluruh pekerjaan dari pemrosesan pada suatu informasi tersebut, tentunya akan ditangani oleh processor.

  1. Mengintegrasikan semua bagian internal komputer supaya bisa saling membantu

Fungsi selanjutnya pada suatu processor yakni mengintegrasikan secara keseluruhan berupa bagian internal yang terdapat pada suatu komputer. Komponen itu berbentuk bagian harddisk, VGA, chipset, RAM, dan lain sebagainya, maka secara keseluruhan komponen itu dapat bekerja mengacu dengan tugasnya sendiri-sendiri, kemudian saling terintegrasi satu dengan yang lainnya. Sebab, semua komponen itu nantinya akan terkoneksi dengan bagian processor, sehingga bisa saling terintegrasi.

  1. Menangkal adanya overlapping tugas di tiap-tiap bagian komputer

Sebagai otak yang terdapat pada komputer, justru processor juga mempunyai fungsi maupun juga tugas yang penting lainnya, yakni dalam menangkal supaya tidak adanya overlapping di setiap bagian komputer. Sehingga, bila kita akan masuk pada sebuah data maupun juga informasi, justru si processor akan menegaskan bahwa bagian yang akan bekerja merupakan bagian dari harddisk, hingga tidak termasuk komponen yang lain dan tidak terkoneksi dengan pengolahan dari suatu pengambilan data.

Hal tersebut pastinya sangat berhubungan erat dengan fungsi pada suatu processor dalam mengintegrasikan di bagian komponen pada komputer yang terdapat di dalam satu kesatuan yang memang akan utuh merujuk pada fungsinya sendiri-sendiri pada sebuah sistem kerja yang terdapat pada komputer.

  1. Mengontrol performa pada suatu komputer

Adalah satu di antara fungsi yang lainnya dari suatu processor. Semakin baik suatu kualitas maupun juga spesifikasi pada suatu processor, maka akan semakin tinggi pula kualitas maupun juga performa yang terdapat pada komputer tersebut.

Processor memang terkadang dipercaya merupakan satu di antara pemicu dari bagaimana suatu komputer akan bisa bekerja dengan baik. Sebab, semakin banyak suatu inti yang terdapat pada sebuah processor, maka juga akan semakin tinggi suatu kecepatan pada processor tersebut, tentunya suatu komputer akan diyakini dapat bekerja dengan lebih cepat.

Hal tersebut memang sangat  tepat, tetapi itu bukan merupakan hal yang memang mutlak. Seberapa tinggi dan juga cepat spesifikasi yang terdapat pada processor yang ada. Maka hal tersebut juga perlu untuk didukung dengan keadaan komponen yang lainnya, seperti halnya RAM, hard disk, VGA, maupun bjuga chipset. Walaupun suatu processor dapat membentuk ukuran pada performa suatu komputer, anda juga memang harus memperhatikan spesifikasi yang ada di bagian yang lainnya.

  1. Memproses perhitungan algoritma pada saat mengoperasikan perintah yang ditugaskan

Suatu komputer akan beroperasi dengan bertopang pada suatu perhitungan dari algoritma. Maka perhitungan algoritma itu diproses dengan sedemikian rupa, sampai nantinya pada komputer tentu dapat membaca apa yang diperlukan dan juga diinstruksikan pada user. Maka dari itu fungsi utama pada suatu komputer tersebut bisa beroperasi dengan baik maupun juga lancar.

  1. Guna mendukung keperluan spesifik pada suatu komputer

Setiap komputer memang sengaja diproduseri  dan juga dipasarkan guna membantu dalam mempermudah pekerjaan pada manusia, kemudian juga pada beberapa tujuan secara spesifik. Terdapat banyak sekali suatu tujuan secara spesifik pada suatu komputer.

  1. Pastikan supaya komputer mampu bekerja secara optimal

Processor tentunya mempunyai fungsi yang lainnya, yakni dalam memproteksi supaya komputer dapat  bekerja dengan optimal. Hal ini sangat terkonsentrasi dengan fungsi yaitu pada processor yang merupakan media integrasi yaitu antar bagian dari pengolahan informasi, bagian input maupun juga bagian output yang terdapat di dalam suatu sistem komputer.

Dengan terdapat integrasi seluruh bagian tersebut, tentu suatu komputer pun juga pastinya akan bisa bekerja dengan optimal, hingga terbebas dari bermacam malfungsi, seperti halnya corrupt, error, dan tentunya masih banyak hal yang lainnya.

  1. Mengontrol stabilitas pada  bagian komputer

Processor juga mempunyai fungsi yang sangat penting dalam mengontrol kualitas maupun juga stabilitas pada setiap bagian komputer yang telah bekerja. Hal tersebut terkoneksi dengan tenaga dari sebuah processor yakni untuk mengontrol arus listrik, maka akan bisa membantu menangkal terjadinya over voltage di setiap bagian-bagian di dalam suatu sistem komputer.

Processor berdasarkan Jenisnya

Berikut sejumlah jenis yang terdapat pada processor, hal tersebut terdiri dari

  • Intel Processor

Intel processor adalah salah satu produk yang termasuk terkenal untuk sebagian pemakai teknologi berbasis komputer. Apabila ditinjau dari segi produk, saingan dari intel yakni AMD . Intel merupakan suatu perusahaan yang sudah multinasional yakni dari Intel Corporation, yang sudah ada sejak tahun 1968 dengan memiliki pusat pengembangan maupun juga produksinya sudah ada di Amerika Serikat. Dengan demikian, perusahaan intel ini memang tenar sebagai produsen yang memiliki rancangan pada mikroprosesor. Berikut merupakan produk intel processor yang tersebar dipasarkan :

  1. 4004 Microprocessor
  2. 8080 Microprocessor
  3. 8086 – 8088 Microprocessor
  4. 8008 Microprocessor
  5. Intel 386 ™
  6. 286 Microprocessor
  7. Intel Pentium Processor
  8. Intel 486 TM DX CPU and Microprocessor
  9. Intel Pentium and Pro Processor
  10. Intel Pentium II and Xeon Processor
  11. Intel Pentium II Processor
  12. Intel Celeron Processor1999
  13. Intel Pentium III Xeon Processor2000
  14. Intel Pentium 4 Processor2001
  15. Intel Pentium and  III Processor1999
  16. Intel Itanium and Processor2001
  17. Intel Pentium M Processor2003
  18. Intel Itanium and II Processor2002
  19. Intel Pentium and 4 Extreme Edition2005
  20. Intel Pentium M 735 atau 745 atau 7552004
  21. Intel Core 2 Quad2006
  22. Intel Quad Core Xeon2006
  23. Intel Pentium D2005
  24. Intel Core i7 800, i5 dan Xeon 34002009)
  25. Intel Core i9-9900T

 

  • AMD (Advanced Micro and Processor)

Secara global Advanced Micro and Processor lebih tenar dengan sebutan AMD. Tingkat pemakaian dari jenis processor AMD tetap ada dibawah Intel. Akan tetapi, produksi AMD ini secara terus menerus mengerjakan pengembangan produk ke arah lebih baik. AMD adalah suatu perusahaan yang termasuk multinasional terbesar kedua sesudah perusahaan intel corporation yang memang berbasis di pengembangan produk yang berupa processor pada komputer.

Pusat pengembangan maupun juga produksinya terletak di Sunnyvale, California. Kemudian juga, AMD adalah perusahaan pemasok multinasional mikroprosesor yang mengadaptasi arsitektur X86.

Pihak dari AMD gencar mengklasifikasian pada  produk sebagai berikut :

  • Untuk memenuhi segmentasi pasar server, AMD menghadirkan Opteron.
  • Untuk memenuhi segmentasi pasar desktop, AMD dengan menghadirkan AMD FX maupun juga APU A Series.
  • Untuk memenuhi segmentasi pasar pada produk tablet maupun juga PC, AMD menghadirkan APU Z Series.

Berikut merupakan bentuk produk AMD processor yang tersebar dipasarkan :

  1. AMD Athlon II X2 245 yang memiliki spec 2,9 GHz,2 x 512 KB
  2. AMD Athlon II X2 250 yang memiliki spec 3 GHz,2 x 1024 KB
  3. AMD Athlon II X2 240 yang memiliki spec 2,8 GHz,2 x 1024 KB
  4. AMD Athlon II X2 255 yang memiliki spec 3,2 GHz,2 x 1024 KB
  5. AMD Phenom II X4 965 Black Edition yang memiliki spec 3,4 GHz,4x 512,6 KB
  6. AMD Phenom II X4 970 Black yang memiliki  spec 3,5 GHz,4x 512,6 KB
  7. AMD Phenom II X4 955 Black Edition yang memiliki spec 3.2 GHz,4x 512,6 KB
  8. AMD Phenom II X6 1055T yang memiliki spec 2,8 GHz,6x 512,6 KB
  9. AMD Phenom II X6 1090T BK yang memiliki spec 3,2 GHz,6x 512,6 KB
  10. AMD Phenom II X6 1075T yang memiliki spec 3 GHz,6x 512,6 KB
  11. AMD Phenom II X6 1100T BK yang memiliki spec 3,3 GHz,6x 512,6 KB

 

  • ARM Processor

ARM Processor adalah suatu perusahaan dimana hal tersebut memiliki arsitektur processor yang mempunyai 32 bit. Pusat dari pengembangan maupun juga basis produksi yang berupa ARM Processor tersebut terdapat dibawah lisensi dari ARM Limited. Processor ini dipakai pada processor yang terdapat di ponsel, sehingga tidak heran bila hardware ini memiliki banyak tercantum di berbagai macam dari smartphone.

ARM processor memiliki pusat di Cambridge, Inggris yang sudah ada sejak tahun 1990 yang memiliki nama Advanced RISC Machines. ARM processor tentu saja di desain secara khusus yang juga berfokus dengan pasar mobile.

Berikut merupakan jenis dari ARM Processor yang terdapat pada mobile hal itu ada pada vendor Samsung:

  1. Qualcomm Snapdragon
  2. Nvidia Tegra
  3. Texas Instrument OMAP
  4. Samsung Hummingbird

 

  • Cyrix Processor

Cyrix adalah suatu perusahaan yang mengerjakan pengembangan pasa mikroprocessor di komputer. Awal dari pendirian perusahaan maupun juga produksi produk telah dikerjakan di tahun 1988. Pusat pengembangan maupun juga produksi processor ini terletak dj Texas. Perlu juga untuk kita ketahui Cyrix ini adalah satu di antara pemasok processor yang memiliki performa yang lumayan tinggi.

Berikut merupakan produk Cryrix processor yang tersebar dipasarkan :

  1. Cyrix FasMath
  2. Cyrix 5×86
  3. Cyrix MediaGX
  4. Cyrix 6×86 (M1)
  5. Cyrix 486SLC maupun juga Cyrix 486DLC
  6. Cyrix MII
  7. Cyrix MII-433GP

 

  • Transmeta Processor

Transmeta ini adalah suatu perusahaan yang menjalankan pengembangan yang terdapat pada bidang semikonduktor mikroprosesor. Pusat dari pengembangan maupun juga produksinya berada di California.

  • Via

Via ini adalah sebuah perusahaan yang menjalankan pengembangan maupun juga riset pada chipset. Berbeda pula dari kebanyakan produsen pada processor yang mengalami pengembangan di eropa, produk yang satu ini adalah salah satu komponen dari Formisa Plastics Group dimana hal tersebut merupakan pusat dari pengembangan maupun juga produksinya dijalankan di Taiwan.

  • Apple Processor

Apple Processor Pada pada dasarnya merupakan perusahaan ini sudah tenar dengan sebutan Apple Computer, Inc akan tetapi  belakangan ini Company processor yang bernaung pada lisensi apple ini adalah sebagai Apple Inc saja. Perubahan pada nama ini dijalankan pasca peluncuran dari produk baru yang terdapat pada iphone.

Perusahaan global yang memproduksi berbagai macam processor yang berpusat pada bidang resource, perancangan, serta penjualan suatu produk elektrik dari perangkat lunak komputer.

Pusat pengembangan maupun juga produksinya terletak di California, Silicon Valley, Supertino. Berikut bentuk produk Apple Inc Processor yang sudah dipasarkan:

  1. Apple I
  2. Apple DOS
  3. Apple Pascal
  4. Apple SOS
  5. Apple II
  6. Apple CP/M
  7. Apple ProDOS
  8. Macintosh

 

  • IBM Processor

IBM adalah singkatan dari International Business Machines and Corporation yang merupakan sebuah perusahaan yang menjalankan produksi maupun juga penjualan berbagai macam hardware (perangkat keras) maupun juga software (perangkat lunak) dari komputer. perusahaan IBM sudah ada pada 16 Juni 1911 lalu pengerjaan produksinya sudah beroperasi di tahun 1888. Berikut merupakan processor yang telah diproduksi oleh IBM :

  1. 8008
  2. 8088/8086sx
  3. 8080
  4. 286
  5. 80386 DX
  6. Pentium II Xeon
  7. Pentium Classic (P54C)
  8. IBM 486SLC2
  9. Pentium Pro
  10. IBM POWER6
  11. IBM POWER5
  12. IBM POWER7
  13. IBM POWER4

 

  • IDT Processor

Perusahaan tersebut memiliki nama Integrated Device and Technology tetapi lebih tenar dengan sebutan IDT. Produksi dari processor yang diperoleh dari IDT ini tergolong murah bila dibandingkan dengan processor yang terdapat di  merk lain. Area pengembangan maupun produksinya ada di California, San Jose, Amerika Serikat.

Pendirian perusahaan sudah ada pada tahun 1980 lalu. Sedangkan  tahun 1997 untuk pertama kalinya, IDT memproduksi processor WinChip. Berikut berbagai macam jenis processor yang dihasilkan dari  IDT:

  1. Winchip C6 (0.35 µm)
  2. WinChip 2A (0.35 µm)
  3. WinChip 2B (0.25 µm)
  4. WinChip 2 (0.35 µm)
  5. WinChip 3 (0.25 µm)

Processor Berdasarkan Cara Kerjanya

Ialah melakukan sekumpulan perintah pasa mesin yang menghimbau processor apa saja yang perlu untuk dilakukan, sesuai dengan instruksi itu, processor menjalankan 3 “tiga” hal utama diantaranya:

  • Memakai  ALU “Arithmetic Logic and Unit” yakni  dalam menjalankan operasi matematis seperti halnya penambahan, pengurangan, perkalian maupun juga pembagian. Mikroprosesor yang modern memiliki floating point unit yang bisa menjalankan operasi-operasi yang termasuk kompleks terdapat di  angka yang lumayan besar.
  • Kemudian memindahkan data yakni satu lokasi pada memori dengan lokasi lainnya.
  • Menetapkan keputusan kemudian melangkah ke instruksi yang lain Berdasarkan keputusan tersebut.

Sederhananya langkah kerja pada processor intinya adalah memperoleh umpan maupun juga  instruksi untuk masuk “inpot” baik pada mouse, kemudian keyboard maupun juga alat penginput data termasuk lainnya yang terkoneksi kemudian diartikan maupun dalam memproses data-data instruksi itu  lalu keluar atau melanjutkan outputnya yaitu pada hardware maupun software yang terhubung.

Demikianlah ulasan tentang Fungsi Processor – Jenis, Pengertian, Cara Kerja semoga dengan terdapat pembahasan tersebut bisa untuk menambah wawasan maupun pengetahuan kalian.