Apa Itu Penyakit Anemia?

Apa Itu Penyakit Anemia?

Mari mengenal penyakit anemia yang dikenal sebagai salah satu penyakit mematikan menyerang darah. Simak gejala dan penyebabnya, yuk baca
Mari mengenal penyakit anemia yang dikenal sebagai salah satu penyakit mematikan menyerang darah. Simak gejala dan penyebabnya, yuk baca

Apa Itu Penyakit Anemia? – Ketika mendengar istilah anemia, Anda mungkin berpikir tentang zat besi yang rendah. Namun, zat besi yang rendah hanyalah salah satu dari beberapa penyebab anemia. Faktanya, Anda dapat memiliki banyak zat besi dalam tubuh Anda dan tetap mengalami anemia.

Apa itu anemia?

Ada lebih dari 400 jenis anemia yang dapat menyerang anak-anak, dewasa, dan orang dewasa yang lebih tua. Ini terjadi ketika tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat untuk membawa oksigen ke jaringannya. Jenis yang umum termasuk anemia defisiensi besi, anemia sel sabit, anemia aplastik, dan talasemia.

Baca juga: Invasi Virus Mengerikan yang Kembali Hidup Setelah Dinyatakan Punah

Sel darah merah dibuat di sumsum tulang Anda. Hemoglobin, sejenis protein dalam sel darah merah, mengikat oksigen dari paru-paru Anda dan membawanya ke seluruh tubuh Anda. Ketika jumlah sel darah merah berkurang, jumlah oksigen yang diangkut ke seluruh tubuh Anda berkurang.

Apa gejalanya?

Gejala anemia meliputi:

  • Kelelahan
  • Kepala terasa ringan atau pusing
  • Sesak napas saat aktif
  • Palpitasi jantung
  • Mengidam es atau sesuatu yang berbau logam
  • Pincang, mati rasa, atau nyeri di tangan atau kaki
  • Kesulitan berjalan

Mungkin kamu tertarik: Mengapa Ada Orang yang Meninggal Dunia Saat Tertidur?

Apa Penyebab Anemia?

Untuk mengobati anemia secara efektif, kita perlu mengetahui apa penyebab penyakit anemia. Ada spektrum penyebab yang sangat besar, tetapi kebanyakan dari mereka termasuk dalam tiga kategori berikut:

  • Produksi sumsum tulang yang menurun, yang dapat disebabkan oleh sindrom myelodysplastic (MDS), sekelompok kelainan genetik yang dapat berkembang seiring bertambahnya usia. Penyebab lainnya termasuk infeksi tertentu, pengobatan tertentu, radiasi untuk mengobati kanker, atau kekurangan vitamin B12 atau folat.
  • Kehilangan darah berlebih, yang dapat disebabkan oleh perdarahan gastrointestinal, diverticulosis, tukak berdarah, polip gastrointestinal, wasir, tumor kanker, atau pembedahan besar.
  • Kerusakan sel darah merah, yang dapat disebabkan oleh masalah autoimun, prosedur penggantian katup aorta jantung, infeksi, atau kelainan genetik atau keturunan, seperti anemia sel sabit, suatu kondisi yang disebabkan oleh bentuk hemoglobin yang rusak yang menyebabkan sel darah merah menjadi lengket, keras, dan berbentuk bulan sabit, dan talasemia, yang terjadi saat tubuh Anda membuat bentuk hemoglobin yang tidak normal.

Baca juga: Apakah Boleh Menghisap Darah Pada Luka dan Apakah Cepat Sembuh?

Bagaimana anemia didiagnosis?

Langkah pertama dalam mendiagnosis anemia adalah tes darah yang disebut hitung darah lengkap (CBC), yang memberikan informasi tentang trombosit dan sel darah merah dan putih. Tes tambahan untuk menentukan kadar zat besi, B12, dan folat dapat dilakukan.

Anda mungkin memerlukan biopsi sumsum tulang tergantung pada hasil tes ini. Jika dicurigai adanya kelainan sumsum tulang, maka biopsi sumsum tulang akan dilakukan. Karena biopsi sumsum tulang bisa menyakitkan, saya hanya melakukan tes ini jika diperlukan untuk membuat diagnosis.

Baca juga: Membaca Buku Ternyata Menjauhkanmu dari Berbagai Macam Penyakit

Bagaimana cara mengobati anemia?

Perawatan bervariasi berdasarkan penyebab kondisi. Terapi termasuk suplemen vitamin dan mineral, transfusi darah, pengobatan, kemoterapi, atau transplantasi sumsum tulang.

Apakah orang-orang tertentu lebih berisiko?

Orang dengan kekurangan nutrisi dan mereka yang mengonsumsi pengencer darah atau menjalani kemoterapi memiliki peluang lebih tinggi untuk mengalami anemia. Kondisi medis tertentu, termasuk sirosis dan penyakit ginjal kronis, juga dapat menyebabkan anemia.

Baca juga: Studi Terbaru Ungkap Pria yang Sering Menonton TV akan Berkurang Spermanya

Adakah cara untuk mencegah anemia?

Karena penyebab anemia bermacam-macam, tidak ada satu cara untuk mencegahnya. Makan makanan yang seimbang dapat membantu menangkal kondisi terkait nutrisi. Itulah pembahasan mengenai penyakit anemia yang harus Anda ketahui. Semoga artikel ini menjadi referensi dan bermanfaat bagi Anda semua.

Elang
Menulis dengan hati, mengerjakan dengan jujur, dan memberikan manfaat kepada pembaca — sains adalah cara kita berinteraksi dengan masa depan, juga memberikan cermin refleksi di masa lalu.